Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi

Berita Kawasan

Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi

Usai pemerintah DKI Jakarta menganjurkan masyarakat untuk bekerja dari rumah atau work form home guna mengurangi risiko pencegahan dan penyebaran wabah COVID-19. Pemerintah kota DKI Jakarta pun melakukan tindakan pencegahan pada pelayanan publik. Salah satunya Jakarta Selatan yang menutup pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) diputuskan untuk ditutup untuk sementara, mulai dari tingkat sudin, seluruh kecamatan dan kelurahan sampai 2 April 2020. Namun, bukan berarti masyarakat tak bisa mengurus administrasi, pasalnya Sudin Dukcapil memberikan opsi untuk mengurusnya secara online.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (24/3/2020) warga bisa menggunakan aplikasi Alpukat Betawi atau WhatsApp di tingkat Sudin, kecamatan, dan kelurahan.

"Intinya mulai 23 Maret sampai 2 April layanan langsung di seluruh loket dukcapil tingkat sudin hingga kelurahan tutup total," ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan

Haris menjelaskan, pelayanan administrasi menggunakan aplikasi Alpukat Betawi tidak berbeda dengan pelayanan langsung. Di dalam aplikasi tersebut ada sekitar 15 jenis pelayanan yang tersedia dan dapat langsung digunakan masyarakat usai mengunduh aplikasi tersebut.

[Baca Juga: Sudin Dukcapil Jaksel Jemput Bola Layani Perekaman e-Ktp di Rumah]

"Layanan tersebut di antaranya Update Data Warehouse, Mutasi Rubah, Verifikasi NIK, PB (Via Online), Batal Pindah Kependudukan, Duplicated Record, SKP WNI dalam DKI dan luar DKI. Selain itu ada konsultasi, permohonan akta kelahiran dan kematian, layanan si Dukun 3-1, Layanan Lahir/Mati/Pindah/Datang, dan sebagainya," kata Haris.

Alpukat Betawi sendiri merupakan Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat. Kanal ini merupakan pelayanan yang memberikan akses langsung kepada warga DKI Jakarta untuk mengajukan pelayanan kependudukan. Lewat aplikasi atau kanal ini, penduduk bisa mengajukan permohonan, penjadwalan, serta memonitor pelayanan yang diajukan.

[Baca Juga: Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan]

Dengan menggunakan aplikasi ini, warga tak perlu bolak-balik dan menghabiskan banyak waktu. Warga hanya perlu datang data waktu yang dijanjikan kemudian bisa langsung menukarkan persyaratan dengan dokumen yang sudah jadi. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk warga Jakarta, karena dilihat dari NIK saat membuat akun. Aplikasi Alpukat Betawi bisa diunduh di ponsel Android melalui Playstore.

Read More

Artikel Lainnya

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

03 April 2020, 14:00

Pergi ke dokter gigi di tengah Pandemi COVID-19 sebisa mungkin perlu dihindari. Berikut cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Kesehatan

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

03 April 2020, 13:00

Zoonosis menjadi salah satu kata yang kini sering ditemui. Apa arti kata itu dan apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 yang diakibatkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2?


Comments


Please Login to leave a comment.