Langkah Proteksi Rumah Menghadapi Musim Hujan

Properti dan Solusi

Langkah Proteksi Rumah Menghadapi Musim Hujan

Saat ini wilayah Jakarta dan sekitarnya masih mengalami musim panas yang cukup menyengat, tapi terkadang langit meredup dan turun hujan yang cukup lebat dalam waktu beberapa saat. Untuk sementara waktu, turunnya hujan tentu amat dinanti banyak orang.

Namun ingat, ada beberapa bagian rumah atau hunian yang perlu diperhatikan saat hujan mulai sering turun. Atap bocor, dinding rembes, atau banjir tentu merupakan hal yang paling ditakuti saat musim hujan sudah dekat. Agar terhindar dari kejadian tersebut, berikut ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan.

[Baca Juga: Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan]

  • Atap

Periksa atap rumah Anda dua kali setahun. Hal ini jauh lebih murah dibanding memperbaiki rumah yang kebocoran. Carilah retak di sepanjang bubungan atap, demikian pula talang bagian bawah jurai atap. Bila terbuat dari logam, pastikan tak ada lubang atau karat pada talang. Pastikan pula tak ada genting yang pecah, lapuk, atau tak terpasang sempurna. Jika terjadi, segera diganti atau dibetulkan.

  • Saluran Air

Periksa saluran pembuangan rumah Anda untuk memastikan bahwa air hujan dapat mengalir dan tak kembali ke rumah Anda. Lihat apakah ada banyak butiran kecil tanah liat mengumpulkan di sana. Butiran tanah liat di selokan adalah tanda bahwa atap mulai lapuk.

  • Langit-langit

Periksa langit-langit untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran. Hindari terjadinya tetesan air, munculnya jamur atau perubahan warna dinding dan langit-langit.

Langkah Proteksi Rumah Menghadapi Musim Hujan
  • Pintu dan Jendela

Pastikan keduanya dapat menutup dengan rapat. Jika tidak, periksa bagian engsel atau pengait dan segera lakukan perbaikan sebagaimana diperlukan.

  • Cabang Pohon

Pastikan tak ada dahan dan cabang mati di pohon sekitar rumah Anda. Hal ini akan mengurangi risiko rumah Anda tertimpa cabang pohon saat terjadi hujan yang disertai angin kencang.

  • Bagian Rumah yang Rendah

Perhatikan bagian-bagian tertentu yang dapat dimasuki air, seperti bagian bawah pintu, garasi, atau bagian basement. Anda mungkin perlu menggunakan sejenis bahan dengan daya serap tinggi untuk menjaga daerah tersebut, yang biasa disebut hurricane sock.

  • Karung pasir

Untuk rumah di daerah yang rendah dan rawan banjir, tak ada salahnya memproteksi bagian terendah rumah dengan tumpukan karung pasir.

  • Furnitur dan alat elektronik

Jika rumah rawan banjir, segera pindahkan furnitur dan peralatan elektronik ke lantai atas atau tempat yang lebih tinggi.

Musim penghujan tidak akan menjadi masalah jika rumah Anda telah siap untuk menghadapinya. Pastikan Anda memeriksa beberapa hal di atas sebagai tindakan preventif dalam menghadapi musim hujan nanti.

[Baca Juga: Musim Hujan Menjelang, Ini Tips untuk Jaga Kesehatan]

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.