ANCOL_PENDIDIDKAN_LEARNING-FARM-ECOPACRK-ANCOL-JAKARTA-TEMPAT-BELAJAR-MENJADI-PETANI_EMIL_1100-X-600-px.jpg

Pendidikan

Learning Farm Ecopark Ancol Jakarta Tempat Belajar Menjadi Petani

Kegiatan wisata bisa juga dijadikan sarana belajar untuk anak-anak. Kegiatan edukatif yang bisa dilakukan yaitu belajar bercocok tanam. Meskipun sekarang sudah sulit mencari lahan untuk berkebun atau bertani, tetapi banyak bisnis wisata yang berbentuk learning farm. Salah satunya Learning Farm Ocean Ecopark Ancol Jakarta. Wahana yang lebih menyasar kepada anak-anak dan keluarga ini siap untuk mengedukasi pengunjung untuk mengenal sayuran dan tanaman, bahkan proses tumbuh kembangnya.

Setiap wahana memang dikreasikan dalam bentuk lahan-lahan pertanian yang siap digarap. Seperti dikutip dari kompas.com (23/08/2018), terlihat pula beberapa tanaman telah tumbuh besar menunggu masa panen. Tetapi ada juga yang masih menjadi bibit, terkubur di dalam tanah.

Saat datang ke tempat ini, pengunjung bisa belajar menjadi petani dengan arahan fasilitator. Arahan yang diberikan antara lain tentang pengenalan sayuran dan tanaman, bagaimana cara menanam, pemberian pupuk, perawatan tanaman melalui cara penyiraman hingga masa panen. Selain itu juga dijelaskan tentang pembuatan pupuk kompos yang merupakan pupuk organik yang baik untuk tumbuhan.

[Baca Juga : Banyak Pilihan Wisata Edukasi di Cibubur]

Selain menanam, pengunjung juga dipraktekkan cara membuat telur asin. Setiap pengunjung akan mendapatkan telur bebek yang akan dibuat menjadi telur asin. Telur tersebut akan dibuat secara tradisional agar menjadi telur asin. Proses pembuatan telur asin memang memakan waktu cukup lama. Maka, pengunjung bisa membawa pulang telur yang sedang berproses menjadi telur asin tersebut dan menikmatinya di rumah.

Learning farm ini juga mengenalkan hewan ternak. Ada hewan ternak sungguhan dipelihara menempati kandang berbeda-beda sesuai dengan jenis mereka. Ada ayam, bebek, kelinci, dan kambing. Pengenalan ternak ini tentang bagaimana cara merawat ternak mereka.

Awalnya Padang Golf

Ocean Ecopark berdasarkan situs ecoparkancol.blogspot.com, memiliki luas lahan hampir 34 hektare merupakan kawasan hasil dari alih fungsi Padang Golf Ancol. Lahan ini kini menjadi sebuah sarana rekreasi terbaru yang menawarkan nilai-nilai edukasi atau edutainment dan petualangan dengan pendekatan green lifestyle. Selain itu, tempat ini juga menjadi ruang terbuka bagi pengunjung Ancol untuk mengeksplorasi pengetahuan botani dan rekreasi luar ruang.

Di Ecopark terdapat sekitar 10 ribu pepohonan yang dapat dinikmati pengunjung. Jumlah flora tersebut mencakup berbagai pohon tropis seperti cemara laut, trambesi, mahoni, serta beberapa spesies tanaman langka. Untuk memudahkan pengunjung, setiap tanaman diberikan papan informasi yang memuat nama serta keterangan umum pohon. Ancol Ocean Ecopark dibagi menjadi lima kawasan berbeda. Masing-masing adalah:

  1. Eco-Care; tempat untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan karena kawasan ini dipenuhi oleh berbagai jenis tanaman.
  2. Eco-Nature; memanjakan pengunjung dengan keindahan alam serta kelucuan satwa-satwa jinak.
  3. Eco-Art; pengunjung dapat mengenal lebih dekat seni serta budaya.
  4. Eco-Energy; difokuskan untuk memperkenalkan konservasi energi dan sumber energi terbaru.
  5. Eco-Island; pulau yang sangat eksotis yang dipenuhi berbagai aneka satwa dan dikelilingi oleh danau. Pulau kecil tersebut menjadi tempat tinggal burung pelikan, burung dara, burung kasuari, bebek, rusa, domba, monyet, dan sebagainya.

