Lanjut Hingga Lebaran, Begini Refleksi Penerapan PSBB Kota Pahlawan

Berita Kawasan

Lanjut Hingga Lebaran, Begini Refleksi Penerapan PSBB Kota Pahlawan

Hingga Senin (11/5/2020) petang, situs lawancovid-19.surabaya.go.id, melaporkan jumlah keseluruhan kasus positif COVID-19 708 kasus di Surabaya, 487 pasien sedang dalam masa perawatan, 100 pasien dinyatakan sembuh, sementara 80 pasien telah dinyatakan meninggal dunia.

Kondisi ini menggambarkan bahwa laju penyebaran virus SARS-CoV-2 masih sukar ditekan meski pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejak 28 April lalu.

Berdasarkan hasil pertimbangan dan evaluasi bersama PSBB pada tahap pertama pada Minggu (10/5/2020) diputuskan bahwa PSBB akan dilanjutkan hingga tanggal 25 Mei 2020 mendatang. Evaluasi yang telah dilakukan menyatakan, pada periode pertama PSBB, kepatuhan masyarakat itu sekitar 60 persen. Sedangkan yang tidak patuh, sekitar 40 persen.

Karenanya, PSBB tahap kedua ini Pemkot bakal lebih tegas melakukan penegakan terhadap 12 protokol kesehatan yang telah diterbitkan melalui surat edaran. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan penindakan tegas bagi warga yang ditemukan masih melanggar aturan PSBB.

Lanjut Hingga Lebaran, Begini Refleksi Penerapan PSBB Kota Pahlawan

Dia menwanti-wanti, pada periode kedua nanti, Pemkot yang bekerjasama dengan TNI, dan kepolisian akan berkeliling ke perusahaan-perusahaan, pertokoan untuk memastikan protokol COVID-19 benar-benar diterapkan. “Kemarin Satpol PP sudah menindak beberapa toko yang melanggar. Jadi mereka proses sesuai perdanya,” kata Risma, dilansir surabaya.go.id (10/5/2020).

Seperti beberapa waktu lalu, tutur dia, ada beberapa pertokoan yang melanggar protokol. Kemudian Satpol PP bertindak tegas mengambil KTP dan langsung diproses ke pengadilan. “Hal seperti itu sudah kami lakukan. Kalau tidak salah mulai kemarin lusa,” paparnya.

[Baca Juga: PSBB Hari Ke-1, Segelintir Arek Surabaya Langgar Jam Malam]

Selain itu, dia mengaku, tidak hanya jalan raya, pertokoan dan perkantoran saja yang mulai ditindaklanjuti. Namun, wilayah pasar juga menjadi perhatian tersendiri oleh Risma. Saat ini, beberapa pasar tengah diatur kembali dan meminta kecamatan dan kelurahan untuk turun mengawasi. "Beberapa pasar kita sedang atur dan kemudian kecamatan dan kelurahan juga melakukan hal yang sama,” tegas dia.

Kendati perpanjangan PSBB dimaksudkan untuk tujuan baik, mempercepat memutus rantai penyebaran, tapi tak sedikit respon bersifat kontra yang dialamatkan kepada keputusan ini. Selaras itu, banyak pula kritik mengenai periode pertama PSBB.

Meski begitu, ada pula hal-hal baik yang menunjukan komitmen Pemkot untuk menyukseskan PSBB di periode berikutnya. PingPoint telah merangkum beberapa hal menarik, dari berbagai sumber, terkait pelaksanaan PSBB kota Surabaya. Berikut penjabarannya:

1) Terdapat 16 Klaster

Terhitung hingga saat ini terdapat 16 klaster COVID-19 yang ada di Kota Pahlawan. Jumlah 16 klaster tersebut, pertama dari klaster luar negeri. Kedua, area publik sebanyak sembilan, ketiga klaster Jakarta, dan tempat kerja berjumlah tiga. Kemudian, dari klaster seminar dan pelatihan ada dua, dan perkantoran berjumlah dua dan asrama.

Demi melindungi keselamatan dan kesehatan warganya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta jajarannya terus melakukan tracing untuk menemukan warga yang terkonfirmasi COVID-19. “Seperti yang terjadi di PT HM Sampoerna itu bukan lah klaster baru,” kata Risma.

2) Miliki Laboratorium Canggih

Rupanya, Indonesia memiliki Laboratorium Biomolekuler PCR yang dibekali teknologi canggih kelas dunia. Letak laboratorium ini berada di Kota Surabaya. Terkait fungsinya, laboratorium ini dimanfaatkan untuk melakukan uji laboratorium COVID-19 melalui metode swab test dengan kapasitas hingga 500 pengujian setiap harinya.

Peresmian pengoperasian Laboratorium Biomolekuler PCR milik RS PHC ditandai dengan pengecekan laboratorium yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir di RS PHC pada Sabtu kemarin. Saat melakukan pengecekan fasilitas itu, Erick mengaku cukup puas. Dia bahkan menilai peralatan yang digunakan merupakan yang terbaik di dunia.

Lanjut Hingga Lebaran, Begini Refleksi Penerapan PSBB Kota Pahlawan

"Sehingga fasilitas laboratorium ini tidak hanya digunakan untuk COVID-19 saja kedepan fasilitas laboratorium juga bisa digunakan untuk penyakit lain jadi bisa jangka panjang. Kita lihat tadi di dalam peralatannya juga termasuk yang terbaik di dunia," tuturnya.

