Laksmi Craft, Kain Perca Jadi Suvenir Hotel di Tangerang

Bisnis

Laksmi Craft, Kain Perca Jadi Suvenir Hotel di Tangerang

Kain perca atau kain limbah dapat dimanfaatkan untuk lahan bisnis. Seperti yang dilakukan Lusi Herawati, warga Karang Tengah menjadi seorang pengrajin kain perca. Di tangan kreatifnya, ia mampu menjahit kain perca menjadi karya yang cantik dan dapat dijual dengan keuntungan yang besar. Kain perca buatannya berhasil nembus pasar di perhotelan. Ia membuat berbagai kreasi kain perca hingga menjadi dompet, pouch hingga beragam model tas.

Laksmi Craft, Kain Perca Jadi Suvernir Hotel di Tangerang

Produksi kain perca yang dibuat sendiri oleh Lusi diberi nama Laksmi Craft yang sudah dirintisnya sejak tahun 2016. Ia mengakui, awal mula membuat kain perca jadi peluang usaha adalah ketika mendapatkan mendapatkan respon yang positif dari teman-temannya. Temannya melihat kain perca buatannya yang dipakai Lusi. "Awalnya, saya coba bikin untuk diri sendiri dulu. Ada temen yang lihat saya pakai, ada yang tertarik akhirnya pesan. Dari situlah awal mulai saya menjajaki produk ini ke teman-teman," tuturnya.

[Baca Juga: Kaus Ikonik Kota Tangerang Jadi Pilihan Oleh-oleh Unik]

Melansir laman tangerangkota.go.id (17/07/2019). Lusi mengatakan cara memasarkan Laksmi Craft awalnya dari mulut ke mulut para ibu-ibu. Dari situlah, berkembang dengan sangat efektif sehingga menerima banyak orderan, beragam pesanan suvenir Lusi pun merambah ke pasar online.

Laksmi Craft merambah ke dunia perhotelan, Lusi melakukan banyak cara agar produknya dipasarkan lebih luas lagi. Ia pun mengikuti berbagai pelatihan UKM dari Kota Tangerang. Meningkatkan kualitas produk, pengemasan, label hingga mempatenkan perca kain batik yang digunakan sebagai ciri khas. "Ditolak beberapa hotel ditahap awal saya rasakan. Tapi alhamdulillah setelah melakukan peningkatan standar kualitas. Dari bahan, label, pengemasan dan bentuk. Produk saya sudah masuk pasar perhotelan di Kota Tangerang," jelasnya.

[Baca Juga: 5 Oleh-oleh Tangerang yang Wajib Dibawa Pulang]

Usahanya berjalan dengan keuntungan yang besar, omzet yang ia dapatkan tiap bulannya adalah belasan juta rupiah. Produk Laksmi Craft dibanderol mulai dari Rp35.000 hingga Rp150.000 tergantung model dan proses pembuatan. Pemesan bisa langsung mengunjungi gerai Laksmi Craft di Komplek Keuangan Jl. Ambulombo 3 No. 12 Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.