Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

Berdasarkan laman undip.ac.id oleh tim redaksi PingPoint.co.id, Minggu (26/9/2021) Pengabdian Masyarakat Dies Natalis FK Undip Ke-60 meluncurkan inovasi Model Circuit Station, Penilaian Paripurna, Edukasi, dan Penanganan Kesehatan Lanjut Usia (lansia) di Puskesmas dan Klinik Pratama Kota Semarang, lebih tepatnya di Klinik Graha Syifa Gunungpati. Inovasi Model Circuit Station hadir untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh bagi lansia di Kota Semarang.

Adapun sistem yang diterapkan dalam Model Circuit Station merupakan bentuk modifikasi dari program BPJS Kesehatan yang sudah banyak dikenal masyarakat, yaitu Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis). Secara detail pada lansia dilakukan screening untuk mendeteksi penyakit lansia atau kronis. Apabila terdapat lansia yang terdeteksi suatu penyakit, maka akan segera dilakukan sistem rujukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sasaran dari kegiatan Model Circuit Station ialah lansia yang mempunyai penyakit hipertensi dan diabetes mellitus.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Terkait program Model Circuit Station, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi inovasi yang diinisiasi oleh tim Pengabdian Masyarakat Lanjut Usia Universitas Diponegoro. Hal ini lantaran penduduk lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup para lansia. Meskipun, di sisi lain lansia termasuk dalam kelompok rentan pada masa pandemi saat ini.

Untuk itu, fokus pelayanan kesehatan pada kelompok lansia juga terus ditingkatkan. “Layanan ini tentu menjadi modifikasi yang luar biasa dalam pelayanan kesehatan termasuk bagi lansia. Kita tahu, lansia menjadi salah satu kelompok rentan yang butuh mendapat perhatian khusus selama pandemi COVID-19 ini,” ungkap Hendi ketika membuka layanan kesehatan lansia Puskesmas dan Klinik Pratama di Klinik Graha Syifa Gunungpati.

[Baca Juga: Peringatan Hari Lansia: Upaya Pemberdayaan Pasca-Pandemi COVID-19]

Lebih lanjut, Hendi juga menegaskan komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam mewujudkan layanan kesehatan paripurna bagi seluruh warga Kota Semarang. Salah satunya menurut Hendi adalah program UHC (Universal Health Coverage). Hendi memastikan siapa pun warga Kota Semarang bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis, menjadi kunci dan prioritas utama yang terus diperjuangkan melalui alokasi anggaran yang besar sehingga mengcover layanan yang baik bagi warga. “Pengalaman penanganan COVID-19 menjadi pelajaran yang membuka mata kita semua tentang pentingnya ketersedian rumah sakit serta tenaga dokter dan medis yang saat ini relatif masih kurang,” tegas Hendi.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Undip Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M. Kes., Sp. S. (K)., menyebut Model Circuit Station merupakan inovasi yang tercipta dari tim FK Undip, Peran Puskesmas dan Klinik Pratama akan menjadi ujung tombak pada program Model Circuit Station. Mereka akan mendeteksi lebih dini gejala- gejala yang timbul pada para lansia. “Ini merupakan inovasi dari dosen- dosen kami, ini adalah hasil karya yang harus kita hilirisasi, harus bisa dinikmati oleh masyarakat. Ini baru program percontohan, nanti akan diikuti oleh berbagai tempat,” ucap Prof Dwi Pudjonarko.

Lalu Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, dr. Lily Kresnowati, M. Kes., menyambut baik atas terobosan inovasi yang dilakukan oleh Fakultas Kedoteran Undip. “Sebagai perwakilan dari BPJS Kesehatan dan juga sebagai alumni FK Undip, saya mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan bangga atas peluncuran Model Circuit Station, penilaian paripurna, edukasi, dan penanganan kesehatan lanjut usia peserta Prolanis di Puskesmas dan Klinik Pratama Kota Semarang,” ungkap dr. Lily.

[Baca Juga: Aplikasi Ini Permudah Layanan Kesehatan Lansia dan Difabel]

Program Model Circuit Station akan mendukung program BPJS Kesehatan khususnya dalam pelayanan kesehatan Prolanis. Tujuan dari Prolanis sendiri ialah untuk mencapai kualitas hidup yang optimal bagi peserta Prolanis dengan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. “BPJS Kesehatan menyambut baik dengan diluncurkannya Model Circuit Station, penilaian ini sebagai upaya untuk memberikan informasi dan sosialisasi tentang penanganan kesehatan lanjut usia secara paripurna melalui sarana edukasi berupa buku, video senam yang diharapkan mampu melengkapi panduan klinis yang telah kami siapkan sebelumnya,” tembah dr. Lily.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Prolanis diabetes mellitus dan hipertensi sendiri merupakan fokus utama dari BPJS Kesehatan. Ini merujuk pada data dari BPJS Kesehatan sampai dengan bulan Agustus 2021 jika peserta Prolanis dengan diabetes mellitus sebanyak 321.873 peserta, khusus Kota Semarang berjumlah 18.397 peserta. Sedangkan untuk peserta Prolanis dengan hipertensi sebanyak 492.661 peserta, khusus untuk Kota Semarang berjumlah 12.551 peserta. Dari jumlah tersebut, persentase peserta lansia untuk Prolanis diabetes mellitus sebanyak 56 persen dan untuk Prolanis Hipertensi sebanyak 54 persen.

Lebih jauh, dr. Lily juga mengungkapkan dari kedua penyakit tersebut akan menimbulkan penyakit- penyakit lainnya. “Jadi kita harus mengendalikan dulu diabetes mellitus dan hipetensi untuk mencegah terjadinya penyakit katastropik. Penyakit katastropik itu menempati rangking tertinggi dari kasus yang ditanggapi BPJS Kesehatan dan biayanya juga paling tinggi. Selain itu penderita komorbid ini merupakan kelompok rentan yang angka kematiannya tertinggi pada kasus COVID-19,” jelas dr. Lily.

[Baca Juga: Layanan Vaksinasi Drive Thru Dinkes Kota Semarang, Targetkan Lansia]

BPJS Kesehatan berkomitmen akan terus bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk memberikan prioritas, baik dalam pengendalian penyakit komorbid maupun dalam program vaksinasi COVID-19. Melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan akan memiliki peran besar dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memastikan kondisi para peserta Prolanis khususnya lansia untuk dalam keadaan optimal, stabil, dan terkontrol.


Read More

Artikel Lainnya

1.jpg

Hobi dan Hiburan

Nuansa Natural di Pemandian Sumber Demoon Malang

26 October 2021, 19:03

Obyek wisata Sumber Demoon berlokasi di Jl. Simpang Anggodo, Lowoksuruh, Pusun Jabon, Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang.

IMG_26102021_071120_(1100_x_600_piksel).jpg

Hobi dan Hiburan

Pemandu Acara di Medan Terkena Dampak Saat Pandemi

26 October 2021, 17:03

Otomatis mempengaruhi penghasilannya dari nge-MC. Meski demikian, ia bersyukur karena ada acara-acara yang digelar webinar,

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.


Comments


Please Login to leave a comment.