Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Membuat Agenda Bersama

Pendidikan

Lebih Produktif Ajarkan Anak Ilmu Finansial Selama #DiRumahAja

Memiliki keahlian dalam mengatur keuangan terkadang tidak datang dengan sendiri. Diawali dengan kebiasaan berpikir untuk membangun pola pikir logika yang kritis dan visioner terhadap sesuatu. Dalam konteks edukasi finansial, mungkin Anda menginginkan anak Anda bisa mengatur keuangannya sendiri di masa yang akan mendatang secara mandiri. Berikut beberapa cara kreatif mengajarkan anak Anda cara mengatur keuangan sejak dini.

1) Belajar dengan Bercerita

Belajar tentang finansial tidak selalu harus dengan cara yang kaku seperti membaca buku teori dan semacamnya. Anda bisa awali pembelajaran finansial dengan teknik story literacy. Ajak anak Anda membaca buku bersama lalu jelaskan sedikit tentang poin-poin yang bisa dikaitkan dengan edukasi finansial.

Contoh, ketika Anda membaca buku cerita Charlies Cook Favorite Books, Anda dapat memberikan contoh bagaimana Charlies mendapatkan buku tersebut, apakah harus membayarnya, bagaimana cara dia menabung sehingga bisa membeli suatu barang dan semacamnya.

[Baca Juga: Museum Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Perbankan di Indonesia]

2) Berikan Permainan Edukatif

Sebagian besar anak-anak mungkin tidak akan nyaman untuk menulis tentang tujuan atau konsep keuangan mereka nanti di atas kertas. Dengan demikian Anda harus mencari media lain seperti games yang identik disukai oleh sebagian besar anak-anak. Anda bisa membuat tema-tema games yang bisa dikaitkan dengan edukasi finansial seperti menggambar, menulis cerita hingga tebak-tebakan.

Permainan tersebut dapat Anda masukan poin-poin edukasi seperti games menulis cerita tentang masa depan, memainkan tebak-tebakan yang berkaitan dengan hitungan modal jual beli dan semacamnya.

Ini Cara Ajarkan Anak untuk Hidup Hemat

3) Ajarkan Menabung

Salah satu proses edukasi keuangan yang dapat Anda berikan kepada anak-anak adalah dengan cara nasihat. Nasihat di sini diartikan dalam konteks sebuah obrolan antara orangtua dan anak. Topik obrolan dapat seputar bagaimana cara anak Anda mendapatkan mainan yang ia inginkan dengan cara menabung dari uang jajan harian; cara menghitung perkiraan uang jajan yang sudah dikumpulkan, hingga bagaimana caranya ia mendapatkan uang tambahan. Lakukan obrolan dengan sesederhana dan semudah mungkin agar anak Anda dapat mengerti lebih mudah.

[Baca Juga: Suka Traveling? Ini Caranya Menabung untuk Jalan-jalan]

4) Berikan Pengalaman

Mengajarkan anak Anda tentang edukasi finansial seperti budgeting mungkin tidak akan efektif karena mereka akan cepat bosan atau bahkan tidak mengerti. Salah satu cara efektif ajarkan anak finansial yang pertama adalah berikan mereka pengalaman langsung, contohnya seperti berbelanja. Dalam kegiatan belanja akan ada banyak transaksi pembayaran yang bisa anak Anda saksikan.

Pada saat transaksi berlangsung, ajak anak Anda untuk terlibat di dalamnya seperti menghitung kembalian, jumlah sisa uang belanja hingga budget yang tersisa untuk belanja keperluan lainnya. Bimbing anak Anda dan jelaskan perlahan dengan cara yang paling menyenangkan.

Membimbing anak soal finansial sejak dini merupakan hal yang dirasa cukup penting saat ini. Dimana sudah terbiasa untuk berfikir kritis terhadap kehidupan dimasa mendatang. Yuk Pointers, manfaatkan waktu #DiRumahAja dengan hal-hal yang edukatif bersama anak sambil menunggu pandemi COVID-19 ini mereda.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.