ads
SERPONG_KESEHATAN_LEBIH SEHAT DENGAN MAKANAN BEBAS GLUTEN DI BSD SERPONG_OCI_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Lebih Sehat dengan Makanan Bebas Gluten di BSD Serpong

Makanan bebas gluten mulai dicari karena manfaatnya bagi kesehatan. Anak-anak berkebutuhan khusus pun bisa berkembang lebih baik ketika mengonsumsi makanan bebas gluten. Bagi warga Tangerang, kini tidak perlu lagi jauh-jauh mencari makanan bebas gluten, Griya Roti-Kue Sehat Arum Ayu di BSD Serpong pun menyediakannya.

Gluten adalah protein yang terkandung dalam serealia, terutama gandum. Makanan bebas Gluten penting bagi penderita penyakit celiac, sensitif terhadap gluten, dan anak-anak dengan kebutuhan khusus. Penderita penyakit celiac memiliki respon sistem kekebalan tubuh berupa inflamasi terhadap gluten yang dapat merusak vili usus kecil, mencegah penyerapan zat makanan, menyebabkan gangguan pencernaan, dan kemungkinan mengalami kekurangan gizi serta masalah kesehatan jangka panjang. Kasus penyakit celiac telah meningkat secara drastis dalam beberapa dekade. Orang dengan diagnosis sensitif terhadap gluten juga jumlahnya semakin meningkat. Akibatnya, produk bebas gluten dan menu menjadi lebih mudah ditemui.

[Baca Juga : 5 Tempat Makan di Kemang yang Menyediakan Makanan Sehat]

Dengan mengonsumsi makanan bebas gluten, orang dapat mengurangi gejala penyakit celiac, biasanya dalam beberapa bulan, dan membantu mencegah kerusakan jangka panjang serta mengurangi risiko kanker dan kematian. Makanan ini juga dapat menghilangkan berbagai gejala dan dapat mencegah kerusakan jangka panjang bagi penderita sensitivitas gluten. Makanan bebas gluten juga baik dikonsumsi oleh orang dengan kondisi yang disebut sensitivitas gluten. Kondisi ini tidak menyebabkan peradangan usus. Namun, ketika orang dengan kondisi ini makan gluten, mereka akan mengalami kram perut, diare, atau perut kembung.

Meski demikian, makanan bebas gluten dapat memberikan manfaat bagi orang-orang tanpa penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Menghindari pasta atau roti putih dari makanan keseharian Anda dapat membantu mengurangi jumlah pengawet buatan dan karbohidrat olahan masuk ke dalam tubuh. Diet bebas gluten biasanya memperbanyak asupan buah-buahan, sayuran dan makanan bebas gluten lain seperti susu rendah lemak dan sumber protein lain yang mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Kue Sehat Arum Ayu

Gerai Roti Arum Ayu terletak di Jl. Sumatra Blok G1 No. 36 Nusa Loka, BSD, Tangerang Selatan. Awalnya, pemilik toko ini lebih bertujuan mempromosikan umbi-umbian lokal sebagai bahan pangan. Berbagai jenis umbi-umbian tersebut dapat digunakan sebagai bahan pengganti tepung terigu. Berbagai jenis makanan hasil olahan dengan bahan dasar umbi-umbian lokal ini tak kalah lezat dari aneka makanan berbahan tepung terigu. Karena semua produknya tidak ada yang dibuat dari tepung terigu, artinya semua bebas gluten.

[Baca Juga : Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

Pada tahap awal Arum Ayu masih mengembangkan tepung-tepung non terigu sehingga masih ada produk yang menggunakan terigu. Sejak 2005 fokus ke penggunaan tepung non terigu. Sejak itu pula mereka menghindari penggunaan makanan buatan. Mengingat pewarna alami bisa rusak dalam proses memanggang makanan, jadi produk Arum Ayu banyak yang dikukus. Salah satunya Rainbow Cake Kukus.

Produk andalan Arum Ayu ada dua Soes Kering dan Cinnamon Cookies yang terbuat dari tepung singkong. Selain tepung singkong, mereka juga berkomitmen menggunakan tepung lokal seperti tepung umbi garut, tepung umbi ganyong, tepung ubi jalar, tepung pisang, tepung talas, dan tepung sukun. Arum Ayu tidak hanya melayani pembelian di BSD Serpong tapi juga menerima pesanan catering untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads