Lakukan Cara Ini Agar Tidak Tertipu Ketika Membeli Rumah

Properti dan Solusi

Lakukan Cara Ini Agar Tidak Tertipu Ketika Membeli Rumah

Memiliki rumah tentu menjadi impian banyak orang. Apalagi setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Hal itu membuat banyak pengembang perumahan memberikan berbagai macam promo agar produk yang ditawarkan laku di pasaran.

Promo seperti uang muka nol persen, gratis biaya administrasi dan banyak promo lainnya mungkin pernah Anda jumpai ketika ingin mencari rumah idaman. Namun jangan langsung tergiur. Anda harus benar-benar teliti sebelum membeli sebuah properti. Salah-salah malah nanti Anda yang rugi sendiri. Untuk menghindari hal buruk terjadi, berikut tips dari kami agar tidak tertipu ketika Anda membeli rumah.

Lakukan Cara Ini Agar Tidak Tertipu Ketika Membeli Rumah

1) Cek Rekam Jejak Pengembang

Yang pertama harus Anda perhatikan ketika membeli rumah adalah cek rekam jejak pengembang perumahan. Saat ini, banyak sekali pengembang perumahan yang bermasalah. Menurut Sekjen Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida, salah satu cara untuk mengetahui ciri-ciri pengembang itu tidak bermasalah dilihat dari proses pembayaran yang ditawarkan kepada konsumen.

Pilihlah pengembang yang menawarkan sistem pembayaran melalui KPR inden atau menggunakan pihak bank sebagai perantara. Hal itu untuk mencegah penyelewengan uang konsumen yang biasanya dilakukan pengembang nakal. Pastikan juga pengembangr terdaftar di keanggotaan Real Estate Indonesia (REI) atau Asosiasi Pegembang perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kedua lembaga tersebut bisa menjadi mediator.

[Baca Juga: 3 Cara Memiliki Rumah Bagi Karyawan dengan Gaji Pas-pasan]

2) Minta Kelengkapan Berkas

Membeli rumah tidak seperti membeli kacang. Banyak yang harus diperhatikan, terutama surat-surat dan dokumen lainnya. Anda harus menjadi konsumen aktif dengan terus menanyakan soal kelengkapan surat-surat dari rumah yang akan dibeli. Minimal pengembang sudah bisa menunjukkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Tanpa IMB, sulit bagi pengembang untuk membangun rumah yang akan dijual. Anda juga perlu meminta izin lokasi dan kepemilikan lahan untuk menghindari modus pengembang bodong.

3) Selalu Tanyakan Sertifikat

Sertifikat menjadi salah satu hal terpenting ketika Anda membeli rumah. Tanpa sertifikat, rumah yang Anda tempati bisa disebut juga rumah bodong yang tentunya tidak memiliki nilai apa-apa. Pastikan Anda selalu menanyakan tentang sertifikat ini kepada pengembang. Kalaupun sertifikat masih atas nama pengembang, tanyakan juga kapan sertifikat resmi menjadi atas nama Anda. Jika sudah melalui proses balik nama pada sertifikat rumah, maka properti sudah resmi menjadi milik Anda seutuhnya.

[Baca Juga: 4 Tanda Anda Siap Memiliki Rumah]

4) Jangan Pernah Bertransaksi Atas Dasar Kepercayaan

Saat ini banyak sekali pengembang yang menawarkan cicilan rumah dengan klaim syariah. Ciri-cirinya dengan tidak menggunakan bank sebagai pihak ketiga untuk menjadi perantara jual beli. Jika pengembang mampu memperlihatkan surat-surat dengan lengkap, cara di atas mungkin bisa jadi pilihan Anda dalam membeli rumah.

Namun jika pengembang hanya berjanji tanpa memperlihatkan surat-surat penting dalam proses jual beli, maka hindari proses transaksi seperti itu. Bisa jadi, lahan yang akan dibuat untuk membangun rumah bermasalah. Bahkan mungkin alasan pengembang memilih metode tersebut karena selalu gagal ketika akan melakukan verifikasi berkas di bank.

Selamat mencoba empat langkah di atas untuk menghindari diri dari penipuan ketika membeli rumah. Semoga Anda segera bisa mendapatkan rumah yang diimpi-impikan!


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.