Lakukan Ini Selama 4 Detik, Ampuh Turunkan Berat Badan

Kesehatan

Lakukan Ini Selama 4 Detik, Ampuh Turunkan Berat Badan

Selama di rumah saja, berolahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Apalagi Anda bekerja di rumah seharian dan hanya bergerak dari tempat tidur, ke kursi ke sofa, terus kembali ke tempat tidur Anda.

Profesor di departemen kinesiologi dan pendidikan kesehatan di University of Texas Austin, AS, dan tim peneliti di Laboratorium Kinerja Manusia Dr. Edward F. Coyle mendapatkan penelitian bahwa dengan sprint atau lari cepat yang dilakukan selama empat detik dalam lima kali per jam membantu seseorang menurunkan kadar lemak tubuh dan menurunkan kadar trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang banyak terdapat dalam aliran darah.

Lakukan Ini Selama 4 Detik, Ampuh Turunkan Berat Badan

“Hal utama dengan metabolisme lemak adalah Anda harus mengaktifkan otot. Anda tidak bisa membiarkan otot terlalu lama tidak aktif, " kata Coyle.

Penelitian ini menguji olahraga lari cepat dengan orang-orang yang menghabiskan sebagian besar hari mereka dengan duduk. Para peneliti meminta delapan sukarelawan, empat laki-laki dan empat perempuan, untuk datang ke lab mereka dan duduk selama delapan jam. Latihan yang diizinkan dilakukan para sukarelawan selama delapan jam itu adalah lari cepat empat detik lima kali per jam, yang berarti bahwa para relawan melakukan latihan 20 detik per jam atau hanya kurang dari 3 menit olahraga sepanjang hari.

[Baca Juga: Persiapan Penting Sebelum Lomba Lari]

Coyle telah bereksperimen dengan bentuk-bentuk latihan lain, seperti berlari cepat dan memanjat tangga yang terbukti tidak nyaman dan berbahaya. Namun, menurut Coyle dengan berlari terbukti cocok untuk anak muda, tetapi untuk orang lanjut usia dapat mengalami ketegangan otot.

Coyle menyarankan untuk melakukan olahraga ini di sela-sela waktu kerja Anda di siang hari. Menurutnya latihan yang konsisten di siang hari bisa sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan.

[Baca Juga: Mengenal Ultramarathon dan Bedaannya dengan Lari Jarak Jauh Lain]

“Kita perlu membersihkan trigliserida itu dari aliran darah ketika Anda sudah lama duduk. Sejauh metabolisme lemak berjalan, bahwa latihan yang dilakukan pada sore hari tidak akan menjadi sangat efektif," kata Coyle

Menjalani olahraga sebelum atau selesai bekerja seharian akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Namun, penelitian Coyle menunjukkan bahwa jika Anda khawatir dengan lemak, berolahraga sebentar di sela-sela waktu bekerja dapat menurunkan kadar lemak Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.