Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Sebagai sebuah media promosi dan wadah interaktif bagi masyarakat Kota Batu, TV Desa pun dibentuk bersandingan dengan Batu TV. Saat ini, acuan utama program dari TV Desa adalah kisah-kisah yang menarik dari berbagai sudut pedesaan yang ada di kawasan Kota Batu.

Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengenalkan keberagaman kreativitas pengolahan mata pencaharian oleh masyarakat pedesaan di Kota Batu. Mengacu pada hal itu, tema The Story of Village: Tribute to Village pun diangkat sebagai tema Lomba Film Pendek ketika launching TV Desa diadakan.

TV Desa 1.jpg

Pengadaan kompetisi film pendek merupakan hal baru yang diadakan Pemerintah Kota Batu. Sebelum-sebelumnya aktivitas kesenian di Kota Batu berfokus pada kreasi seni rupa yang menjadikan Galeri Raos sebagai pusatnya. Dengan adanya Lomba Film Pendek, pergerakan beragam komunitas terutama yang bergerak di dunia perfilman dan kesusastraan pun mulai mengambil ancang-ancang.

Perbincangan di Kafe Kalimetro tentang event ini pun sudah diwujudkan dalam pengumuman tercetak. Kedatangan Mahasiswa di Kota Malang yang mencapai puncaknya pada 26 September besok juga menunjukkan adanya aktivitas di kantin Universitas Negeri Malang, yang mana menjadi pusat nongkrong anak-anak sastra dan media mengingat giatnya mereka mengikuti event semacam ini.

TV Desa 2.jpg

Tema The Story of Village: Tribute to Village diangkat sebagai tonggak awal pondasi ideologis TV Desa. Dengan mengusung tema tersebut, peserta tidak terbatas untuk wilayah Malang Raya saja. Kompetisi dibuka untuk umum, boleh juga dari kalangan pelajar. Semua peserta lomba yang mengirimkan karyanya akan mendapat undangan untuk menghadiri pameran film hasil karya mereka di Gor Gajah Mada Kota Batu pada 30 Oktober 2021. Dapat dibayangkan bagaimana potret yang mengambil latar desa sebagai jawaban atas tema lomba ini akan menghiasi ruang kreasi di Gor Gajah Mada.

“Sikat, tapi mikir sek (dulu) Cak, biasanya bikin film buat acara Pramuka di Kota Batu, sekarang keiseingan berlanjut buat bikin film buat Kota Batu. Mikir konsepnya dulu, mumpung sekarang lagi nimbrung sama warga perkampungan Sabrangbendo,” terang Farich, salah seorang pembina pramuka dari Desa Giripurno.


Read More

Artikel Lainnya

1.jpg

Hobi dan Hiburan

Nuansa Natural di Pemandian Sumber Demoon Malang

26 October 2021, 19:03

Obyek wisata Sumber Demoon berlokasi di Jl. Simpang Anggodo, Lowoksuruh, Pusun Jabon, Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang.

IMG_26102021_071120_(1100_x_600_piksel).jpg

Hobi dan Hiburan

Pemandu Acara di Medan Terkena Dampak Saat Pandemi

26 October 2021, 17:03

Otomatis mempengaruhi penghasilannya dari nge-MC. Meski demikian, ia bersyukur karena ada acara-acara yang digelar webinar,

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.


Comments


Please Login to leave a comment.