Layanan Uji Emisi Gratis Sudah Ada di Jakarta Selatan

Berita Kawasan

Layanan Uji Emisi Gratis Sudah Ada di Jakarta Selatan

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memiliki aplikasi e-Uji Emisi. Aplikasi itu juga memuat informasi bengkel-bengkel yang melayani uji emisi, termasuk di Jakarta Selatan. Hadirnya aplikasi uji emisi ini tentunya memudahkan masyarakat untuk mengetahui lokasi bengkel yang bisa menyediakan uji emisi tersebut. Selain itu, warga juga dapat menikmati berbagai fitur terkait uji emisi, seperti riwayat pengujian emisi dan hasilnya serta informasi aturan-aturan tentang uji emisi.

[Baca Juga: Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Periksa Gas Buang Kendaraan]

Aplikasi ini telah dikeluarkan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta yang hanya tersedia melalui ponsel pintar android. Bagi warga Jakarta yang ingin melakukan uji emisi gratis, silakan datang ke bengkel-bengkel terdekat yang menyediakan layanan tersebut. Melansir laman beritajakarta.id (15/08/2019), Marullah mengajak warganya membawa kendaraannya ke bengkel untuk mengecek uji emisi. “Sudah banyak bengkel yang bisa memberikan layanan itu di Jakarta Selatan," ujarnya pada 15 Agustus 2019.

Di tahun 2020, Pemprov DKI akan menegaskan kembali layanan uji emisi kendaraan di Jakarta. Bagi warga yang tidak melakukan uji emisi, tidak dapat mengurus pajak.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Marulllah mengatakan, uji emisi pada kendaraan yang ada di Jakarta ini akan mengurangi polusi udara. Bahkan, warga yang dengan rutin melakukan uji emisi ini bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya mengukur kinerja kondisi mesin kendaraan agar tetap dalam kondisi baik. "Melalui pengecekan rutin kita bisa mencegah kerusakan kendaraan yang tentunya akan memakan biaya lebih tinggi," ungkapnya.

Sementara, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Syarifudin menambahkan, sepanjang tahun 2019 ini pihaknya sudah memfasilitasi layanan uji emisi gratis dan melaksanakan kegiatan pembinaan kepada 42 bengkel pelaksana uji emisi (BPUE) di Jakarta Selatan. Layanan uji emisi gratis sudah dapat dinikmati warga yang sudah dilakukan pihaknya. "Layanan uji emisi gratis sudah kami lakukan sebanyak enam kali selama periode Januari sampai Agustus," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Tingginya Risiko Bunuh Diri pada Pria yang Percaya Laki-laki Tak Menangis

Kesehatan

Risiko Bunuh Diri Tinggi Bila Percaya "Pria Sejati Tidak Menangis"

16 February 2020, 17:00

Sebuah studi baru menunjukkan, laki-laki yang percaya bahwa "pria sejati tidak menangis" kemungkinan lebih rentan terhadap bunuh diri.

Sebelum Mencoba Tren Sweater Besar, Kenali 5 Jenisnya Dulu

Kecantikan dan Fashion

Sebelum Mencoba Tren Sweater Besar, Kenali 6 Jenisnya Dulu!

16 February 2020, 16:00

Hingga 2020 pun sweater besar jadi pilihan busana nyaman dan serbaguna. Pilihan busana ini bisa menjadi fashion statement Anda.

Berapa Kalori dalam 3 Minuman Vegan, Tanpa Susu di Starbucks

Kuliner

Berapa Kalori dalam 3 Minuman Vegan, Susu Nabati Baru di Starbucks?

16 February 2020, 15:00

Starbucks memiliki tiga minuman kopi susu nabati baru yaitu kopi dengan almond, kelapa, dan susu oat. Apakah ketiga minuman itu sehat?

Semua Orang Harus Punya Ini Sandal Rumah Merangkap Sapu dan Pel

Properti dan Solusi

Semua Orang Harus Punya Ini: Sandal Rumah Merangkap Sapu (dan Pel)

16 February 2020, 14:00

Hanya seorang jenius yang berhasil menemukan fuzzy sandal yang bisa juga digunakan untuk membersihkan lantai ketika digunakan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.