Lagi, Pemprov DKI Segel Perusahaan yang Langgar PSBB

Bisnis

Lagi, Pemprov DKI Segel Perusahaan yang Langgar PSBB

Sejak 14 April hingga 13 Mei 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) mendapati adanya 1.145 perusahaan yang melanggar ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 190 perusahaan disegel untuk sementara waktu. Akibatnya, sebanyak 16.594 para pekerja yang bekerja di sejumlah perusahaan tersebut ikut terdampak.

"Ada 16.594 pekerja atau buruh yang terdampak dari 190 perusahaan yang dihentikan sementara," ujar Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta Andri Yansyah dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (14/5/2020).

[Baca Juga: Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Jakarta Barat dapat Surat Teguran]

Lewat data dari Disnakertransgi DKI Jakarta, ke-190 perusahaan yang disegel untuk sementara waktu itu tersebar di lima wilayah di DKI Jakarta dengan rincian: 49 di Jakarta Selatan, 47 di Jakarta Barat, 37 di Jakarta Utara, 32 di Jakarta Pusat, dan 25 di Jakarta Timur. Seluruh perusahaan tersebut disegel karena nekat beroperasi selama PSBB berlangsung.

Selain 190 perusahaan yang disegel, ada sebanyak 955 perusahaan yang diberi peringatan karena belum melaksanakan protokol kesehatan secara penuh. Dari jumlah tersebut, sebanyak 668 merupakan perusahaan yang memang masuk ke dalam 11 kriteria perusahaan yang diizinkan untuk beroperasi. Sedangkan sisanya adalah perusahaan yang mendapatkan izin beroperasi langsung dari Kementerian Perindustrian.

Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja Dari Rumah

Untuk diketahui, selama masa PSBB berlangsung pemerintah hanya memperbolehkan 11 sektor usaha untuk beroperasi. Sektor-sektor usaha tersebut telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 33/2020 tentang Pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta.

Sebelas sektor itu meliputi sektor kesehatan, sektor bahan pangan, sektor energi, sektor komunikasi dan teknologi informasi, serta sektor keuangan. Selain itu, ada pula sektor logistik, perhotelan, sektor konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar/objek vital, serta kebutuhan sehari-hari.

"Selain sebelas sektor itu dilarang beroperasi hingga PSBB berakhir atau sampai 22 Mei," kata Andri.

[Baca Juga: Perusahaan Tempat Anda Bekerja Langgar Aturan PSBB? Laporkan!]

Adapun sanksi yang akan dikenakan bagi perusahaan yang masih nekat beroperasi adalah penyegelan untuk menghentikan operasional sementara serta denda administrasi mulai dari Rp5.000.000 sampai Rp10.000.000.

Namun, jika ada perusahaan yang masih nekat melanggar aturan sampai batas toleransi yang telah ditetapkan, maka bisa dihukum sesuai Pergub 41/2020 yang tampak besaran dendanya justru lebih berat, yaitu paling sedikit Rp25.000.000 dan paling banyak Rp50.000.000.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>