Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi

Berita Kawasan

Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi

Usai pemerintah DKI Jakarta menganjurkan masyarakat untuk bekerja dari rumah atau work form home guna mengurangi risiko pencegahan dan penyebaran wabah COVID-19. Pemerintah kota DKI Jakarta pun melakukan tindakan pencegahan pada pelayanan publik. Salah satunya Jakarta Selatan yang menutup pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) diputuskan untuk ditutup untuk sementara, mulai dari tingkat sudin, seluruh kecamatan dan kelurahan sampai 2 April 2020. Namun, bukan berarti masyarakat tak bisa mengurus administrasi, pasalnya Sudin Dukcapil memberikan opsi untuk mengurusnya secara online.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (24/3/2020) warga bisa menggunakan aplikasi Alpukat Betawi atau WhatsApp di tingkat Sudin, kecamatan, dan kelurahan.

"Intinya mulai 23 Maret sampai 2 April layanan langsung di seluruh loket dukcapil tingkat sudin hingga kelurahan tutup total," ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan

Haris menjelaskan, pelayanan administrasi menggunakan aplikasi Alpukat Betawi tidak berbeda dengan pelayanan langsung. Di dalam aplikasi tersebut ada sekitar 15 jenis pelayanan yang tersedia dan dapat langsung digunakan masyarakat usai mengunduh aplikasi tersebut.

[Baca Juga: Sudin Dukcapil Jaksel Jemput Bola Layani Perekaman e-Ktp di Rumah]

"Layanan tersebut di antaranya Update Data Warehouse, Mutasi Rubah, Verifikasi NIK, PB (Via Online), Batal Pindah Kependudukan, Duplicated Record, SKP WNI dalam DKI dan luar DKI. Selain itu ada konsultasi, permohonan akta kelahiran dan kematian, layanan si Dukun 3-1, Layanan Lahir/Mati/Pindah/Datang, dan sebagainya," kata Haris.

Alpukat Betawi sendiri merupakan Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat. Kanal ini merupakan pelayanan yang memberikan akses langsung kepada warga DKI Jakarta untuk mengajukan pelayanan kependudukan. Lewat aplikasi atau kanal ini, penduduk bisa mengajukan permohonan, penjadwalan, serta memonitor pelayanan yang diajukan.

[Baca Juga: Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan]

Dengan menggunakan aplikasi ini, warga tak perlu bolak-balik dan menghabiskan banyak waktu. Warga hanya perlu datang data waktu yang dijanjikan kemudian bisa langsung menukarkan persyaratan dengan dokumen yang sudah jadi. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk warga Jakarta, karena dilihat dari NIK saat membuat akun. Aplikasi Alpukat Betawi bisa diunduh di ponsel Android melalui Playstore.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.