Lakukan Persiapan Ini Sebelum Datang ke Psikolog

Kesehatan

Lakukan 4 Langkah Persiapan Ini Sebelum Datang ke Psikolog

Memiliki gejala depresi dan ingin berkonsultasi ke seorang psikolog merupakan langkah yang tepat. Mengingat, psikolog akan membantu Anda menawarkan solusi dalam gangguan kesehatan mental yang Anda rasakan. Namun, harga untuk datang ke psikolog tentu tidak murah dengan mematok harga per jamnya. Jadi, manfaatkanlah waktu dan biaya yang Anda keluarkan untuk konsultasi psikolog secara efektif dan efisien.

[Baca Juga: Kesehatan Mentalmu akan Terjaga dengan Melakukan Ini]

Oleh karena itu, butuh persiapan yang harus Anda siapkan karena datang pertama kalinya ke seorang psikolog. Wajar ketika Anda terasa bingung atau gugup saat pertama kali ingin berkonsultasi ke seorang psikolog. Mungkin, Anda juga memiliki banyak pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada seorang psikolog. Anda butuh lakukan persiapan sebelum datang menemui psikolog. Dengan begitu, Anda bisa lebih mantap menemui psikolog. Berikut beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan yang diambil dari beberapa sumber.

1) Membuat Pertanyaan

Tulislah semua pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke psikolog. Jangan malu untuk bertanya,

  • Apakah terapi ini merupakan jangka pendek atau jangka panjang?
  • Jenis terapi apa yang Anda akan tawarkan?
  • Seberapa sering saya harus konsultasi ke psikolog?
Mengenal Grafologi Ilmu Analisa Tulisan Tangan 1.jpg

2) Membawa Jurnal

Bawalah jurnal harian Anda atau jurnal tentang suasana hati saat datang menemui psikolog. Tunjukkanlah ke psikolog bahwa Anda menulis dan menyimpan perasaan yang Anda alami selama beberapa minggu atau bulan dalam sebuah jurnal atau catatan harian. Curahan perasaan Anda yang disimpan dalam sebuah jurnal, akan mempermudah psikolog melihat pola perubahan suasana hati yang tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Tulislah satu halaman setiap harinya tentang bagaimana perasaan Anda hari itu, peristiwa yang mungkin mempengaruhi suasana hati, bagaimana pola tidur, dan lain-lain.

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

3) Ingat Gejala Fisik yang Anda Rasakan

Gejala fisik seringkali merupakan tanda-tanda depresi. Pastikan untuk memberi tahu psikolog tentang rasa sakit yang Anda rasakan, seperti masalah perut, masalah tidur, atau pusing. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan obat-obatan khusus untuk berbagai gejala tersebut.

4) Jujur dan Terbuka

Bersikap terbuka dan jujur ​​tentang perasaan Anda. Rasakan reaksi dan curahkanlah isi hati semuanya. Terapi atau konsultasi dengan psikolog bukanlah cara memperbaiki kesehatan mental Anda dengan cepat, melainkan itu merupakan bagian dari proses penyembuhan. Terutama dengan sedikit usaha dari Anda. Hubungan yang kuat antara Anda dengan psikolog Anda akan membantu menyelesaikan masalah gangguan kesehatan mental Anda.

[Baca Juga: Puskesmas Beji Punya Layanan Curhat Dengan Mahasiswa Psikologi UI]

Itulah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum atau ketika bertemu dan berkonsultasi dengan psikolog Anda untuk pertama kalinya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.