DEPOK-KAWASAN-LEBIH SEHAT DENGAN BERGABUNG DALAM KOMUNITAS SEPEDA GOBER DEPOK-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Lebih Sehat Bersama Komunitas Sepeda Gober Depok

Transportasi online tentunya memudahkan akses berpergian Anda. Bahkan ada beberapa moda transportasi yang tergusur akibat inovasi transportasi ini. Salah satu transportasi yang jarang digunakan adalah sepeda. Kendaraan yang umumnya beroda dua ini rupanya kalah popular jika dibandingkan dengan sepeda motor. Walaupun begitu, beberapa masyarakat masih ada yang gemar menggunakan sepada dengan berbagai alasan. Mereka membentuk sebuah komunitas untuk berbagi informasi atau hanya sekedar menyambung silahturahmi. Salah satu komunitas para pengguna sepeda adalah Gober (Gowes Bersama) Depok, Jawa Barat.

Komunitas pesepeda asal Depok ini didirikan pada April 2012 oleh enam orang, yaitu Idris Harun, Yanno Chodex, Tony Yulianto, Virdis Hidayat, Khairudin, dan Antoni Kirana. Dilansir dari topskor.id (7/11/2018), komunitas ini terbentuk karena awalnya mengikuti Fun Bike di kampus ISTN (Institut Sains dan Teknologi Nasional). Dari pertemuan itulah keenam orang tersebut membentuk komunitas. Diharapkan dengan membentuk komunitas, akan lebih banyak orang yang bergabung bersepeda dengan mereka.

[Baca Juga: Tol Cinere Jagorawi Tingkatkan Investasi Kota Depok]

Pemilihan nama Gober (Gowes Bersama) tercetus oleh Antoni Kirana, salah satu pendiri Gober Depok. Kini, anggota Gober Depok semakin bertambah, total anggota Gober Depok pada tahun 2017 mencapai 100 orang. Para anggota juga menggunakan jenis sepeda yang beragam, ada yang memiliki BMX, Fixie, MTB, Federal, dan Sepeda Lipat.

Komunitas Sepeda Gober Depok

Aktivitas rutin yang dilakukan Gober Depok salah satunya adalah bersepeda bersama tiap pekan. Ada dua tipe aktivitas yang dilakukan Gober Depok, yaitu Godek (Gowes Dekat) dan Gojay (Gowes Jauh). Rute yang dilewati Gober Depok untuk kategori Godek adalah kawasan Depok, misalnya daerah setu dan tujuh tanjakan setan. Sedangkan untuk rute jauh atau Gojay, Gober Depok biasanya bersepeda hingga Sentul, Bogor atau mengikuti event yang ada diluar kota, misalnya acara yang baru-baru ini diikuti oleh Gober Depok, yaitu event touring Jawa Barat mengelilngi Pangandaran, Subang, dan Badui.

Bukan hanya aktif bersepeda, Gober Depok juga turut aktif melaksanakan acara sendiri maupun acara kolaborasi. Tiap tahun Gober Depok rutin memperingati hari jadi komunitasnya. Biasanya pada hari jadi ini, Gober Depok mengundang komunitas sepeda lain dari Jabodetabek dengan total pengunjung kurang lebih 600 peserta.

[Baca Juga: Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau]

Gober Depok juga pernah berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Depok untuk menggelar Tour de Setu Depok. Acara ini dilaksanakan pada Agustus lalu dengan melibatkan lebih dari 1.000 orang pesepeda di Depok dan sekitarnya. Dikutip dari sportku.com, tour ini dimulai dari kantor Walikota Depok, Jawa Barat dan melewati tiga setu yaitu Setu Rawa Besar (Lio), Setu Pengasinan, dan Setu Sawangan.


Read More

Artikel Lainnya

Tiramisusu.jpg

Kuliner

Tiramisusu, Oleh-Oleh Viral Khas Bandung

16 April 2021, 18:01

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang saat ini tengah viral adalah Tiramisusu. Tiramisusu merupakan produk terbaru dari Chocomory besutan Cimory. Tak kalah lezat dengan Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.


Comments


Please Login to leave a comment.