Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

Berita Kawasan

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

Sudah sejak pertengahan Maret 2020, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok menurunkan para relawannya untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan demi mencegah penyebaran Virus Corona pemicu COVID-19. Dengan berbagai fasilitas publik sampai gedung-gedung pelayanan masyarakat telah banyak yang dilakukan disinfeksi PMI Depok. Baru-baru ini, organisasi kemanusiaan ini pun mengungkapkan berapa biaya yang perlu dipersiapkan dalam rangka kegiatan disinfeksi.

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

Menurut pihak PMI Depok, biaya ini mereka sampaikan untuk memberikan penjelasan rincian berapa dana yang dibutuhkan jika masyarakat di Kota Belimbing mau secara swadaya melakukan penyemprotran disinfektan sendiri. “Pada dasarnya PMI tidak bisa mengasumsikan biaya. Hanya saja kami akan berbagi informasi berapa biaya yang selama ini dikeluarkan,” ungkap Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’ raz, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (27/3/2020).

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, PMI Sterilisasi Berbagai Lokasi di Depok]

Menurut Dudi, perlengkapan yang dibutuhkan pertama kali untuk disinfeksi adalah cairan disinfektan dengan ukuran satu galon yang dibeli PMI Depok dengan harga Rp750.000. Lalu untuk alat penyemprotnya sendiri terbagi dua, per satu unit untuk yang manual harganya berada di kisaran Rp2.000.000, sedangkan yang otomatis ada di harga Rp5.000.000-Rp6.000.000.

Namun untuk PMI Kota Depok sendiri, mengingat penyemprotan yang mereka lakukan terbilang rutin yang direncanakan digelar hingga 5 April 2020, cairan disinfektan yang digunakan juga dipasok dari kantor PMI Pusat. “Cairan tersebut nantinya dicampurkan ke air dengan perbandingan tertentu,” ujar Ketua PMI Kota Depok tersebut. Dengan 10 liter cairan campuran air dan disinfektan itu maka PMI Kota Depok dapat memanfaatkannya untuk area sekitar 1.000 meter persegi.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis]

Ia juga menyarankan bagi masyarakat yang mau melakukan disinfeksi pribadi atau swadaya agar selalu menggunakan alat pelindung diri atau APD. Ini bisa didapatkan tanpa perlu membelinya dan menggunakan jas hujan yang dimodifikasi. Bahkan jika dananya terbatas, alih-alih membeli cairan disinfektan khusus, Anda bisa memanfaatkan cairan pembersih lantai.

PMI Kota Depok sendiri hingga kini masih terus mengerahkan relawannya untuk melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai lokasi. Bila Anda termasuk warga Kota Belimbing yang mau kawasan pemukimannya disemprotkan cairan disinfektan, Anda bisa langsung datang ke markas PMI Kota Depok di Grand Depok City untuk mengajukan penjadwalan penyemprotan.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.