Langkah Antisipasi, Pemkot Batu Sediakan Shelter Isolasi Mandiri

Berita Kawasan

Langkah Antisipasi, Pemkot Batu Sediakan Shelter Isolasi Mandiri

Pemerintah Kota (Pemkot) Batu telah menyediakan tiga shelter isolasi mandiri COVID-19 yang siap digunakan untuk isolasi mandiri guna menanggulangi persebaran dan penanganan penyakit COVID-19.

Tiga shelter isolasi itu terletak di tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Junrejo, Kecamatan Batu serta Kecamatan Bumiaji yang mengambil tempat di Talitha Kum Jalan Metro, Kelurahan Sisir.

Melansir dari malangtimes.com (23/04/2020). Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batu M. Chori menjelaskan, shelter isolasi yang berada di Kelurahan Sisir mampu menampung 60 orang. Apabila kebutuhan ruang meningkat, kapasitas kamar bisa dioptimalkan dengan menambahkan kasur. “Ada cadangan ruangan yang cukup luas dan sudah siap dengan tempat tidur,” ujarnya.

Langkah Antisipasi, Pemkot Batu Sediakan Shelter Isolasi Mandiri

Chori mengungkapkan, beberapa hotel yang berlokasi di posko BPBD Kota Batu yang terletak di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji tidak bersedia. Namun tetap jadi alternatif shelter jika kapasitas shelter lainnya tidak mampu menampung. “Tetapi, di tempat tersebut masih belum tersedia tempat tidur sehingga perlu disiapkan tempat tidur dan kelengkapannya,” katanya.

Sedangkan shelter di Kecamatan Junrejo bertempat di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Desa Pendem. Kapasitasnya 50 kamar yang mampu menampung kurang lebih 120 orang.

Dan shelter Kecamatan Batu menggunakan Asrama Bima Sakti. Tempat itu memiliki kapasitas kurang lebih 200 orang. Anggaran untuk shelter ini kurang lebih mencapai Rp1,3 miliar yang disiapkan Dinas Kesehatan Kota Batu.

[Baca Juga: Hentikan Penyebaran COVID-19, HIPAKAD di Kota Malang Bagikan APD]

Anggaran kebutuhan itu dialokasikan untuk mengantisipasi pemudik yang pulang ke Kota Batu dan wajib melakukan isolasi mandiri. “Kalau memang tidak terpakai, tidak apa-apa. Berarti anggaran shelter bisa diefisiensi,” Imbuhnya.

Chori menambahkan, meskipun sudah ada larangan mudik, shelter itu tetap disediakan sebagai upaya antisipasi. "Dalam situasi ini, kita lebih baik melakukan persiapan yang lebih daripada kurang,” ucapnya

Menurut Chori, shelter tersebut disiapkan untuk masyarakat yang ingin isolasi secara mandiri. “Ini ada kekhawatiran masyarakat ketika keterbatasan di rumah. Dan ini upaya membantu isolasi mandiri,” ucap pria yang juga kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Batu.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.