125560108_l.jpg

Pendidikan

Langkah Optimal Mengikuti Kelas Online Saat Siswa Belajar dari Rumah

Kondisi kehidupan new normal mendorong setiap orang untuk beradaptasi dengan cara baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan untuk aktivitas belajar-mengajar pun kini tidak dapat dilakukan secara tatap muka di dalam kelas dan dilakukan secara online. Mengikuti kelas online memang memberikan banyak kemudahan, karena siapapun bisa mengikutinya dari mana saja selama tersedia koneksi internet yang cepat dan memadai.

[Baca Juga: Ini Cara Temani Anak Belajar di Rumah dengan Nyaman]

Untuk bisa mengikuti kelas online dengan lancar, PingPoint.co.id merangkum sejumlah tips dari beberapa sumber, sehingga dapat diterapkan oleh siswa saat belajar di rumah:

  • Pastikan koneksi internet memadai

Koneksi internet merupakan hal terpenting yang mendukung kelancaran proses belajar online. Jadi, pastikan koneksi internet yang digunakan mumpuni dengan kapasitas bandwidth yang mencukupi. Dengan begitu, proses belajar online pun dapat berjalan dengan lancar.

  • Siapkan perangkat pendukung

Untuk mengikuti kelas online, kita dapat menggunakan berbagai perangkat baik smartphone, tablet maupun laptop. Perangkat apapun yang digunakan, pastikan perangkat tersebut dapat terhubung dengan baik dengan jaringan internet. Pastikan juga speaker dan earphone yang akan digunakan bekerja dengan baik.

  • Jauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi

Mengikuti kelas online dari rumah memang memiliki kendala dan pasti banyak gangguan yang mungkin muncul, seperti ajakan keluarga bermain game online atau menyicipi hidangan di meja makan. Untuk itu ada baiknya kita menyiapkan ruangan khusus untuk mengikuti kelas online dan sampaikan kepada keluarga bahwa kita tidak bisa diganggu selama kelas sedang berlangsung.

Langkah Optimal Mengikuti Kelas Online Saat Siswa Belajar dari Rumah

  • Siapkan catatan

Sama halnya dengan kelas dan tatap muka pada umumnya, ada baiknya menyiapkan catatan untuk memastikan tidak ada informasi penting yang terlewatkan. Catatan ini bisa disiapkan secara manual dengan buku catatan, atau dengan aplikasi notepad yang tersedia pada perangkat yang digunakan.

  • Jangan malu bertanya

Untuk memastikan semua informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan baik, jangan malu bertanya kepada pengajar atau narasumber. Untuk ini, kita bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk bertanya yang tersedia di aplikasi video conference dan video streaming yang digunakan.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.