Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

Makanan tradisional khas Betawi bagi generasi muda di Ibu Kota saat ini memang tidak sepopuler makanan modern yang kebanyakan datang dari luar negeri. Tapi hal ini tak membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta sejumlah pegiat kuliner untuk berupaya melestarikannya bahkan memperkenalkan sekaligus mengajak masyarakat untuk mengolahnya sendiri di rumah. Apalagi beberapa masakah tradisional Betawi saat ini telah masuk daftar warisan tak benda Indonesia. Dari inilah mengapa istri Gubernur DKI Jakarta, Fery Farhati, istri mantan Sekda DKI Jakarta (2014-2020) Rusmiatu, dan Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia berkolaborasi dalam menyusun buku berjudul Dandang Betawi.

Seperti judul dari buku yang diluncurkan pada pekan lalu itu, Dandang Betawi berisikan berbagai resep-resep kuliner khas Betawi, dari mulai yang dipandang mudah diracik, lalu yang masuk kategori warisan tak benda, hingga yang dianggap sebagai resep yang langka sehingga sulit ditemukan bahan-bahannya. Setiap resep yang ditorehkan di buku ini disebut hasil wawancara mendalam sekaligus riset panjang mengenai pengetahuan kuliner Betawi.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betaw i.jpg

Salah satu penggagas Dandang Betawi adalah Fery Farhati yang saat dirinya mencetuskan ide pembuatan buku resep ini, karena menyimpan harapan terkait budaya kuliner Betawi. Di mana ia ingin masyarakat Jakarta bisa seperti tempo dulu yang menyajikan makanan khas Betawi di meja makan. Selain itu, ia menginginkan buku dapat menjadi bagian referensi pendidikan kuliner SMK di Ibu Kota terkait cara menyajikan masakan khas Betawi. Apalagi di buku ini juga dipaparkan bagaimana kekayaan kuliner Betawi yang berbeda metode pengolahannya di setiap daerahnya dari Utara hingga ke Selatan.

“Alhamdulillah, sebuah perjalanan yang panjang bisa sampai di hari ini. Masih terasa prosesnya saat awal menggagas ide, riset sambil mencicipi hidangan Betawi yang otentik hingga ke ujung pesisir Jakarta, berdiskusi soal desain, penulisan dan penyusunan, hingga akhirnya sampai di hari ini. Dalam penyusunan buku kita akan menyadari bahwa asal muasal makanan, hingga kondisi geografis Jakarta ternyata berpengaruh terhadap kebiasaan masyarakat dalam mengolah makanan," ujar Ketua TP PKK DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (30/9/2022).

[Baca Juga: Oblok Nila, Kuliner Khas Betawi yang Popularitasnya Tergerus Zaman]

Selain Fery, ada juga istri Almarhum Saefulla, yakni Rusmiati. Ia digandeng karena pengetahuannya terhadap kuliner Betawi khususnya dari sisi pesisir utara Ibu Kota apalagi Rusmiati juga warga Betawi asli yang memang semasa kecilnya akrab dengan berbagai menu asli Betawi. Sedangkan dari sisi penulis yang mampu merancang resep dengan detail sekaligus mencoba mengolahnya, Chef Ragil dari Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia diikutsertakan dalam proses perancangan Dandang Betawi.

Anies yang turut hadir dalam peluncuran buku tersebut pada 30 September 2022 di Half Patiunus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu juga menyambut kehadiran Dandang Betawi sebagai media edukasi mengenai kuliner Betawi. “Seringkali kita yang di Jakarta ini, kalau ditanya apa masakan Betawi? Keluarnya (dalam pikiran) itu-itu aja, soto Betawi, nasi uduk, dan lain-lain. Apa itu itu saja? Jadi variasi lain begitu banyak yang tidak muncul. Sekarang ada Dandang Betawi. Mudah-mudahan makin banyak dari kita bisa memproduksi masakan khas Betawi,” tambah Anies.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.