Perluas Layanan Kanker di Daerah, Roche-RS Kanker Dharmais Luncurkan ECHO.jpg

Kesehatan

Layanan Kanker di Daerah, Roche-RS Kanker Dharmais Luncurkan ECHO

Penyakit kanker merupakan salah satu pemicu kematian terbesar di Indonesia dan disinyalir ini dipicu oleh deteksi yang telat sehingga ketika pasien ditangani oleh rumah sakit (RS) telah berada di kondisi stadium lanjut. Situasi ini mendorong perusahaan farmasi internasional Roche untuk bekerjasama dengan Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais dalam memastikan penanganan kanker bisa dilakukan sedini mungkin dan ini diawali dengan perluasan jejaring kanker nasional ke daerah-daerah. Oleh karena itulah RS Kanker Dharmais bersama Roche Indonesia yang didukung Kementerian Kesehatan meluncurkan program bernama ECHO.

Pada dasarnya ECHO merupakan singkatan dari Extension for Community Health Outcomes yang diinisiasi belasan tahun lalu di New Mexico Amerika Serikat dalam rangka peningkatan kapabilitas fasilitas kesehatan di daerah hingga pedesaan sehingga memiliki kemampuan penanganan pasien layaknya di rumah sakit yang berada di kota besar. Program ini pun diadopsi oleh RS Kanker Dharmais serta Roche Indonesia melalui telementoring ECHO yang disebut demi meningkatkan akses serta kualitas penanganan kanker di Tanah Air.

Perluas Layanan Kanker di Daerah, Roche-RS Kanker Dharmais Luncurkan ECHO .jpg

Munculnya program ini tak terlepas dari fakta penanganan kanker diIndonesia yang disebut menghadapi tantangan tersendiri. Di mana terdapat ketimpangan jumlah serta persebaran fasilitas layanan kanker dan kurangnya jumlah tenaga kesehatan khusus untuk tangani kanker. Hal bisa dilihat dari jumlah RS rujukan penyaki kanker di Indonesia yang hanya ada 13 dengan paling banyak berada di Jawa, tiga di Sumatera, dua di kalimantan, dua di Sulawesi, dan hanya ada satu di Bali. Sedangkan dokter spesialis hematologi onkologi medik di Indonesia hanya 188 orang dan situasi ini dipandang sangat di bawah ideal.

“Bapak Menteri Kesehatan Republik Indonesia menginstruksikan dengan sangat jelas bahwa pelayanan kanker tidak hanya ada di kota-kota besar saja tapi harus menjangkau sampai daerah-daerah. Untuk itu perlu dibuat penguatan pelayanan kanker secara komprenhensif. Artinya apabila ada pasien di daerah kemudian menderita kanker tidak harus dirujuk ke Jakarta tapi justru dikuatkan ilmunya di daerah sehingga pada saat merujuk bisa didapatkan sistem rujukan yang baik,” ujar Presiden Direktur RS Kanker Dharmais dr.R. Soeko Werdi Nindito D.,MARS melalui Zoom kepada awak media (2/12/2021).

[Baca Juga: Roche Indonesia Galang Dana Bantu Anak-anak Penderita Kanker]

Realisasi dari program telementoring ECHO ini adalah dengan memanfaatkan teknologi daring dan Zoom, para ahli kanker di rumah sakit pengampu dapat memberikan pendekatan dalam penanganan pasien dengan gejala kanker kepada klinisi di daerah. Di mana metode yang digunakan adalah dengan menerapkan sistem Amplification (mengatasi keterbatasan sumber daya dengan teknologi), Best Practises (berbagi cara untuk mengurangi kesenjangan), mendalami kasus melalui Case-based learning, dan melakukan monitoring hasil pembelajaran klinisi di daerah melalui web-based Database.

Pada hari ini merupakan momen penerapan pilot telementoring ECHO dan disebut diikuti oleh lebih dari 160an klinisi yang berasal dari 12 rumah sakit di berbagai wilayah Tanah Air. Terkait program ini, Presiden Direktur PT Roche Indonesia dr. Ait-Allah Mejri menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung telementoring ECHO secara jangka panjang sehingga tidak ada timeline kapan program ini berakhir. Di mana ini komitmen ini sebenarnya berhubungan dengan keinginan Roche untuk membantu layanan kesehatan di Indonesia serta pemerintah dalam meningkatkan penanganan para pasien kanker.


Read More

RS Kanker Dharmais

Rumah Sakit

+62215681570
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.