Lakukan Ini Sebelum Membuka Bisnis1.jpg

Bisnis

Lakukan Ini Sebelum Mulai Berbisnis

Banyak peluang bisnis online yang bisa dijalankan dari rumah. Kuliner salah satunya yang paling digemari selama masa pandemi sekarang ini. Untuk memulainya pun tidak membutuhkan ruang yang besar. Selanjutnya, tinggal memanfaatkan media sosial atau pemasaran melalui aplikasi transportasi online.

Internet memang memudahkan para pebisnis pemula untuk memulai bisnisnya hulu hingga ke hilir. Apa pun bisa diolah menjadi bisnis online. Namun, apakah kamu sudah mempersiapkan perencanaan keuangannya? Situs commbank.com.au memaparkan langkah-langkah mudah dalam merencanakan keuangan dalam berbisnis.

Lakukan Ini Sebelum Membuka Bisnis2.jpg

Hitung Biaya Awal

Lakukan riset kecil dan susun daftar semua yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis. Kamu bisa memperkirakan apakah dana yang kamu miliki cukup. Kalau memulai bisnis kuliner, apakah peralatan masak dan peralatan makan kamu sudah cukup lengkap? Jangan lupa untuk menghitung biaya membeli peralatan, dana operasional sehari-hari, dan lainnya.

Kalkulasikan Untung-Rugi

Adalah keharusan untuk memperkirakan penjualan dan pengeluaran per bulan, per tiga bulan, atau per tahun. Setelah itu, perkirakan berapa keuntungan atau kerugian setiap periode dengan seksama. Selanjutnya, rancang target penjualan, penetapan harga, dan juga selisih keuangan. Saat memulai bisnis kuliner, coba lihat berapa harga makanan dan minuman yang ditawarkan kompetitor di sekitar.

Menerawang Pemasukan dan Pengeluaran

Saat memulai bisnis, belum tentu langsung mendapatkan keuntungan penjualan per bulannya. Bisa jadi baru mendapatkan bayaran beberapa bulan kemudian. Jika bisa menerawang cash flow alias pemasukan dan pengeluaran, ada keuntungannya.

Untuk mencapai tahap itu hal pertama yang dibutuhkan adalah sikap realistis, lantaran pelanggan bisa saja membayar tidak sesuai yang diperkirakan. Yang kedua, segera lakukan tindakan jika ada masalah kekurangan uang tunai.

Lakukan Ini Sebelum Membuka Bisnis3.jpg

Kalkulasi Laporan Keuangan

Hal ini menjadi cara bagus untuk menggambarkan kesehatan keuangan bisnis. Banyak wirausaha yang tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik. permulaannya bisa menghitung apakah bisnis yang sedang dijalankan memiliki cukup sumber daya untuk menjalankan aktivitas bisnis tahun depan.

Laporan keuangan ini mencakup aset, kewajiban, dan ekuitas (hak) pemilik. Aset mencakup uang tunai, barang, dan bangunan. Kewajiban termasuk tagihan yang harus dibayarkan dan pinjaman. Ekuitas adalah bagian dari aset yang jadi bagian pemilik.

Hitung Kapan Balik Modal

Saat memulai bisnis, harus bisa memperkirakan dan menganalisis break-even point (BEP) atau balik modal. Hal ini berguna untuk menganalisa penjualan, biaya, dan menetapkan harga produk atau jasa yang diberikan. Jika baru bisa balik modal dalam jangka waktu lama, coba hitung kembali semuanya supaya bisnis yang sedang dijalankan dapat lebih menguntungkan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 3 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...