Lapis Legit, Kue Pembawa Keberuntungan di Perayaan Imlek

Kuliner

Lapis Legit, Kue Pembawa Keberuntungan di Perayaan Imlek

Kue lapis legit terdiri dari tumpukan pelbagai lapisan kue tipis yang terbuat dari mentega, margarin, susu, dan telur. Untuk menambah cita rasa disertakan cengkeh, kayu manis, dan pala yang membuat warna kue terlihat seperti warna bacon. Oleh karena itu, meski tidak mengandung daging babi, kue lapis legit juga dikenal dengan nama spekuk, yang dalam bahasa Belanda berarti kue bacon.

Setiap lapisan kue lapis legit diyakini oleh orang keturunan Tionghoa sebagai simbol keberuntungan. Itulah mengapa kue ini menjadi salah satu hidangan yang meramaikan parayaan Imlek.

Lapis Legit, Kue Pembawa Keberuntungan di Perayaan Imlek

Walaupun kue lapis legit ada di mana-mana di Jakarta, kue dari Happy Bakery termasuk yang paling terkenal karena rasa, sejarah, dan harganya. Selama 45 tahun, kue dari toko di Jakarta Selatan ini diburu orang menjelang Imlek.

"Ini adalah tradisi Cina di sini untuk membelinya pas Tahun Baru Imlek. Kue itu melambangkan banyak keberuntungan, itulah sebabnya kue ini banyak dicari saat Tahun Baru Imlek,” kata Liena Gusman, pemilik Happy Bakery seperti diberitakan channelnewsasia.com (10/2/2021).

[Baca Juga: Pilihan Kuliner Peranakan Tionghoa di Gang Aut Bogor]

Lapis legit tampil dalam berbagai bentuk, warna, dan topping. Ada yang berbentuk kotak, lingkaran, atau seperrti tabung panjang. Warnanya bisa cokelat, hijau, kuning, atau merah. Di Happy Bakery, kue itu berukuran 20cm x 20cm dan tersedia dalam rasa orisinal, atau dengan topping buah prem, keju, dan kenari.

Menurut Liena, meskipun sepintas tampilannya tidak jauh berbeda dengan kue lapis legit biasa, mentegalah yang membedakan kue dari Happy Bakery dengan para pesaing. “Kami menggunakan mentega terbaik, mentega (impor dari) Belanda,” ungkap perempuan berusia 60 tahun tersebut.

Lapis Legit, Kue Pembawa Keberuntungan di Perayaan Imlek

Semakin banyak mentega yang dimiliki suatu varian, semakin mahal harganya. Jenis termurah, yang hanya menggunakan margarin, berharga Rp445.000. Jika mentega yang digunakan banyak, harga kue bisa mencapai lebih dari Rp1,1 juta, sehingga kue lapis legit Happy Bakery kerap dijuluki sebagai kue lapis legit termahal di ibu kota.

Happy Bakery yang sudah berdiri sejak 1976 terletak di Jl. H. Nawi Raya No.18, RT.3/RW.2, Gandaria Utara, Kota Jakarta Selatan. Liena merupakan generasi kedua yang meneruskan usaha bakery ibunya.

Lapis Legit, Kue Pembawa Keberuntungan di Perayaan Imlek

“Kue itu sulit dibuat. Butuh sekitar 2,5 sampai 3 jam,” kata Liena sambil menambahkan bahwa dia sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Selain kue lapis legit, Happy Bakery juga menjual lapis Surabaya, roll tart, kue nastar, spekulas, dan lain-lain.

Sebelum pandemi, penjualan selama Tahun Baru Imlek biasanya akan meningkat sepuluh kali lipat. Sedangkan pada masa Idul Fitri, keuntungan akan naik 15 kali lipat dari biasanya, katanya. Akan tetapi, penjualan saat Idul Fitri yang lalu kurang dari seperempat dari biasanya sehingga Liena terpaksa harus merumahkan sekitar 10 dari 20 karyawannya.

Meskipun Imlek tahun ini diprediksi akan tidak semeriah biasanya karena COVID-19, Liena berharap pelanggan setianya tetap akan membeli lapis legit Happy Bakery. "Mereka biasanya beli tiga hari menjelang Imlek. Semoga tahun ini mereka tetap akan datang," harap Liena.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kalina 1 week, 6 days lalu
    kalina

    QQHarian Games Best Online Transaksi Gak Pake Lama. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Yukkk Gabung & DAPATKAN ANGPAU 100% DIBERIKAN DI DEPAN FULL. Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian DALAM RANGKA MENYAMBUT TAHUN BARU IMLEK 2572 / 2021. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : => ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) ==> https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) ===> http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )