Layanan Konseling Daring LBH Rupadi Semarang Diminati Pelajar

Kesehatan

Layanan Konseling Daring LBH Rupadi Semarang Diminati Pelajar

Program Layanan Konseling Daring yang dijalankan Lembaga Bantuan Hukum Rumah Pejuang Keadilan Indonesia (LBH Rupadi) rupanya diminati pelajar. Melalui data yang dihimpun sementara oleh lembaga berbasis di Kota Semarang itu, dari total 183 orang peserta layanan konseling, 116 di antaranya adalah pelajar dan mahasiswa.

Penanggung Jawab Program Layanan Konseling Daring LBH Rupadi Tulus Wardoyo menuturkan, para pelajar itu umumnya menyampaikan keluhannya selama menjalani proses belajar secara daring. Mereka juga menceritakan keluh kesah mengenai ujian tengah semester yang diadakan dengan sistem online.

Sementara, peserta program secara umum menyampaikan kekhawatirannya menghadapi banyaknya informasi tentang COVID-19. Beberapa di antara mereka tidak bisa tidur hingga harus mengonsumsi obat tidur.

TEBET_KESEHATAN_JANGAN-TAKUT-KONSUMSI-OBAT-DEMI-KESEHATAN-JIWA_OCI_1000-X-600-px_REVISI.jpg

Terdapat peserta bukan pelajar yang mengeluhkan dampak ekonomi yang dirasakannya. Ada buruh yang dirumahkan, pegawai yang di-PHK, hingga muncul konflik dalam rumah tangga.

“Kalau kondisi rumahnya menyenangkan mungkin bisa kurang stresnya. Tapi kalau dalam anggota keluarga kurang harmonis, ini bahkan bisa memicu konflik dari dalam,” kata Tulus, dikutip ayosemarang.com (25/4/2020).

Sebagai informasi, LBH Rupadi membuka layanan konseling daring di masa Pandemi COVID-19. Layanan ini dalam praktiknya menerapkan prinsip konseling dan dilakukan pula oleh pihak yang paham di bidang tersebut. Identitas peserta pun dijamin kerahasiaannya oleh LBH Rupadi.

Tulus mengatakan, pihaknya melibatkan tiga alumnus Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) maupun Bimbingan Konseling (BK) dari Universitas PGRI Semarang dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

[Baca Juga: HIMPSI Jabar Buka Layanan Konseling Gratis di Tengah Pandemi]

Asisten Bidang Non Litigasi LBH Rupadi Sudiyono berkata, program ini sebagai langkah antisipasi kepanikan, kecemasan, dan stres akibat maraknya pemberitaan tentang pademi COVID-19. Kondisi saat ini yang tak memungkinkan konseling secara langsung membuat pihaknya tergerak menciptakan layanan konseling daring.

Pada akhir Maret, Sudiyono menuturkan peserta layanan daring hanya berjumlah belasan. Mereka saat itu menyampaikan kekhawatiran apabila ada anggota keluarga yang positif terjangkit COVID-19 hingga menanyakan obat untuk penyakit baru tersebut. Jumlah peserta kian hari bertambah. Hingga di akhir April, terdapat hampir 200 orang yang memanfaatkan layanan konseling ini.

“Program ini kami berikan secara gratis hingga batas waktu [pandemi] membaik, jadi masyarakat siapa saja, bisa hubungi di WhatsApp nomor 089665637061,” ujar Sudiyono.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.