Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Tidur malam yang berkualitas merupakan waktu istirahat yang diperlukan seseorang setelah menjalani aktivitas sepanjang hari. Namun sayangnya, ada beberapa kondisi yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Diantaranya seperti masalah kram kaki atau nocturnal leg cramps. Nocturnal leg cramps merupakan kondisi seseorang mengalami kram atau nyeri hebat di area otot kaki saat malam hari.

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Menurut hasil penelitian American Family Physician, sebanyak 60 persen orang dewasa mengalami kram kaki di malam hari. Umumnya penderita secara tiba-tiba akan mengalami nyeri hebat pada otot kaki mereka di bagian betis saat sedang tertidur lelap di malam hari. Dilansir dari situs medicalnewstoday.com (19/2/2020), ada beberapa penyebab yang membuat seseorang terserang kram kaki di malam hari. Penyebabnya yakni kelelahan otot, faktor usia, salah posisi tubuh saat duduk atau tidur, dan kehamilan.

[Baca Juga: Waspada Bila Kesemutan Berlangsung dalam Jangka Panjang]

Tetapi kamu tidak perlu panik bila tiba-tiba mengalami kram pada area kaki saat tengah tertidur. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri untuk mengobati rasa nyeri pada bagian kaki kamu.

Pertama, kamu dapat melakukan peregangan otot kaki secara perlahan. Kemudian kamu juga dapat memijat area kaki yang sakit dengan lembut. Selain memijat dengan tangan, penggunaan foam roller juga dapat menjadi pilihan kamu untuk mengobati rasa nyeri di otot kaki kamu. Tak hanya itu, menaruh penghangat pada area kaki yang nyeri juga dapat meringankan rasa sakit.

[Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Mengatasi Badan Pegal Linu]

Melakukan treatment sendiri untuk mengatasi kram di kaki kamu justru lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan seperti aspirin. Sebab, munculnya sakit kram pada bagian tubuh tertentu bukan merupakan kondisi yang muncul akibat inflamasi atau peradangan.

Selain melakukan pengobatan sendiri, kamu juga bisa mencegah agar tidak mengalami kram di malam hari. Kamu bisa mengganti model sepatu kamu dengan alas kaki yang ringan. Melakukan olahraga setiap hari seperti berjalan beberapa menit sebelum tidur dan minum air mineral yang cukup juga dapat mencegah kamu terserang kram di malam hari.

Read More

Artikel Lainnya

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

07 April 2020, 11:00

Menurut data Disdukcapil Kota Tangerang, per 2 April, sejumlah 103.667 keluarga Kota Tangerang telah berpartisipasi sensus penduduk online 2020.

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

Pendidikan

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

07 April 2020, 10:00

Relawan mahasiswa kesehatan yang membantu menangani COVID-19 ini akan diberikan sertifikat yang dapat dikonversikan menajdi SKS.

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

Berita Kawasan

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

07 April 2020, 09:00

Film-film romantis berikut bisa temani Anda isolasi diri di rumah. Ada empat film pilihan kami yang bisa ditonton dari beberapa aplikasi streaming film.

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi Covid-19

Berita Kawasan

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi COVID-19

07 April 2020, 08:00

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya Virus Corona, Terminal Giwangan rajin didisinfeksi per tiga hari.


Comments


Please Login to leave a comment.