Layanan Kesehatan Posbindu RW 07 Srengseng Diminati Lansia.jpg

Kesehatan

Layanan Kesehatan Posbindu RW 07 Srengseng Diminati Lansia

Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) adalah fasilitas kesehatan untuk masyarakat yang sekaligus dilakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

Mengutip puskesmaskebonjeruk.com (12/3/2019), faktor risiko PTM meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makanan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

[Baca Juga: Ujung Tombak Kualitas Layanan di Puskesmas Pejaten]

Sedangkan penyakit diabetes melitus (DM), kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan termasuk ke dalam Kelompok PTM utama.

Posbindu PTM yang merupakan strategi dari Kementerian Kesehatan dalam upaya kesehatan berbasis masyarakat dan menanggulangi PTM ini bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Sasaran utama kegiatan Posbindu PTM adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM yang berusia 15 tahun ke atas.

Layanan kesehatan yang dilakukan melalui Posbindu PTM kini sudah tersebar di seluruh Indonesia, termasuk ke berbagai kelurahan salah satunya Kelurahan Srengseng. Berdasarkan lansiran beritajakarta.id (12/3/2019), Posbindu PTM di Jalan Buni RT 08/07, Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat, diminati warga terutama mereka yang sudah lanjut usia (lansia). 

[Baca Juga: Apa Olahraga Kardio yang Aman untuk Lansia?]

Posbindu Buni yang digelar di Pos RW 07 Srengseng sudah berlangsung sejak tahun 2011 dengan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan untuk PTM sebagaimana dikatakan Bendahara Posbindu Buni Sumarni pada beritajakarta.id (12/3/2019).

Sumarni menjelaskan rata-rata sekitar 40 warga setiap dua pekan sekali yang memeriksakan kesehatannya di Posbindu Buni. Pemeriksaan kesehatan yang disediakan di antaranya pemeriksaan gula, tekanan darah, kolesterol dan asam urat.

[Baca Juga: Layanan Kesehatan Khusus Lansia di Bogor Jawa Barat]

Warga yang dinyatakan kurang sehat dari hasil pemeriksaan tidak diberikan obat dalam pelayanan kesehatan di Posbindu seperti diutarakan Sumarni. Namun, tim medis yang bertugas di Posbindu biasanya memberikan rujukan ke puskesmas kecamatan terdekat untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut dan obat-obatan.

Warga sekitar RW 07 Kelurahan Srengseng yang rutin memeriksakan kesehatan setiap diadakan Posbindu di Pos RW 07 pada pekan pertama dan kedua setiap bulan salah satunya adalah Yati (53).

"Saya datang rutin untuk memeriksakan tekanan darah, maklum usia sudah tua jadi harus rajin periksa kesehatan,” ujarnya.

Dia pun mengaku senang dengan adanya Posbindu yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan berharap bisa lebih meningkatkan pelayanannya.


Read More

Artikel Lainnya

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

Bisnis

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

22 September 2021, 10:07

Beragam cara dilakukan agar bisnis salon tetap bertahan, seperti menerima layanan via online. Pelanggan secara virtual dapat berkonsultasi mengenai perawatan kecantikan dan rambut.

tamplate foto pingpoint.jpg

Bisnis

Titipku, Aplikasi Pesan Antar Kebutuhan Sehari-hari dari Pasar

22 September 2021, 09:05

Kini, jasa pesan antar juga banyak sudah tersedia untuk berbagai jenis kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan sehati-hari yang biasa Pointers dapatkan di pasar tradisional.

Jembatan Cisadane 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Cisadane Walk, Ikon Menarik Kota Tangerang yang Wajib Dikunjungi

22 September 2021, 08:05

Meniru kota-kota di Eropa, Cisadane Walk kini dikenal sebagai land mark ikon kota yang ramai dikunjungi masyarakat menghabiskan waktu untuk bersantai, berkumpul, berburu spot foto, sampai kuliner.

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.


Comments


Please Login to leave a comment.