Survei LIPI Persentase Masyarakat Mudik Saat Pandemi Masih Tinggi

Berita Kawasan

Larangan Mudik Diharapkan Tak Kurangi Semangat Bulan Ramadan

Perayaan bulan Ramadan tahun berbeda dari biasanya. Pasalnya, masyarakat akan menjalani bulan Ramadan kali ini di tengah pandemi COVID-19. Pemerintah pun juga meminta masyarakat untuk mematuhi aturan PSBB, termasuk melarang warga untuk mudik.

Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk melarang masyarakat mudik di hari raya Idul Fitri mendatang (21/4/2020). Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa 24 persen masyarakat bersikeras untuk mudik, meski telah ada imbauan larangan dan sosialisasi.

UGM Ciptakan Aplikasi Siaga Mudik untuk Pantau Pemudik

”Jadi mulai 24 (April, red) ini itu akan berlaku larangan mudik. Jadi sekarang walaupun sudah hampir 3 minggu ini kita melakukan PSBB ya itu tadi pelarangan yang berskala besar (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dilansir dari setkab.go.id (22/4/2020).

Atas adanya aturan ini, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi berharap, masyarakat tetap semangat dalam menyambut Ramadan 1441 Hijriah. Diakuinya, menjalani bulan Ramadan memang lebih nikmat bila berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Namun, masyarakat baru bisa melakukan itu bila situasi sudah aman.

[Baca Juga: Catat! Ini Aturan Pemerintah Buat Pantau Hilal Saat Pandemi COVID-19]

”Jadi yang paling utama buat kita ya kita tetap melaksanakan puasa wajib dengan sebaik-baiknya sesuai kemampuan kita tapi kita di rumah saja, tidak usah mudik,” ukata Fachrul, dilansir dari setkab.go.id (22/4/2020).

Dia pun mengimbau agar masyarakat menjalankan ibadah di rumah selama bulan Ramadan ini. Dia berharap adanya aturan pemerintah ini tak mengganggu kegembiraan masyarakat dalam menyambut Ramadan.

”Kenapa begitu? Biasanya kita kan sudah awal Ramadan itu sudah mengambil ancang-ancang untuk pulang ke kampung, kalau kita sudah mengambil ancang-ancang pulang ke kampung seolah-olah boleh tiba-tiba pertengahan Ramadan diumumkan tidak boleh, jadi kita sepertinya sia-sia saja perencanaan kita,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 9 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)