Langkah Tepat Buat Kebun Vertikal di Rumah_1

Properti dan Solusi

Langkah Tepat Buat Kebun Vertikal di Rumah

Menanam tumbuhan hijau di area rumah menurut berbagai penelitian memberi banyak manfaat. Tidak hanya menambah keindahan saja namun juga membuat hunian lebih sejuk karena suplai oksigen yang dihasilkan.

Selain ditanam langsung pada tanah atau media tanam pot, Anda juga bisa menata kebun secara vertikal. Cara ini dianggap efektif bagi Anda yang ingin bercocok tanam namun tak punya lahan yang terbatas. Mari simak sejumlah langkah untuk membuat kebun vertikal yang telah PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber:

  • Tentukan Tipe Kebun yang Ingin Dibuat

Ada beraneka ragam jenis kebun vertikal yang bisa Anda pilih. Salah satu yang mudah dicoba ialah taman bergaya kontainer di mana beberapa pot tanaman digantung pada dinding atau sebuah pagar.

Kebun vertikal juga bisa tumbuh di media yang terbuat dari plastik besar atau dinding tanam yang terbuat dari kayu. Buat lubang atau slot untuk menjadi tempat tanah dan bibit tanaman berkembang.

  • Tentukan Lokasi Penempatan

Kebun vertikal bisa diletakkan hampir di semua tempat, area dalam dan luar ruangan. Namun pastikan tempat tersebut mendapat paparan langsung atau hanya pantulan sinar matahari. Dan untuk penempatannya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan asupan matahari tanamannya.

Dengan demikian jika Anda berencana menanam beberapa tanaman sukulen (seperti kaktus), maka ada baiknya untuk memilih lokasi yang mendapat setengah paparan sinar matahari.

[Baca Juga: Berkebun Bisa Jadi Alternatif Kegiatan di Rumah Selama Pandemi]

  • Memilih Jenis Tanaman

Selain sukulen, Anda juga bisa mencoba menanam tanaman herbal, sayur mayur, atau varietas lain seperti bunga-bungaan. Namun Anda disarankan memilih jenis tanaman dengan batang yang tipis dan lentur seperti sayuran, bunga, maupun tanaman herbal. Jadi ketika tumbuh semakin panjang, batangnya akan menjalar secara fleksibel ke bawah.

Langkah Tepat Buat Kebun Vertikal di Rumah_2

  • Mulai dengan Tanaman Dasar

Biasanya tanaman yang disusun di kebun vertikal lebih cepat mengering. Gaya gravitasi membuat air turun dengan cepat sehingga tanaman cenderung kering. Untuk itu gunakan tanah khusus untuk media tanam pot.

Dengan mengisi media tanam dengan tanah pot maka kelembaban tanah akan terjaga. Tanah jenis ini bersifat basah karena dicampur dengan pupuk kompos. Sebaiknya tanam jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air.

  • Persiapan Matang

Sebelum membuat kebun vertikal, pastikan tanaman sudah memiliki akar yang kuat. Coba tanam di pot atau tanah secara horizontal selama beberapa minggu agar akar mencengkeram tanah dengan baik. Harus diingat bahwa gaya gravitasi mendorong tanah ke bawah sehingga dikhawatirkan jika langsung ditanam ke media vertikal tanaman tidak tersanggah cukup kuat.

Langkah Tepat Buat Kebun Vertikal di Rumah_3

Pada beberapa minggu pertama, kebun vertikal Anda akan butuh perhatian lebih daripada menanam langsung pada media horizontal. Wadah tanam yang sempit dengan tanah yang sedikit membuat Anda harus lebih sering menyiraminya. Semakin sering disiram maka kebun vertikal akan tumbuh lebih subur.

Jangan khawatir jika pada percobaan pertama ada beberapa tanaman yang mengering dan mati. Ini adalah proses adaptasi yang normal, untuk itu siapkan beberapa tanaman cadangan untuk mengisi lubang kebun vertikal yang kosong jika sewaktu-waktu ada yang kekeringan. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.