Lapis Singkong Tangerang

Bisnis

Lapis Tangerang Masuk Sentra Oleh-Oleh Bandara Soetta

Saat para wisatawan berkunjung ke kota atau daerah lainnya, buah tangan atau oleh-oleh jadi perburuan mereka saat ingin kembali pulang ke kampung halamannya. Membawa oleh-oleh pulang ke rumah dari tempat lain adalah hal yang dinanti-nanti para keluarga, saudara, atau teman-teman. Di Tangerang, sejumlah oleh-oleh yang dapat dibawa pulang wisatawan lokal atau asing bisa dengan mudah ditemukan.

Salah satu oleh-oleh khas Tangerang ini wajib dibawa sebagai buah tangan. Kue Lapis Tangerang namanya, kue ini berbeda dari kue lapis lainnya. Lapis Tangerang buatan Anwar Hidayat berbahan dasar singkong. Produk olahannya mendapatkan sambutan hangat para reseller. Jalur pendistribusian Lapis Tangerang kini sudah masuk ke dalam beberapa wilayah tepat sasaran, seperti di Toko Kue Karawaci, Rest Area KM 13,5 A tol Jakarta-Tangerang, bahkan masuk sentra oleh-oleh Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

[Baca Juga: Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta]

Kue yang dibuat pelaku UKM asal Kecamatan Batu Ceper sejak Tahun 2014 ini pun laris di pasaran dan menjadi buah wisatawan. Tidak ada yang instan di dunia ini, butuh proses dan perjuangan yang pantang menyerah agar usaha yang dijalankannya lancar. Seperti halnya Anwar, yang mulai menjual Lapis Tangerang dari door to door, buka bazar di event. Karena banyaknya permintaan, sampai tahun 2016, Lapis Tangerang buatannya masuk sentra oleh-oleh Bandara Soetta yang difasilitasi Pemkot.

Melansir laman tangerangkota.go.id (15 Juli 2019). Penjualan Lapis Tangerang di Bandara ini berbuah manis. Dalam kurun waktu 2016-2017, menjadi produk oleh-oleh nomor satu terlaris. Setiap harinya 100 boks habis dibeli oleh penumpang pesawat. "Sekarang lapis Tangerang tersedia di Bandara Terminal 3, Terminal 2, Sentra Oleh-oleh Veteran, Gedung MUI dan rest area Karang Tengah, rata-rata sebulan memproduksi 1300 boks," ujarnya.

[Baca Juga: Berburu Aneka Ragam Oleh-oleh Khas Depok]

Dikatakannya, Lapis Tangerang berbeda dengan kue sejenisnya sebab menggunakan bahan dasar tepung singkong. Selain enak, dengan rasa khas juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Harga dibanderol mulai Rp35.000 – Rp40.000 "Dengan enam varian rasa, yakni talas, pandan, rainbow, green tea, tiramisu dan blueberry. Selain itu, juga ada brownies menjadi pilihan oleh-oleh khas Kota Tangerang," ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ibu Selain di Rumah, Sosok Ibu Juga Harus Mampu Berkarya

Berita Kawasan

Hari Ibu: Kisah dan Dilema Dua Ibu Bekerja

12 December 2019, 09:00

Inilah pandangan hari ibu serta perannya di rumah dan dunia karier berdasarkan pengalaman Anna Leonita dan Heera Syahir Karim Vasandani.

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.


Comments


Please Login to leave a comment.