Laboratorium Pengetesan Covid-19 di Jogja Bertambah Dua

Kesehatan

Laboratorium IPB Bantu Uji 273 Sampel Pasien Terduga COVID-19

Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melaporkan perkembangan kerja laboratoriumnya yang ditunjuk menguji sampel pasien terduga COVID-19. Melalui situs resminya pada Senin, 27 April 2020, IPB mengungkapkan telah menerima total 273 sampel sejak 13 April hingga 24 April lalu. Jumlah ini akan terus bertambah karena kampus yang terletak di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor itu masih menerima sampel untuk diuji.

Laboratorium COVID-19 IPB memiliki kuota uji 60 sampel per hari. Kuota ini dibagi dua, yakni 30 kuota diterima dari Kabupaten Bogor, dan 30 lagi dari Kota Bogor.

Laboratorium IPB Bantu Uji 273 Sampel Pasien Terduga COVID-19

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB Prof. Dr. Drh. Srihadi Agungpriyono, PAVet(K) mengungkapkan, sampel yang diterima oleh laboratorium IPB hanya berasal dari rumah sakit yang telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Bogor.

“Dengan status laboratorium IPB University sebagai unit yang membantu pemerintah daerah, semua sampel kami terima dari Dinas Kesehatan atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Untuk itu perlu kami sampaikan bahwa setiap rumah sakit swasta yang akan memeriksa sampel ke Laboratorium Uji COVID-19 IPB University, harus melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan terlebih dulu,” jelas Srihadi, dikutip dari ipb.ac.id (28/4/2020).

[Baca Juga: Laboratorium Pengetesan Covid-19 di Yogyakarta Bertambah Dua]

Tertulis dalam situs tersebut bahwa Laboratorium Uji COVID-19 IPB sudah relatif stabil dan memberikan hasil uji dalam 48 jam. Lab ini pun telah mendapat nomor identitas dari Balitbangkes, yaitu C.50.

Mengutip republika.co.id (28/4/2020) Srihadi mengungkapkan IPB telah menyiapkan tiga laboratorium untuk mendukung rangkaian tes swab, yakni Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata (PSSP), Laboratorium Collaborative Research Center-Science Techno Park (CRC STP), dan Laboratorium Terpadu Satreps di Fakultas Kedokteran Hewan. Ketiga lab tersebut berada di Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor.

Terkait mekanisme kerja di tiga laboratorium ini, Srihadi menjelaskan prosesnya bermula di Laboratorium PSSP. Lab ini akan menjadi pintu masuk penerimaan spesimen dari Dinkes karena lokasinya strategis. Kemudian, spesimen juga akan diekstraksi di lab ini.

Setelah itu, spesimen dibawa ke Laboratorium CRC-STP dan Laboratorium Terpadu Satreps untuk pengujian RT PCR. Bila hasil uji telah keluar, IPB akan mengirim kembali ke instansi yang berwenang dengan mengikuti Standar Operasional Prosedur yang Berlaku.

[Baca Juga: Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya]

Srihadi mengatakan pula bila proses pengujian spesimen melibatkan para dokter. “Tim [penguji] juga diperkuat para dokter yang akan mengawal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) petugas teknis di laboratorium,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten dan Kota Bogor telah meminta IPB untuk membantu menguji sampel pasien terduga COVID-19. Dengan bantuan dari IPB, diharapkan akan mempercepat uji swab di wilayah tersebut. Mengutip detik.com (28/4/2020), sebelum Laboratorium IPB ikut menguji, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengungkapkan, spesimen hanya diuji di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan milik Kementerian Kesehatan, Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTLK-PP) Jakarta atau Laboratorium Kesehatan Daerah Jawa Barat di Bandung.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.