Layanan Uji Emisi Gratis Sudah Ada di Jakarta Selatan

Berita Kawasan

Layanan Uji Emisi Gratis Sudah Ada di Jakarta Selatan

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memiliki aplikasi e-Uji Emisi. Aplikasi itu juga memuat informasi bengkel-bengkel yang melayani uji emisi, termasuk di Jakarta Selatan. Hadirnya aplikasi uji emisi ini tentunya memudahkan masyarakat untuk mengetahui lokasi bengkel yang bisa menyediakan uji emisi tersebut. Selain itu, warga juga dapat menikmati berbagai fitur terkait uji emisi, seperti riwayat pengujian emisi dan hasilnya serta informasi aturan-aturan tentang uji emisi.

[Baca Juga: Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Periksa Gas Buang Kendaraan]

Aplikasi ini telah dikeluarkan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta yang hanya tersedia melalui ponsel pintar android. Bagi warga Jakarta yang ingin melakukan uji emisi gratis, silakan datang ke bengkel-bengkel terdekat yang menyediakan layanan tersebut. Melansir laman beritajakarta.id (15/08/2019), Marullah mengajak warganya membawa kendaraannya ke bengkel untuk mengecek uji emisi. “Sudah banyak bengkel yang bisa memberikan layanan itu di Jakarta Selatan," ujarnya pada 15 Agustus 2019.

Di tahun 2020, Pemprov DKI akan menegaskan kembali layanan uji emisi kendaraan di Jakarta. Bagi warga yang tidak melakukan uji emisi, tidak dapat mengurus pajak.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Marulllah mengatakan, uji emisi pada kendaraan yang ada di Jakarta ini akan mengurangi polusi udara. Bahkan, warga yang dengan rutin melakukan uji emisi ini bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya mengukur kinerja kondisi mesin kendaraan agar tetap dalam kondisi baik. "Melalui pengecekan rutin kita bisa mencegah kerusakan kendaraan yang tentunya akan memakan biaya lebih tinggi," ungkapnya.

Sementara, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Syarifudin menambahkan, sepanjang tahun 2019 ini pihaknya sudah memfasilitasi layanan uji emisi gratis dan melaksanakan kegiatan pembinaan kepada 42 bengkel pelaksana uji emisi (BPUE) di Jakarta Selatan. Layanan uji emisi gratis sudah dapat dinikmati warga yang sudah dilakukan pihaknya. "Layanan uji emisi gratis sudah kami lakukan sebanyak enam kali selama periode Januari sampai Agustus," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Unik Pemukiman di Penjaringan Disemprot Disinfektan dengan Drone

Berita Kawasan

Unik! Pemukiman di Penjaringan Disemprot Disinfektan dengan Drone

30 March 2020, 17:00

Pemandangan unik terlihat pada akhir pekan lalu di salah satu kawasan Jakarta Utara dengan drone yang terbang dan menyemprotan cairan disinfektan.

Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Kesehatan

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

30 March 2020, 16:00

IPB baru-baru ini menyarankan untuk masyarakat mencoba mengonsumsi jus jeruk yang dicampur dengan kulitnya dalam mengantisipasi infeksi Virus Corona.

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

Berita Kawasan

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

30 March 2020, 15:00

Walau PMI Depok tak memungut biaya untuk kegiatan penyemprotan disinfektan, organisasi ini memberi tahu masyarakat berapa biaya persiapan disinfeksi.

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Kesehatan

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

30 March 2020, 14:00

Selain berbahaya bila terkena kulit serta lapisan lendir di mata dan mulut, penyemprotan cairan tersebut juga tidak efektif membunuh virus corona.


Comments


Please Login to leave a comment.