Lapor Pajak Tanah Kini Bisa Lewat e-BPHTB

Bisnis

Lapor Pajak Tanah Kini Bisa Lewat e-BPHTB

Berbagai cara dilakukan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan penerimaan pajak di wilayahnya. Di DKI Jakarta misalnya, kini hadir layanan online e-Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (e-BPHTB).

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Pilar Hendrani mengatakan layanan e-BPHTB tersebut sebagai upaya optimalisasi penerimaan pajak daerah. Melalui layananan ini, wajib pajak (WP) maupun Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang ingin melaporkan BPHTB tidak lagi harus datang ke kantor unit pelayanan pajak.

Lapor Pajak Tanah Kini Bisa Lewat e-BPHTB

“Dengan adanya layanan ini, para Wajib Pajak (WP) maupun Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) akan lebih mudah, nyaman dan aman melaporkan penyetoran pajak BPHTB ke kas daerah," kata Pilar, dilansir dari beritajakarta.go.id (11/3/2020).

[Baca Juga: Denda Pajak Kendaraan Menumpuk? Samsat Ciledug Siap Akomodir]

Dengan mengakses laman https://ebphtb.jakarta.go.id, WP atau PPAT dapat melakukan pelaporan dan penyetoran BPHTB dengan menginput dokumen yang diminta. "Dokumen yang diinput di antaranya fotokopi KTP, Akta Jual Beli (AJB), sertifikat tanah dan sebagainya," jelasnya.

Lapor Pajak Tanah Kini Bisa Lewat e-BPHTB

Nantinya setelah seluruh dokumen terinput, WP akan mendapat notifikasi bukti pembayaran melalui bank yang telah ditunjuk Bapenda DKI Jakarta untuk menyetor BPHTB. Selanjutnya bukti penyetoran dibawa ke kantor unit pelayanan pajak untuk disahkan.

[Baca Juga: Kini, Warga Jakarta Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan]

Adapun target penerimaan BPHTB DKI Jakarta tahun 2020 yaitu sebesar Rp10,6 triliun. Angka itu naik Rp1,1 triliun dari target APBD Perubahan DKI Jakarta tahun 2019 sebesar Rp9,5 triliun.

"Kami optimistis penerapan layanan online e-BPHTB akan mengoptimalkan penerimaan pajak daerah sesuai target yang ditetapkan," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.