padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

Padepokan silat Gunung Talang yang berada di kota Semarang dahulu memang dikenal sebagai tempat berkumpulnya para Jawara silat dari seluruh perguruan silat di Kota Semarang. Menjadi markas para atlet silat, dahulu padepokan ini ramai oleh aktvitas latihan para atlet karena didalamnya juga terdapat mess yang bisa digunakan oleh atlet dari luar kota yang berlatih di tempat ini. Namun sayang, akibat adanya longsor sekitar tahun 90an tempat ini tidak dimanfaatkan lagi dan akhirnya ditinggalkan hingga kondisinya terbengkalai.

Pada tahun 2018 lalu, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Semarang sempat mengeluarkan wacana untuk menghidupkan kembali padepokan ini karena menurut Joko Santoso yang pada saat itu menjadi ketua IPSI, pihaknya telah mengusulkan untuk merenovasi padepokan dan telah mendapatkan dukungan dari pemkot Semarang. Namun hingga saat ini, padepokan yang banyak melahirkan para jagoan silat ini masih dalam kondisi yang memprihatinkan dengan kondisi bangunan yang rusak disana-sini lebih dari dua puluh tahun lalu.

padepokan talangOK3.jpg

Angin segar muncul beberapa waktu belakangan ketika Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana untuk membangun kembali Padepokan Pencak Silat Gunung Talang pada tahun 2022 mendatang. Padepokan yang terletak di Gunung Talang, Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur ini nantinya akan digunakan sebagai tempat berlatih para atlet silat yang ada di Kota Semarang.

Suhindoyo selaku Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang berujar jika Padepokan yang lahannya milik pemkot Semarang ini nantinya tak hanya dapat digunakan untuk berlatih silat saja, tapi juga bisa digunakan sebagai wisata alam. “Di situ nanti bisa dihidupkan kembali padepokan silat Gunung Talang yang saat ini kondisinya mangkrak dan rusak. Sebenarnya, lahan milik Pemerintah Kota Semarang bisa juga dipakai untuk wisata alam. Karena lokasi ini, berada di bukit yang ditumbuhi banyak pepohonan di sekelilingnya,” ujar Suhindoyo.

[Baca Juga: Ade Yasin Silaturahmi Virtual Bersama Gubernur dan Kelapa Daerah se-Jawa Barat]

Pembangunan kembali padepokan silat Gunung Talang ini akan dibantu oleh Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang dalam hal anggaran pembangunan. Dispora kota Semarang pun telah membuat produk perencanaan atau Detail Engenering Desain (DED). “Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga,” tambah Suhindoyo.

padepokan talangOK2.jpg

Suprihatin, salah seorang warga Bendan Duwur menyambut baik wacana pembangunan kembali padepokan silat Gunung Talang ini, karena memang warga berharap agar bangunan yang mangkrak sejak tahun 1998 silam tersebut dapat dimanfaatkan kembali seperti dahulu. “Dulu dipakai gedungnya untuk arena bertanding antar pelajar, dan perguruan silat. Tidak hanya se-Kota Semarang saja, tapi yang ikut ada dari luar kota, seperti dari perguruan teratai putih, dan naga hitam,” cerita Suprihatin dalam rilis tertulis yang diterima PingPoint.co.id (29/11/21).


Read More

Padepokan Silat Gunung Talang

Tujuan Wisata

+6282220099992
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.