BOGOR_KESEHATAN_LAYANAN KESEHATAN KHUSUS LANSIA DI BOGOR JAWA BARAT_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Layanan Kesehatan Khusus Lansia di Bogor Jawa Barat

Berbeda dengan layanan kesehatan umum, lansia (orang-orang lanjut usia) memerlukan perhatian yang lebih hingga terkadang mereka memerlukan layanan kesehatan umum. Sayangnya, tidak banyak rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya yang sesuai dengan standar perawatan khusus lansia. Namun tahukah Anda, di Bogor Jawa Barat terdapat rumah sakit yang mendedikasikan diri untuk merawat para lansia?

Rumah sakit itu memiliki nama Bogor Senior Hospital yang berlokasi di Jalan Raya Tajur No.168, Muarasari, Bogor Jawa Barat. Rumah sakit ini berdedikasi sebagai pelayanan kesehatan bagi para lansia yang bersifat cepat dan tepat.

Sebagaimana dilansir dari bogorsenior.com, penggagas Bogor Senior Hospital merupakan seorang pria lansia bernama Prof. DR. Dr. Suwandhi Widjada, Sp.PD. Dia mengakui dirinya terpanggil untuk mendirikan fasilitas kesehatan untuk warga lansia di Indonesia yang memiliki layanan terbaik.

Pemilihan Kota Bogor sebagai lokasi rumah sakit khusus lansia ini juga memiliki hubungan dengan kesehatan psikis para pasiennya. Pasalnya, Bogor Jawa Barat memiliki hawa sejuk serta pemandangan yang bagus sehingga menjadi penunjang dalam meningkatkan kesehatan para lansia yang dirawat di Bogor Senior Hospital.

Lantas apa saja fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini? Tenang saja, bila Anda termasuk orang yang tengah mempertimbangkan untuk membawa orangtua ke Bogor Senior Hospital dan masih bingung dengan fasilitas rumah sakit ini, berikut ini beberapa fasilitas dan program di rumah sakit tersebut.

  • Unit Pelayanan Medis Akut Khusus Lansia

Unit pelayanan ini difokuskan untuk rehabilitasi serta merawat para lansia agar mereka terhindar dari komplikasi yang biasanya ditimbulkan dari perawatan di bangsal rawat inap rumah sakit umum. Komplikasi yang dimaksud adalah kemungkinan jatuh dari tempat tidur, munculnya ulkus dekubitus atau cedera kulit akibat tekanan yang berkepanjangan, hingga delirium atau linglung yang bisa saja terjadi terhadap para lansia ketika dirawat.

Selain itu, unit ini juga ditujukan demi menurunkan masa perawatan dan tinggal di rumah sakit umum. Para perawat dan dokter di unit ini akan memberikan rehabilitasi demi mengembalikan status fungsional para pasien agar keluarga dapat segera membawa mereka pulang.

  • Unit Perawatan Khusus Pasca-Akut

Unit ini ditujukan untuk para pasien lansia yang membutuhkan perawatan khusus setelah keluar dari Unit Pelayanan Medis Akut yang di mana para pasiennya mengalami kesulitan dalam menjalani kegiatan hariannya. Kegiatan yang dimaksud adalah seperti buang air, mandi, berpakaian hingga makan secara mandiri. Oleh karena itu para pasien yang terdiri dari para pasien lansia yang memiliki keterbatasan fisik atau mental. Para dokter dan perawat di unit ini akan standby selama 24 jam demi memastikan kebutuhan para pasien terpenuhi.

  • UGD Khusus Lansia

Bogor Senior Hospital juga memiliki unit gawat darurat khusus untuk para lansia. Unit ini sudah dikondisikan sedemikian rupa sehingga ketika pasien yang mengalami kondisi gawat darurat datang, mereka tidak perlu khawatir dengan masalah sensitivitas terhadap cahaya, suara, dan suhu yang bisa saja muncul ketika dibawa ke UGD rumah sakit umum.

  • Unit Endoskopi

Endoskopi merupakan prosedur medis terhadap rongga tubuh menggunakan endoskop. Prosedur ini juga menjadi salah satu layanan di Bogor Senior Hospital. Di sini, endoskopi yang dilakukan difokuskan terhadap para pasien yang terindikasi mengalami pendarahan saluran cerna, skrining kanker usus besar serta terapi paliatif untuk gejala saluran cerna.

  • ICU dan Kamar Operasi

Bogor Senior Hospital juga memiliki ruangan ICU dan kamar operasi khusus. ICU ini dilengkapi dengan isolasi khusus dan fasilitas hemodialisis. Sedangkan kamar operasi difokuskan untuk merawat para pasien lansia yang mengalami kondisi darurat akibat pendarahan saluran cerna yang tidak bisa ditangani dengan endoskopi, patang tulang panggul, hingga pembedahan terhadap pasien yang menderita strangulasi usus.

  • CT Scan

Bogor Senior Hospital juga memiliki layanan CT scan yang diklaim memiliki tingkat ketelitan tinggi. Mesin ini digunakan untuk pemeriksaan yang bersifat non-invasive terhadap pasien lansia dengan contoh untuk deteksi dini penyumbatan pembuluh darah jantung dan lain-lain.

Dengan dokter yang berpengalaman serta fasilitas yang lengkap, Bogor Senior Hospital dapat menjadi pilihan Anda untuk pelayanan kesehatan keluarga Anda yang lansia. Bila membutuhkan informasi mengenai rumah sakit khusus lansia di Bogor Jawa Barat ini, Anda bisa menghubungi nomor (0251) 7556-777.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  7 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  9 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  8 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  6 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.