Lakukan Hal Ini di Sela-sela Duduk Terlalu Lama

Kesehatan

Lakukan Hal Ini di Sela-sela Duduk Terlalu Lama

Tidak sedikit dari sebagian orang yang melakukan pekerjaannya di belakang meja dalam jangka waktu yang cukup lama. Meskipun kursi yang digunakan nyaman, duduk terlalu lama sangat tidak disarankan dan bisa timbulkan ragam gangguan kesehatan.

Selain bisa melemahkan otot karena kurang aktivitas gerak, duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko obesitas. Tidak hanya itu, asupan darah dan oksigen sangat minim didapatkan otak hingga berakibat kurang fokus dan merasa cepat lelah.

[Baca Juga: Klinik Gangguan Tidur di RS Mitra Kemayoran]

Jika Anda termasuk orang yang banyak duduk terlalu lama terutama dalam hal pekerjaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gangguan kesehatan itu. Seperti dikutip dari laman Siloam Hospitals (28/3/2019), berikut ini caranya.

  1. Mulailah membiasakan diri melakukan gerakan atau aktivitas fisik ringan di sela-sela pekerjaan. Misalnya, setiap beberapa jam beranjak dari tempat duduk untuk ke pantry untuk ambil air minum.
  2. Berjalan di sekitar kantor sambil berinteraksi dengan rekan kerja.
  3. Memilih menggunakan tangga dibandingkan lift agar tubuh aktif bergerak.
  4. Melakukan peregangan tubuh setiap dua sampai tiga jam sekali selama lima sampai 10 menit.
  5. Mengisi waktu istirahat makan siang dengan mengikuti rutinitas olahraga ringan. Olahraga membuat tubuh aktif dan tidap menghadapi masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Namun, jangan lupa juga untuk tetap makan siang.
  6. Bisa juga dengan melakukan gerakan mengencangkan bahu di meja. Duduk tegak dan luruskan punggung dan pertahankan kaki rata di permukaan lantai. Kemudian, angkat tangan di sisi kanan kepala dan juga siku di sisi luar. Tarik nafas dan tahan selama 30 detik, lalu istirahat. Ulangi berkali-kali gerakan ini untuk menguatkan bahu saat duduk di depan meja kerja.

[Baca Juga: Merasa Mata Lelah, Bisa Jadi Itu Sindrom Gangguan Mata atau CVS]

Itulah beberapa cara saat menghadapai kondisi duduk terlalu lama. Jika melakukan gerakan-gerakan tersebut, Anda dapat menjaga kondisi tubuh dari gangguan kesehatan yang timbul akibat duduk terlalu lama.

Read More

Artikel Lainnya

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.


Comments


Please Login to leave a comment.