Ancol Ocean Ecopark merupakan tempat yang cocok untuk melakukan berbagai aktivitas luar ruangan. Taman tersebut dilengkapi dengan dua jalur untuk berkeliling. Jalur pertama dikhususkan untuk pejalan kaki dan jalur jogging. Sedangkan jalur kedua sepanjang dua kilometer merupakan track untuk dilalui kendaraan seperti sepeda, eco track, ATV dan buggy car.

[Baca Juga : Menjelajah Objek Wisata Tangerang Selatan]

Bila ingin berkeliling danau, pengunjung dapat menyewa wahana Family Boat (Kano), yaitu salah satu alat transportasi yang dikhususkan untuk menikmati keindahan danau ecopark. Ecopark di kawasan Ancol itu juga menyediakan fasilitas untuk outbond, ecoboat, dan forest camping. Ada pula arena paintball yang terbagi menjadi beberapa zona hutan. Bila ingin menyaksikan suasana hijau dari ketinggian, Anda bisa mencoba naik Lookout Tower.

Ancol Ocean Ecopark juga mengedukasi pengunjung melalui Fantastique Magic Fountain Show. Night show tersebut memanfaatkan teknologi pertunjukan yang canggih. Latar yang dipakai adalah benteng kerajaan di tengah danau. Sedangkan kisah yang diangkat adalah Timun Mas dan Buto Ijo. Cerita rakyat yang sangat populer di Tanah Air itu dibawakan dengan gaya musical theater berdurasi setengah jam.

Jadi, untuk para orangtua yang masih bingung mengajak anak-anak berwisata, Learning Farm Ecopark Ancol Jakarta bisa jadi pilihan yang tepat. Di sana anak-anak bisa berwisata sambil belajar menjadi petani.

Read More

Artikel Lainnya

Kahitna Rayakan 34 Tahun dengan Pertunjukan Drive-In Konsert.jpg

Hobi dan Hiburan

Kahitna Rayakan 34 Tahun dengan Pertunjukan Drive-In Konser

02 July 2020, 21:00

Kahitna akan menjadi band perdana yang unjuk gigi dalam konser berkonsep drive-in yang menerapkan protokol kesehatan.

imx2020_1.jpg

Hobi dan Hiburan

Pameran Modifikasi IMX 2020 Bakal Digelar Secara Virtual

02 July 2020, 20:00

Konsep hybrid jadi strategi baru bagi gelaran IMX 2020. Meski diadakan secara virtual, pihak penyelenggara optimis bahwa acara ini semakin menarik.

Kunjungi-Boyolali-Mendag-Tinjau-Aktivitas-Perdagangan-Pasar-Rakyat-di-Era-New-Normal.jpg

Berita Kawasan

Menteri Perdagangan Tinjau Kegiatan Perdagangan Pasar Boyolali di Era New Normal

02 July 2020, 19:00

Tetap dibukanya pasar rakyat adalah untuk memenuhi ketersediaan bahan pokok dan barang penting bagi masyarakat.

Candi Prambanan_2.jpg

Berita Kawasan

Pengelola Candi Prambanan dan Ratu Boko Berlakukan Protokol Kesehatan dalam Uji Coba Pembukaan

02 July 2020, 18:00

Uji coba di Candi Prambanan dan Ratu Boko melengkapi uji coba di Candi Borobudur yang telah dilakukan lebih dulu sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.