125560108_l.jpg

Pendidikan

Langkah Optimal Mengikuti Kelas Online Saat Siswa Belajar dari Rumah

Kondisi kehidupan new normal mendorong setiap orang untuk beradaptasi dengan cara baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan untuk aktivitas belajar-mengajar pun kini tidak dapat dilakukan secara tatap muka di dalam kelas dan dilakukan secara online. Mengikuti kelas online memang memberikan banyak kemudahan, karena siapapun bisa mengikutinya dari mana saja selama tersedia koneksi internet yang cepat dan memadai.

[Baca Juga: Ini Cara Temani Anak Belajar di Rumah dengan Nyaman]

Untuk bisa mengikuti kelas online dengan lancar, PingPoint.co.id merangkum sejumlah tips dari beberapa sumber, sehingga dapat diterapkan oleh siswa saat belajar di rumah:

  • Pastikan koneksi internet memadai

Koneksi internet merupakan hal terpenting yang mendukung kelancaran proses belajar online. Jadi, pastikan koneksi internet yang digunakan mumpuni dengan kapasitas bandwidth yang mencukupi. Dengan begitu, proses belajar online pun dapat berjalan dengan lancar.

  • Siapkan perangkat pendukung

Untuk mengikuti kelas online, kita dapat menggunakan berbagai perangkat baik smartphone, tablet maupun laptop. Perangkat apapun yang digunakan, pastikan perangkat tersebut dapat terhubung dengan baik dengan jaringan internet. Pastikan juga speaker dan earphone yang akan digunakan bekerja dengan baik.

  • Jauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi

Mengikuti kelas online dari rumah memang memiliki kendala dan pasti banyak gangguan yang mungkin muncul, seperti ajakan keluarga bermain game online atau menyicipi hidangan di meja makan. Untuk itu ada baiknya kita menyiapkan ruangan khusus untuk mengikuti kelas online dan sampaikan kepada keluarga bahwa kita tidak bisa diganggu selama kelas sedang berlangsung.

Langkah Optimal Mengikuti Kelas Online Saat Siswa Belajar dari Rumah

  • Siapkan catatan

Sama halnya dengan kelas dan tatap muka pada umumnya, ada baiknya menyiapkan catatan untuk memastikan tidak ada informasi penting yang terlewatkan. Catatan ini bisa disiapkan secara manual dengan buku catatan, atau dengan aplikasi notepad yang tersedia pada perangkat yang digunakan.

  • Jangan malu bertanya

Untuk memastikan semua informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan baik, jangan malu bertanya kepada pengajar atau narasumber. Untuk ini, kita bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk bertanya yang tersedia di aplikasi video conference dan video streaming yang digunakan.

Read More

Artikel Lainnya

Indonesia-dan-WHO-Kerja-Sama-Studi-COVID-19.jpg

Kesehatan

Sinergi Indonesia dan WHO Untuk Lakukan Studi COVID-19

03 July 2020, 15:00

Berpartisipasi dalam studi internasional ini adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai COVID-19.

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia.jpg

Pendidikan

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia

03 July 2020, 14:00

Ternyata aspek modernisasi di media pada era Orde Baru didorong Dahlan Iskan usai ia mengikuti program ILVI ke Amerika Serikat.

Hanya Dalam 4 Menit! Realme C11 Terjual 10.000 Unit .jpg

Bisnis

Hanya Dalam 4 Menit! Realme C11 Terjual 10.000 Unit

03 July 2020, 13:45

Tampaknya penjualan realme C11 berhasil jadi kesuksesan untuk realme Indonesia karena kurang dari lima menit, sudah ada 10.000 unit ponsel pintar ini yang terjual.

seni.jpg

Hobi dan Hiburan

Pemerintah Terus Dukung Industri Kreatif di Era Normal Baru

03 July 2020, 13:00

Diharapkan para pelaku ekonomi kreatif khususnya industri seni rupa tetap memiliki semangat tinggi, meski di masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.