Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Kulit Anda

Kecantikan dan Fashion

Lactic Acid dan Rutinitas Perawatan Kulit yang Anda Butuhkan

Baik itu serum lembut atau krim mahal, ada banyak produk anti-aging yang bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Dari retinol hingga vitamin C hingga peptida, bahan-bahannya membuat semua perbedaan dan ada banyak pilihan. Tetapi baru-baru ini, Anda mungkin telah memperhatikan satu lagi yang muncul dalam persaingan: lactic acid atau asam laktat.

Asam laktat adalah asam alfa hidroksi (AHA), jenis bahan kimia yang mengelupas kulit dengan lembut, yang juga termasuk asam glikolat, sitrat, tartarat, mandelik, dan malat. Namun, meski bermunculan di lebih banyak produk, asam laktat bukanlah hal baru dan memiliki sejarah yang unik. "Bahan ini pertama kali diisolasi dari susu asam, dan Cleopatra diperkirakan memanfaatkan khasiatnya yang bermanfaat pada kulit dengan mandi susu," kata S. Tyler Hollmig, MD, direktur bedah kulit di UT Dell Medical School and Ascension Seton di Austin, Texas, AS.

Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Kulit Anda

Bagaimana cara menambahkan lactic acid ke rutinitas perawatan kulit Anda? Berikut langkah-langkah yang dirangkum dari prevention.com (22/9/2020).

1) Tidak Terburu-buru

Selalu ikuti petunjuk produk, tetapi lebih baik memulai perlahan dengan asam untuk membangun toleransi. Jika ragu, gunakan produk dengan konsentrasi lebih rendah (sekitar 5 persen) beberapa kali seminggu, teruskan hingga dua hari sekali tergantung pada respons kulit Anda.

2) Lakukan Percobaan

Sebelum Anda menggunakan produk asam laktat, lakukan uji tempel pada bagian dalam siku Anda atau tepat di bawah dagu Anda untuk melihat apakah Anda memiliki jenis reaksi apa pun. Jika Anda mengalami iritasi ekstrim, hentikan penggunaan atau konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk langkah selanjutnya.

[Baca Juga: Rahasia Cantik Alami Ala Ratu Mesir Cleopatra]

3) Temukan Produk Andalan

Asam laktat dapat ditemukan di berbagai macam produk perawatan kulit, misalnya:

  1. Pembersih: Cocok untuk kulit yang rentan berjerawat, pembersih wajah yang mengandung lactic acid adalah cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat dari bahan tersebut tanpa terlalu banyak waktu pada kulit Anda, mengurangi potensi iritasi. Pastikan untuk menghindari area di sekitar mata Anda.
  2. Krim atau losion: Krim dan losion adalah cara yang bagus untuk memasukkan asam laktat ke dalam rutinitas Anda karena sering kali diformulasikan dengan bahan pelembap seperti ceramide dan asam hialuronat, mengurangi potensi kekeringan.
  3. Serum: Serum biasanya memberikan bahan aktif yang lebih kuat ke kulit. Cara terbaik untuk menggunakannya pada malam hari setelah pembersihan dan sebelum pelembap.
  4. Masker: Produk ini dirancang untuk memberikan efek cepat pengelupasan kulit, yang berarti konsentrasi lactic acid dan bahan kuat lainnya mungkin lebih tinggi. Secara umum para ahli merekomendasikan penggunaan masker seperti ini seminggu sekali atau sesuai kebutuhan.

[Baca Juga: 4 Skin Care Retinol Lokal untuk Atasi Masalah Penuaan Dini]

4) Hindari Pencampuran

Kecuali jika suatu produk diformulasikan secara khusus dengan banyak asam (seperti yang disebutkan di atas), hindari memasangkan produk asam laktat Anda dengan produk lain yang mengandung AHA, BHA, atau retinol pada saat aplikasi yang sama untuk menghindari kekeringan yang berlebihan.

Jika menggunakan produk yang mengandung lactic acid, jangan lupa menggunakan tabir surya. Sekali lagi, selalu gunakan SPF di pagi hari jika Anda menggunakan produk asam laktat pada malam sebelumnya. Ini dapat membantu melindungi kulit baru yang sehat dari kerusakan akibat sinar UV.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.