Lalumiere, Masker Peel Off Anti-Jerawat Buatan 4 Mahasiswa Unpad.jpg

Kecantikan dan Fashion

Lalumiere, Masker Peel Off Anti-Jerawat Buatan 4 Mahasiswa Unpad

Permasalahan jerawat merupakan hal yang lumrah dialami kaum hawa apalagi yang masih berusia muda dan tak sedikit yang berusaha untuk menggunakan berbagai produk kecantikan untuk mengatasi ini. Inilah target konsumen yang disinyalir dilirik empat mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) yang berhasil menciptakan masker peel off anti-jerawat yang dibuat dari Turbia ornata atau alga coklat. Nama produk yang dibuat para mahasiswa ini adalah Lalumiere.

Alga coklat yang banyak ditemukan di pesisir laut Indonesia disebut memiliki banyak manfaat tapi sayangnya pemanfaatannya masih sangat terbatas. Padahal bila diolah dengan tepat Turbinaria ornata memiliki manfaat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-oksidan, dan anti-poliperatif. Karena kaya akan manfaat inilah beberapa mahasiswa Unpad mencetuskan ide untuk menggunakan alga coklat sebagai bahan utama produk kecantikan mereka.

Lalumiere, Masker Peel Off Anti-Jerawat Buatan 4 Mahasiswa Unpad .jpg

Empat mahasiswa Unpad pencipta Lalumiere adalah Dian Amalia Maharani, Dede Jihan Oktaviani, Shella Widiyastuti dari Fakultas Farmasi, dan Adila Indah Sari Harahap dari Fakultas Akutansi. Dengan bantuan dosen pembimbing Dr.apt. Ade Zuhrotun, M.Si serta Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan atau PKM-K Unpad, keempatnya berusaha merealisasikan idenya. Bahkan pendanaan riset hingga pengembangan Lalumiere juga sudah mereka dapatkan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi RI.

Salah satu manfaat dari alga cokelat yang mereka fokuskan untuk masker peel off buatan keempat mahasiswa Unpad ini adalah kemampuan anti-bakterinya. Pasalnya, jerawat sendiri pada umumnya disebabkan oleh dua bakteria, yaitu Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus. Jadi tak heran bila untuk mengatasinya dibutuhkan anti-bakteri dan ini bisa didapatkan dari Turbinaria ornata.

[Baca Juga: Minuman Kesehatan dari Algaseries Disarankan Bagi Atlet Muda]

Sebagaimana dilansir dari unpad.ac.id (15/10/2020) pemilihan alga coklat dibandingkan dengan berbagai ekstrak tanaman lainnya sebagai bahan utama Lalumiere juga didasarkan riset yang dilakukan empat mahasiswa tersebut. Karena dengan Turbinaria ornata, masker peel off mereka disebut daya hambatnya untuk melawan Propionibacterium acne bisa 160 kali lebih baik baik dibandingkan rumput laut merah, 0,37 kali lebih baik dibandingkan teh hijau, 35 kali dibanding spirulina, dan 11 kali dibanding kunyit. Sedangkan untuk melawan Staphylococcus aureus, alga cokelat daya hambatnya lebih besar tujuh kali dibanding rumput laut merah, 68 kali dibandingkan teh hijau, 0,11 kali lebih baik dibandingkan spirulina, dan 2,25 kali dibandingkan kunyit.

Saat ini produk empat mahasiswa Unpad tersebut sudah memasuki tahap produksi. Namun karena belum dijual secara massal, pemesanannya masih memanfaatkan pre order akun Instagram @masker_lalumiere dan Twitter di akun @LalumiereMasker

Read More

Artikel Lainnya

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakan Pemuda Bandung Bersihkan Masjid Pesantren

Berita Kawasan

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Bandung Ajak Bersihkan Masjid & Pesantren

28 October 2020, 14:04

Di tahun ini peringatan Sumpah Pemuda lebih diarahkan untuk menguatkan solidaritas di tengah masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.