3) PSBB Periode 2 Lebih Tegas

PSBB Periode kedua berlaku mulai 12 hingga 25 Mei. Namun kali ini, tidak ada penerapan jam malam seperti sebelumnya dari pukul 21.00-04.00 WIB. Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, Heru Tjahjono menyebut, aturan ini akan dibarengi dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Timur agar petugas dapat melakukan tindakan yang lebih represif kepada pelanggar.

"Operasinya bukan hanya jam malam, tapi 24 jam, pengawasan lebih ketat. Salah satu isinya pada saat terjadi pelanggaran akan ditahan KTP oleh Satpol PP selama PSBB," ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekda Pemprov Jatim itu, dilansir Kumparan Senin (11/5/2020).

Adapun sanksi yang akan diterapkan kepada pelanggar di antaranya tidak diperbolehkan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SMI) dan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) SKCK selama 6 bulan ke depan.

4) Perpanjangan Dikritik Dewan

Perpanjangan PSBB Kota Surabaya mendapat sorotan dan kritikan dari DPRD Jawa Timur. Seperti yang dilontarkan Anggota DPRD Jatim, Agatha Retnosari. Menurutnya upaya control Pemkot Surabaya masih rendah. Politisi PDIP ini membeberkan, temuan pihaknya selama pelaksanaan PSBB Surabaya Raya, tidak ada petugas yang menjaga dan melakukan pengecekan di titik-titik keluar masuk antarkabupaten/kota.

Selain temuan tersebut, Agatha menemukan fakta di lapangan masih banyak terjadi penumpukan orang. Di Bank Jatim Rajawali misalnya, saat pengambilan uang pensiunan beberapa waktu lalu. Tidak ada pengaturan jarak, dan protokol COVID-19 yang dijalankan.

Lanjut Hingga Lebaran, Begini Refleksi Penerapan PSBB Kota Pahlawan

"Pemberlakuan PSBB harus dievaluasi secara mendetail. Khususnya dalam hal pelaksanaan di lapangan. Tanpa evaluasi lapangan dan perbaikan operasi pelaksanaan PSBB, maka kebijakan memperpanjang PSBB menjadi tidak bijaksana,” kritknya yang dilansir detik.com (10/5/2020).

5) Wacana Pansus Mencuat

Sebanyak lima fraksi di DPRD Surabaya mengusulkan pembentukan panitia khusus (Pansus) penanganan COVID-19 di Surabaya. Diberitakan kompas.com (5/5/2020) lalu para anggota dewan menilai Pansus adalah kebutuhan mendesak karena tingginya jumlah kasus COVID-19 di Surabaya. Lima fraksi yang mengusulkan Pansus COVID-19 adalah fraksi PKB, PAN-PPP, Partai Golkar, Nasdem, dan Gerindra.

Wakil Ketua DPRD Surabaya, AH Thony, adalah salah satu penggagasnya. Dia berpandangan bahwa dengan dibentuknya Pansus dapat menguatkan kinerja Gugus tugas COVID-19 di Surabaya agar lebih maksimal keberhasilannya.

[Baca Juga: Bus AKDP & AKAP Tak Beroperasi Selama PSBB Kota Surabaya]

Salah satunya contohnya, kata dia, dengan pembentukan Anak Gugus Tugas COVID-19 tingkat Kelurahan sebagai ujung tombak yang bersinggungan langsung dengan masyarakat yang ditangani. “Pertama mengajak Gugus Tugas menyusun roadmap, merumuskan masalahnya, kemudian memetakan penyelesaiannya, menginventarisasi sarana prasarana yang dibutuhkan, konsekuensi-konsekuensi yang harus dilaksanakan secara tertata dan terukur, agar masyarakat tidak dirugikan bertumpuk-tumpuk,”klaimnya.

6) Penundaan Honor RT/RW Disorot

Honor Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) se-Kota Surabaya, ditunda beberapa bulan sebagai dampak Pandemi COVID-19. “Pada saat RT, RW, dan LKMK sibuk bantu pemkot dalam penanganan COVID-19 tapi kok malah insentifnya ditunda," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya, Reni Astuti, dilansir liputan6.com (10/5/2020).

Menurut Reni, pihaknya mendapat informasi dari sejumlah ketua RW bahwa penundaan honor mereka disebabkan saat ini Pemerintah Kota Surabaya sedang melakukan reevaluasi dan refocusing anggaran dalam rangka penanganan pandemi COVID-19, dilansir dari Antara.

Terkait hal itu, lanjut Reni, honor ketua RT, RW, dan LPMK untuk Mei dan Juni akan diberikan pada Juni (rapel 2 bulan), sedangkan honor Juli, Agustus dan September akan diberikan pada September (rapel 3 bulan).

Nah Pointers, demikian hal-hal menarik yang terjadi selama penerapan PSBB di Kota Surabaya. Terlepas dari adanya pro dan kontra, mari kita semua tetap menjaga kesehatan, terus menerapkan pola hidup bersih dan berdoa agar pandemi lekas berlalu.

[Baca Juga: Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Didistribusi ke Warga Surabaya]


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 4 months lalu
    emma

    bola165,co adalah situs Agen Resmi Judi Online Terpercaya dan Terlengkap saat ini di Indonesia Cukup hanya dengan satu user id saja sudah bisa bermain di semua game populer di antaranya : - Sportbook - Live Casino - Slot - IDN Live - Poker langsung saja di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)