Layanan CAK3P di Kota Tangerang, Seluruh Warga Miliki Berkas Kependudukan

Berita Kawasan

Layanan CAK3P di Kota Tangerang, Lebih Mudah Miliki Berkas Kependudukan

Untuk mencapai target cakupan kepemilikan akta kelahiran anak tahun 2021 serta dalam rangka perayaan HUT Kota Tangerang ke 28, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang meluncurkan layanan Cetak Akta Kelahiran dan Kematian di Kelurahan Pilihan (CAK3P).

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang hadir dalam peluncuran layanan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang dalam menciptakan inovasi pelayanan yang semakin memudahkan masyarakat dalam membuat surat-surat kependudukan sekaligus memberikan secara simbolis berkas kependudukan kepada warga setempat.

Layanan CAK3P di Kota Tangerang, Seluruh Warga Miliki Berkas Kependudukan

"Saya sampaikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang atas inovasi yang telah dibuat, sehingga masyarakat jadi lebih mudah dan lebih dekat untuk mengurus berkas kependudukan," sebut Sachrudin saat memberikan sambutannya di Kelurahan Karang Tengah seperti diberitakan tangerangkota.go.id (22/2/2021).

"Jadi seterusnya warga tinggal datang ke Kelurahan untuk pengajuan dan mengambilnya kembali berkas kependudukan yang sudah jadi di Kelurahan. Semuanya gratis, tidak dipungut biaya," jelas Wakil Wali Kota Tangerang menambahkan.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Mendampingi Wakil Wali Kota Tangerang, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Rd. Rina Hernaningsih menyebutkan bahwa sudah terdapat 74 Kelurahan yang menyelenggarakan pelayanan CAK3P mulai hari ini.

"Dari 104 Kelurahan 74 diantaranya sudah bisa melakukan pelayanan CAK3P per hari ini, sisanya akan secara bertahap untuk bergabung dalam pelayanan tersebut, ini menjadi salah satu alternatif pelayanan kepada mereka yang masih kurang mengerti dengan pelayanan online yang dilakukan oleh kami," Rina menjelaskan.

Layanan CAK3P di Kota Tangerang, Seluruh Warga Miliki Berkas Kependudukan

Program CAK3P, menurut Rina, juga dapat memangkas biaya operasional masyarakat dalam mendapat dokumen akta kelahiran dan kematian. Selain itu, mengingat kondisi pandemi, layanan ini dapat mengurangi potensi kerumunan di kantor Disdukcapil. "Melalui program ini, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil. Mereka bisa mendapat akta kelahiran atau kematian, melalui permohonan ke kantor kelurahan saja," ujarnya.

Untuk menikmati layanan CAK3P ini, masyarakat hanya perlu mengajukan permohonan akta kelahiran atau kematian, di kelurahan yang dipilih sesuai domisili dan akan diproses melalui aplikasi internal yang tersedia. "Dokumennya, bisa diterima masyarakat atau pemohon hari esoknya. Petugas akan mencetak di setiap kelurahan, sehingga semua lebih cepat serta mengurangi potensi pungli,” tutup Rina.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kalina 16 hours, 9 minutes lalu
    kalina

    QQHarian Games Best Online Transaksi Gak Pake Lama. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Yukkk Gabung & DAPATKAN WELCOME BONUS 100% DIBERIKAN DI DEPAN FULL, Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : => ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) ==> https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) ===> http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )