veganOK3.jpg

Bisnis

Lebih Sehat dengan Pola Makan Vegan, Gemintang Dirikan Plant Dish

Pandemi COVID-19 nampaknya membawa masyarakat sadar akan pentingnya pola hidup sehat. Konsumsi kebutuhan kesehatan dilaporkan meningkat selama pandemi ini diantaranya konsumsi produk sanitasi, konsumsi multivitamin dan kebutuhan olahraga. Sebagian masyarakat mulai menerapkan pola hidup sehat selama masa pandemi dengan menjaga pola makan. Salah satu pola makan sehat yang bisa diterapkan adalah vegan dan vegetarian yang menjadi alternatif dalam menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Pada dasarnya, vegan adalah pola makan dengan cara menghindari daging beserta turunannya. Pelaku pola makan vegan ini memiliki alternatif pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Pola makan vegan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Selain itu, jenis pola makan berbasis sumber protein nabati juga membantu menstabilkan kadar gula dan tekanan darah sehingga masuk ke dalam taraf sehat.

plant dishOK.jpg

Demi mendukung pola makan vegan ini, beberapa orang membuka usaha kuliner untuk memenuhi permintaan para pelaku vegan. Adalah Gemintang Dhewandrie, seorang perempuan muda asal Kota Semarang menawarkan santapan bagi pelaku pola makan vegan yang lebih dikenal dengan istilah vega. Ia seolah membuka pangsa pasar baru di dunia kuliner melalui beragam masakan tanpa penggunaan daging sama sekali.

[Baca Juga: Dukung Gaya Hidup Vegan, FIT Gourmet Hadirkan Menu Khusus]

Usaha ini dilatar belakangi pengalaman pribadinya, Gemintang mengakui bahwa dirinya dahulu sering sakit. Kemudian ia mencoba merubah pola makannya dengan menyantap makanan yang terbuat dari bahan nabati tanpa kandungan daging. Percobaannya tersebut ternyata berdampak baik bagi tubuhnya dan ia mulai beradaptasi dengan pola makan ini hingga penyakitnya berangsur menghilang.

Perubahan pola makan yang dilakukannya tak lepas dari pengaruh sebuah film dokumenter yang mengubah hidupnya dan membuatnya yakin untuk menerapkan pola makan vegan pada dirinya sendiri. “Jadi sebelumnya saya agak gampang capek, pusing, meriang dan alergi susu. Tidak sengaja saya nonton film dokumenter tentang vegan judulnya ‘The Game Changer’. Saya bisa menyimpulkan orang beralih ke vegan lebih sehat dan menjadi produktif,” ujar Gemintang dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (21/7/2021).

Gemintang menceritakan bahwa tak mudah menjadi seseorang yang memiliki pola makan berbeda di keluarganya, namun toleransi akan perbedaan tersebut berangsur-angsur tumbuh dalam keluarganya. “Hanya saya yang vegan. Emang cukup sulit karena sehari-hari sudah ketergantungan pada protein dari hewani. Sementara vegan makannya tahu, tempe kalau nggak jamur. Tapi saya merasa lebih enak di badan, jarang pusing dan gatal-gatal hilang,” terang Gemintang.

veganOK2.jpg

Dengan alasan itulah, ia akhirnya memberanikan diri untuk mendirikan usaha kuliner berbasis tanaman yang diberi nama Plant Dish pada bulan Februari 2021 lalu. Berlokasi di sudut restoran Jalan Ahmad Yani, Kota Semarang, hingga kini usahanya telah berjalan selama lima bulan. “Pertamanya saya jualan dua minggu sekali di bazaar restoran Eastmen Coffee House. Banyak peminatnya, ada repurchase datang lagi membeli, lalu saya nambah menu baru lagi,” ungkap Gemintang.

[Baca Juga: Berapa Kalori dalam 3 Minuman Vegan, Susu Nabati Baru di Starbucks?]

Alumnus Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini mengatakan bahwa beberapa pelanggannya memiliki latar belakang yang beragam ketika memutuskan menjalankan pola makan vegan. Ada yang murni beralih menjadi vegan karena keinginan pribadi, karena alasan kesehatan atau karena alasan pecinta hewan. Namun tak semua pelanggannya bisa beralih menjadi seorang vegan secara total. Perempuan berusia 24 tahun ini menyarankan agar pelanggannya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengubah pola makan normal menjadi vegan agar gizinya terpenuhi.

Agar makanan yang dijual menarik dan tidak terlalu tampak seperti tanaman, Gemintang menyerupakan menunya seperti olahan daging. Harga yang ditawarkan masih ramah di kantong antara Rp20.000 hingga Rp65.000 saja. Selain makanan siap santap, Gemintang juga menyediakan olahan vegan frozen food untuk dibawa keluar kota. “Mulai dari vegan bakmi, dan vegan nasi campur Rp20.000, vegan ayam woku Rp40.000 untuk tiap 300 gram, dan, Rp65.000 untuk vegan rendang per 400 gram,” ujarnya.


Read More

Plant Dish

Menjual Menu Vegan

None
None

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.