Lakukan Persiapan Ini Sebelum Datang ke Psikolog

Kesehatan

Lakukan 4 Langkah Persiapan Ini Sebelum Datang ke Psikolog

Memiliki gejala depresi dan ingin berkonsultasi ke seorang psikolog merupakan langkah yang tepat. Mengingat, psikolog akan membantu Anda menawarkan solusi dalam gangguan kesehatan mental yang Anda rasakan. Namun, harga untuk datang ke psikolog tentu tidak murah dengan mematok harga per jamnya. Jadi, manfaatkanlah waktu dan biaya yang Anda keluarkan untuk konsultasi psikolog secara efektif dan efisien.

[Baca Juga: Kesehatan Mentalmu akan Terjaga dengan Melakukan Ini]

Oleh karena itu, butuh persiapan yang harus Anda siapkan karena datang pertama kalinya ke seorang psikolog. Wajar ketika Anda terasa bingung atau gugup saat pertama kali ingin berkonsultasi ke seorang psikolog. Mungkin, Anda juga memiliki banyak pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada seorang psikolog. Anda butuh lakukan persiapan sebelum datang menemui psikolog. Dengan begitu, Anda bisa lebih mantap menemui psikolog. Berikut beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan yang diambil dari beberapa sumber.

1) Membuat Pertanyaan

Tulislah semua pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke psikolog. Jangan malu untuk bertanya,

  • Apakah terapi ini merupakan jangka pendek atau jangka panjang?
  • Jenis terapi apa yang Anda akan tawarkan?
  • Seberapa sering saya harus konsultasi ke psikolog?
Mengenal Grafologi Ilmu Analisa Tulisan Tangan 1.jpg

2) Membawa Jurnal

Bawalah jurnal harian Anda atau jurnal tentang suasana hati saat datang menemui psikolog. Tunjukkanlah ke psikolog bahwa Anda menulis dan menyimpan perasaan yang Anda alami selama beberapa minggu atau bulan dalam sebuah jurnal atau catatan harian. Curahan perasaan Anda yang disimpan dalam sebuah jurnal, akan mempermudah psikolog melihat pola perubahan suasana hati yang tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Tulislah satu halaman setiap harinya tentang bagaimana perasaan Anda hari itu, peristiwa yang mungkin mempengaruhi suasana hati, bagaimana pola tidur, dan lain-lain.

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

3) Ingat Gejala Fisik yang Anda Rasakan

Gejala fisik seringkali merupakan tanda-tanda depresi. Pastikan untuk memberi tahu psikolog tentang rasa sakit yang Anda rasakan, seperti masalah perut, masalah tidur, atau pusing. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan obat-obatan khusus untuk berbagai gejala tersebut.

4) Jujur dan Terbuka

Bersikap terbuka dan jujur ​​tentang perasaan Anda. Rasakan reaksi dan curahkanlah isi hati semuanya. Terapi atau konsultasi dengan psikolog bukanlah cara memperbaiki kesehatan mental Anda dengan cepat, melainkan itu merupakan bagian dari proses penyembuhan. Terutama dengan sedikit usaha dari Anda. Hubungan yang kuat antara Anda dengan psikolog Anda akan membantu menyelesaikan masalah gangguan kesehatan mental Anda.

[Baca Juga: Puskesmas Beji Punya Layanan Curhat Dengan Mahasiswa Psikologi UI]

Itulah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum atau ketika bertemu dan berkonsultasi dengan psikolog Anda untuk pertama kalinya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.