Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara

Berita Kawasan

Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara

Dari tahun ke tahun emisi gas buang transportasi di DKI Jakarta semakin meningkat. Emisi gas buang tersebut banyak berasal dari kendaraan bermotor. Polusi udara yang tidak baik akan berpengaruh negatif terhadap sekitar lingkungan yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Padatnya kendaraan bermotor di wilayah Jakarta yang hampir tiap waktu membuang emisi gas berpotensi menjadi racun yang merugikan lingkungan sekitar. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak para pemilik kendaraan bermotor untuk memanfaatkan layanan uji emisi. Dengan memanfaatkan layanan tersebut akan mengubah kualitas udara Jakarta semakin membaik.

Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara

Tahun 2020 mendatang, uji emisi di Ibu Kota akan diterapkan. Mewajibkan setiap roda kendaraan roda empat maupun roda dua untuk melakukan uji emisi. Langkah ini tentunya akan mengurangi polusi udara yang buruk di Jakarta. Untuk itu, segera lakukan uji emisi di bengkel-bengkel terdekat, caranya saat ini lebih mudah untuk mengetahui lokasi-lokasi bengkel yang menyediakan uji emisi melalui aplikasi e-uji emisi di ponsel pintar.

[Baca Juga: Ini Bahaya Polusi Udara Terhadap Tubuh Anda]

Sebagaimana mengutip beritajakarta.id (03/07/2019). Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, uji emisi dapat dilakukan dengan mendatangi bengkel-bengkel yang telah disediakan di wilayah kota DKI. Selain itu, pemilik kendaraan bisa memanfatkan aplikasi e-uji emisi yang bisa diunduh di playstore. "Tinggal buka aplikasinya di smartphone, kita bisa tahu lokasi-lokasi untuk uji emisi. Nanti ada sejarah catatan kendaraan kita juga di aplikasi itu," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta pada 2 Juli 2019.

Menurut Yusmada Faizal bagi pemilik kendaraan yang melakukan uji emisi merupakan salah satu cara untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Selain uji emisi, pemilik kendaraan juga didorong untuk beralih ke angkutan massal. "Kita akan terus menggencarkan gerakan uji emisi ini karena bisa mengurangi polusi udara," tuturnya.

[Baca Juga: Kualitas Udara Pantai di Jakarta]

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih menambahkan, salah satu faktor penyebab terjadinya polusi udara di Ibu Kota berasal dari kualitas bahan bakar. "Faktor-faktornya dari kualitas bahan bakar. Sedangkan kualitas bahan bakar kita masih ada kadar belerang yang tinggi," jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.