Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar WhiteLivesMatter

Hobi dan Hiburan

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar #WhiteLivesMatter

Terhitung lebih dari sepekan gelombang protes terkait insiden rasisme yang terjadi di Amerika Serikat berlangsung sampai hari ini. Aksi unjuk rasa yang semula berpusat di negeri Paman Sam tersebut pun kini telah meluas ke berbagai negara di penjuru dunia.

Dukungan masyarakat untuk menentang sikap rasisme pun datang dari berbagai kelompok, tak terkecuali penggemar budaya Korea atau fans K-Pop. Para fans K-Pop ini diketahui “membajak” hashtag #WhiteLivesMatter - sebuah tagar di media sosial yang semula digunakan oleh para pendukung supremasi kulit putih untuk melawan gerakan #BlackLivesMatter.

Lawan Rasisme di Media Sosial Fans K Pop Bersatu Bajak Tagar White Lives Matter

Para fans K-Pop tersebut membanjiri linimasa Twitter dengan mengunggah video atau foto penyanyi idola mereka yang disertai dengan hashtag #WhiteLivesMatter. Tweet yang muncul pun didominasi pengguna Twitter yang memposting foto atau video penyanyi asal negeri ginseng yang disertai dengan tagar #WhiteLivesMatter.

Setelah membanjiri foto-foto dan video mereka dengan hashtag #WhiteLivesMatter, kini para fans K-Pop juga menambahkan hashtag #AllLivesMatter untuk tujuan yang sama, yakni menentang rasisme.

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar WhiteLivesMatter

Dukungan Masyarakat

Sebagai informasi, gerakan #BlackLivesMatter adalah gerakan masyarakat dari berbagai penjuru dunia yang menentang rasisme. Gerakan ini muncul setelah tersebarnya rekaman video amatir yang menunjukkan seorang polisi kulit putih Derek Chauvin, berlutut menekan leher belakang seorang pria kulit hitam yang diketahui bernama George Floyd di Minneapolis, Amerika Serikat (25/5/2020).

Video tersebut memicu protes karena menunjukkan kejadian yang ratusan kali berulang pada warga kulit hitam: kekerasan polisi. Reaksi kemarahan memuncak karena dalam video yang direkam warga sekitar, Floyd sudah terlihat pingsan dan berulang kali berkata, “Saya tidak bisa bernafas.” Kalimat itu pun menjadi ungkapan terakhir Floyd sebelum dirinya meninggal akibat tindakan polisi tersebut.

[Baca Juga: JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus]

Imbas dari insiden tersebut, Chauvin bersama tiga orang polisi yang berada di lokasi kejadian menjalani proses hukum dengan tuntutan tindak kriminal pembunuhan.

Sontak video tersebut menuai protes keras dari masyarakat. Dilansir dari Reuters.com (5/6/2020), sebanyak 64 persen atau mayoritas warga Amerika Serikat bersimpati dengan aksi protes atas insiden George Floyd.

Dalam survei yang dilakukan Reuters juga menunjukkan mayoritas masyarakat Amerika tidak setuju dengan respon Presiden Donald Trump terhadap aksi protes ini. Hanya 27 persen responden yang tidak bersimpati dan 9 persen lainnya merasa tidak yakin.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.