Lenovo Hadirkan Dua Produk Desktop Mini untuk Tunjang Industri 4.0

Bisnis

Lenovo Hadirkan 2 Desktop Mini untuk Tunjang Industri 4.0

Dalam industri 4.0, perangkat komputer menjadi elemen penting dalam menunjang produktivitas. Namun untuk memaksimalkan ruang yang ada, banyak pihak yang menginginkan perangkat komputer mereka memiliki ukuran yang tidak banyak memakan tempat tapi tetap memiliki performa yang dapat mengimbangi beban kerja. Lenovo pun menjawabnya dengan menghadirkan dua desktop berukuran kecil dengan salah satunya yang difokuskan untuk Internet of things (IoT) atau internet untuk segala.

Produk terbaru dari Lenovo ini masuk dalam kategori ThinkCentre yang sudah berevolusi beberapa kali. Dengan perusahaan teknologi itu mengklaim perubahan yang terjadi di ThinkCentre dari segi ukuran serta hardware telah disesuaikan dengan pain point dari konsumen yang fokus kepada para pelaku bisnis. Dengan berpandangan terhadap industri 4.0 serta efisiensi, Lenovo pun menghadirkan ThinkCenter M90n-1 Nano dan ThinkCenter M90n-1 Nano IoT.

Lenovo Hadirkan Dua Produk Desktop Mini untuk Tunjang Industri 4.0

ThinkCenter M90n-1 Nano disebut sebagai desktop komersial terkecil di dunia dengan ukuran panjang yang tidak lebih dari 18 cm dan lebar 8 cm. Dari segi bobot, desktop ini memiliki berat 505 gram yang disebut pihak Lenovo agar penggunanya dapat dengan mudah memindahkan desktop itu yang bahkan bobotnya jauh lebih ringan dibandingan laptop pada umumnya.

In term of performance, pada dasarnya ThinkCenter M90n-1 Nano itu kita menggunakan Intel Generasi ke-8 dengan maksimum Core i7. Jadi ada tiga kategori CPU yang kita offering, yaitu i3, i5, dan i7. Maksimum memori (RAM) adalah 16 gigabyte. Kemudian kita support storage sampai maksimal 1 terabyte dengan kombinasi dua kali 512 gigabyte SSD. Operating system yang kita support adalah Windows 10,” ungkap Presale Manager Lenovo Indonesia Azis Wonosari di Media Launch ThinkCenter M90n-1 Seri Nano di Setiabudi 2 Building, Jalan HR Rasuna Said No Kav 62, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (14/11/2019).

[Baca Juga: Teknologi IoT Mudahkan Kontrol Tanaman di Balkot Farm]

Dengan ukuran yang super kecil ini, pihak Lenovo mengklaim berhasil membuat efisiensi energi yang lebih baik dibandingkan desktop komersial lainnya. Bahkan setelah diadu dengan ThinkCentre Tiny dengan desktop jenis tower berukuran mini, ThinkCenter M90n-1 Nano berhasil menghemat energi sekitar 30 persen.

Selain itu, menariknya adalah slot input/output dari desktop ini menggunakan port USB tipe C yang disebut bisa digunakan mengisi daya komputer serta untuk dihubungkan dengan monitor yang sudah memiliki konektor tipe C. Sehingga port ini disebut dapat digunakan untuk mengganti kabel video seperti HDMI atau DVI dengan daya untuk menyalakan ThinkCenter M90n-1 Nano diambil dari monitor.

Produk kedua yang diluncurkan hari ini adalah ThinkCenter M90n-1 Nano IoT yang ditujukan sebagai produk penunjang penggunaan IoT di perusahaan ritel, kesehatan atau pabrik manufaktur. Di mana perangkat ini tidak memiliki kipas pendingin dan memanfaatkan teknologi heat sink untuk mengeluarkan panas yang ditimbulkan dari dalam perangkat ini.

[Baca Juga: Taksi Berbasis IoT Hasil Kolaborasi Telkomsel dan Bluebird]

Cara kerja ThinkCenter M90n-1 Nano IoT adalah menghubungkan perangkat di perusahaan atau pabrik yang sudah menerapkan metode industri 4.0, seperti sensor dan kinerja mesin, dan memindahkan big data-nya secara aman dengan teknologi yang tersematkan di dalam desktop ini ke cloud untuk analisa serta manajemen data. Dari sini pihak perusahaan atau penanggung jawab manajemen data bisa melihat apakah mesin-mesin di pabrik berjalan dengan normal, apakah perlu perawatan atau mengalami kepanasan terhadap salah satu komponennya.

Saat ini kedua produk desktop kecil ini sudah tersedia di pasaran. Lantas berapa harganya? Pihak Lenovo menyatakan ThinkCenter M90n-1 Nano serta ThinkCenter M90n-1 Nano IoT dibanderol dari mulai harga USD639 (sekitar Rp9.003.510) dan USD539 (sekitar Rp7.594.510).


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.