PURI_KESEHATAN_LAYANAN BERSALIN 24 JAM DI PUSKESMAS TERDEKAT_OCI_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Layanan Bersalin 24 Jam di Puskesmas Terdekat

Anda yang tengah mencari tempat bersalin yang tidak jauh dari rumah, sekarang punya pilihan lain. Ada layanan bersalin yang buka 24 jam di Puskesmas terdekat. Salah satunya Puskesmas Kecamatan Palmerah. Letak ruang bersalin yang berada di sebelah pintu utama memudahkan akses pasien yang datang.

Berdasarkan berita yang diambil dari tribunjakarta.com, terdapat beberapa kamar di dalam ruang bersalin yang dijaga oleh perawat jaga. Meskipun buka selama 24 jam, poli persalinan memiliki jam besuk tertentu yaitu pukul 11.00 WIB sampai 13.00 WIB dan 17.00 WIB sampai 19.00 WIB. Selain persalinan layanan 24 jam, di Puskesmas berlantai tiga ini memiliki fasilitas instalasi gawat darurat dan farmasi.

Puskesmas yang terletak di Jalan Palmerah nomor 120 ini juga menggunakan sistem data berbasis online. Sistem ini saling terhubung antara bagian pendaftaran, layanan kesehatan (poli) dan juga pengambilan obat. Kehadiran sistem daring memudahkan pengunjung urus administrasi. Calon pasien cukup menunjukan identitas dan tujuan poli.

[Baca Juga : Fasilitas Kesehatan Tanpa Antre di Puskesmas Kelapa Gading]

Di dalam ruang pemeriksaan, setiap dokter dibekali dengan gawai tablet. Hal itu untuk mencatat keluhan sekaligus meramu resep pasien. Data dari dokter langsung terhubung ke poli tujuan pasien. Para petugas tak perlu lagi mengantarkan berkas pasien ke dokter dari masing-masing poli. Sesuai keterangan pegawai Puskesmas Palmerah sistem online sudah diterapkan sejak 2016.

Puskesmas ini dibangun pada tahun 2003 dan selesai serta mulai dimanfaatkan pada tahun 2005. Dengan luas bangunan mencapai 2.500 meter persegi, puskesmas ini memiliki berbagai macam fasilitas dan layanan untuk pasien yang datang. Puskesmas dengan jumlah dokter, perawat dan staf lainnya sebanyak 160 orang ini membuka layanan rawat jalan di beberapa poli setiap Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB. Selain Rumah Bersalin, layanan di Puskesmas Palmerah antara lain:

1. Balai Pengobatan Umum (BPU)

BPU merupakan tempat pemeriksaan kesehatan umum oleh dokter yang memiliki kompetensi, yang meliputi observasi dan diagnosa medis, guna mencegah penyakit, melakukan penyuluhan hingga pengobatan.

2. Balai Pengobatan Gigi (BPG)

BPG merupakan tempat pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi oleh dokter spesialis gigi, yang meliputi observasi dan diagnosa medis, guna mencegah maupun mengobati penyakit pada gigi.

3. Poli Penyakit Tidak Menular (PTM)

PTM bertujuan untuk mencegah dan mengobati penyakit tidak menular.

4. Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)

MTBS merupakan upaya yang ditujukan untuk menurunkan sakit maupun tingkat kematian sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan balita di Puskesmas Kecamatan Palmerah.

5. Kesehatan Ibu dan Anak

KIA disediakan untuk memberikan pelayanan bagi ibu hamil, ibu nifas serta bayi baru lahir dan balita, yang bertujuan membantu mempersiapkan kelahiran serta melakukan deteksi dan stimulasi dini tumbuh kembang bayi.

6. Keluarga Berencana (KB)

Layanan KB disediakan bagi pasangan usia subur yang ingin mendapatkan informasi program KB, mengikuti program KB, atau berkonsultasi seputar masalah KB.

7. Poli Gizi

Poli gizi ditujukan bagi balita yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk, khususnya dari keluarga kurang mampu. Layanan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan status gizi si balita.

8. Harm Reduction (HR)

Layanan HR bertujuan untuk mengurangi dampak buruk pada para pengguna narkoba suntik, seperti penularan HIV/AIDS akibat penggunaan jarum suntik tidak steril.

9. Puskesmas Keliling (PUSLING)

Pusling di Kecamatan Palmerah dilaksanakan dua kali seminggu yaitu pada hari Selasa: KBS RW 09 pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB dan pada hari Kamis: KBU RW 05 pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

[Baca Juga : Rujukan BPJS Daring Permudah Layanan di Fasilitas Kesehatan]

Di hari-hari tertentu puskesmas ini menyediakan senam hamil, senam lansia dan senam jantung dengan jadwal Senam Ibu Hamil setiap hari Selasa pukul 07.30 s/d 09.00 WIB. Senam Lansia setiap hari Selasa pukul 06.00 s/d 08.00 WIB dan Senam Jantung Sehat setiap hari Jumat pukul 06.00 s/d 08.00 WIB.

Puskesmas Kecamatan Palmerah juga memberikan edukasi berupa penyuluhan kesehatan dan memberikan sharing tanya jawab kepada masyarakat di sekitar lokasi puskesmasnya. Layanan semacam ini juga bisa diperoleh di Puskesmas terdekat di sekitar wilayah Anda. Silakan kunjungi untuk memastikannya.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

28 September 2020, 11:09

Sekarang baru mencapai empat persen. Lagi proses fill atau pengurukkan dan pembuatan akses jalan masuk menuju lahan pemakaman.

Longsor di Hulu Sungai Gunung Salak Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

Berita Kawasan

Longsor di Hulu Sungai Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

28 September 2020, 10:07

Longsor terjadi akibat sejak Senin, 21 September 2020 terjadi hujan sangat lebat diikuti dengan angin kencang. Sehingga, dapat dipastikan hal itu disebabkan oleh faktor cuaca yang cukup ekstrem.

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.