Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara

Berita Kawasan

Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara

Dari tahun ke tahun emisi gas buang transportasi di DKI Jakarta semakin meningkat. Emisi gas buang tersebut banyak berasal dari kendaraan bermotor. Polusi udara yang tidak baik akan berpengaruh negatif terhadap sekitar lingkungan yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Padatnya kendaraan bermotor di wilayah Jakarta yang hampir tiap waktu membuang emisi gas berpotensi menjadi racun yang merugikan lingkungan sekitar. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak para pemilik kendaraan bermotor untuk memanfaatkan layanan uji emisi. Dengan memanfaatkan layanan tersebut akan mengubah kualitas udara Jakarta semakin membaik.

Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara

Tahun 2020 mendatang, uji emisi di Ibu Kota akan diterapkan. Mewajibkan setiap roda kendaraan roda empat maupun roda dua untuk melakukan uji emisi. Langkah ini tentunya akan mengurangi polusi udara yang buruk di Jakarta. Untuk itu, segera lakukan uji emisi di bengkel-bengkel terdekat, caranya saat ini lebih mudah untuk mengetahui lokasi-lokasi bengkel yang menyediakan uji emisi melalui aplikasi e-uji emisi di ponsel pintar.

[Baca Juga: Ini Bahaya Polusi Udara Terhadap Tubuh Anda]

Sebagaimana mengutip beritajakarta.id (03/07/2019). Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, uji emisi dapat dilakukan dengan mendatangi bengkel-bengkel yang telah disediakan di wilayah kota DKI. Selain itu, pemilik kendaraan bisa memanfatkan aplikasi e-uji emisi yang bisa diunduh di playstore. "Tinggal buka aplikasinya di smartphone, kita bisa tahu lokasi-lokasi untuk uji emisi. Nanti ada sejarah catatan kendaraan kita juga di aplikasi itu," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta pada 2 Juli 2019.

Menurut Yusmada Faizal bagi pemilik kendaraan yang melakukan uji emisi merupakan salah satu cara untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Selain uji emisi, pemilik kendaraan juga didorong untuk beralih ke angkutan massal. "Kita akan terus menggencarkan gerakan uji emisi ini karena bisa mengurangi polusi udara," tuturnya.

[Baca Juga: Kualitas Udara Pantai di Jakarta]

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih menambahkan, salah satu faktor penyebab terjadinya polusi udara di Ibu Kota berasal dari kualitas bahan bakar. "Faktor-faktornya dari kualitas bahan bakar. Sedangkan kualitas bahan bakar kita masih ada kadar belerang yang tinggi," jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.