Lengkap dengan QRIS, Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Digital Perdana di Yogya.jpg

Bisnis

Lengkap dengan QRIS, Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Digital Perdana di Yogya

Pada akhir tahun 2020, Pasar Prawirotaman telah diresmikan usah rampung direvitalisasi sehingga lebih terlihat modern dengan “wajah baru”. Melalui proyek yang menelan anggaran hingga Rp67,7 miliar itu, Pasar Prawirotaman saat ini memiliki empat lantai dengan lantai satu hingga tiga merupakan pusat jual-beli pasar rakyat dan lantai empat khusus untuk hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi kreatif seperi co-working space hingga studio musik. Menariknya, Pasar Prawirotaman memang diarahkan agar modern tak hanya dari sisi bangunannya saja tapi juga hingga sistem pembayarannya yang sudah menerapkan QRIS.

Sekadar informasi, QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standard yang biasanya berupa kode QR yang merupakan penyatuan dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran atau PJSP di Tanah Air. Untuk menggunakannya, Anda cukup memindai kode QR tersebut sehingga bersifat sangat minim kontak antara Anda serta penjual.

Lengkap dengan QRIS, Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Digital Perdana di Y ogya.jpg

Didorongnya Pasar Prawirotaman menjadi pasar digital pertama yang ada di wilayah Kota Yogyakarta tak terlepas dari kemudahan transaksi melalui QRIS. Pasalnya di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, transaksi dengan QRIS mengurangi kontak antara penjual di pasar dengan pembeli. Bahkan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sendiri memandang transaksi secara digital merupakan perspektif terhadap perkembangan di masa depan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan terdapat potensi ekonomi dengan menerapkan konsep pasar digital di Pasar Prawirotaman apalagi letak pasar ini berdekatan dengan area kampung turis setempat. “Adanya potensi ekonomi kreatif dan peluang dari wisatawan asing ini perlu dihubungkan dalam sebuah pasar digital,” ungkapnya dalam talk show online bertajuk Mewujudkan Pasar Prawirotaman sebagai Pasar Digital Pertama di DIY, sebagaimana dikutip dari warta.jogjakota.go.id (17/2/2021).

[Baca Juga: Wali Kota Yogyakarta Tinjau Revitalisasi Pasar Prawirotaman yang Hampir Rampung]

Kehadiran QRIS dan menjadikan Pasar Prawirotaman disinyalir juga untuk memberikan keleluasaan bagi orang-orang yang masuk kategori digital nomad yang tinggal di sekitar Pasar Prawirotaman. Apalagi lantai empat dari pasar ini sudah menyediakan ruang rapat, co-working space sampai ruangan podcast yang cocok untuk para pembuat konten yang memang tak memiliki kantor tapi tetap ingin berkarya.

Dari sisi para pedagang, tentu saja tak dipungkiri transisi dari transaksi konvensional ke digital melalui QRIS bukanlah perihal yang mudah, khususnya dari sisi kepercayaan apakah uang yang dibayarkan memang masuk ke rekening mereka atau tidak. Pemkot Yogyakarta sendiri sudah meyakinkan kepada para pedagang di Pasar Prawirotaman untuk tidak khawatir, karena mereka siap untuk mengakomodir hal tersebut.

“Jika ragu dalam bertransaksi apakah pembayaran sudah masuk rekening atau belum, maka pedagang bisa ke kantor kas BPD DY di Pasar Prariwotaman untuk mencetak transaksi tersebut,” imbuh Pimpinan Cabang BPD Cabang Senopati Sumarno.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kalina 5 days, 11 hours lalu
    kalina

    QQHarian Games Best Online Transaksi Gak Pake Lama. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Yukkk Gabung & DAPATKAN BONUS 100% DIBERIKAN DI DEPAN FULL. Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : => ( <a href="http://45.141.59.177/" title="Situs Resmi QQHarian" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> ) :v ==> https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) ===> http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )