Lestasikan Oblok Bebek, Pemkot Jakarta Utara Gelar Festival Kuliner

Kuliner

Lestarikan Oblok Bebek, Pemkot Jakarta Utara Gelar Festival Kuliner

Setiap wilayah di Ibu Kota memiliki caranya masing-masing untuk terus mempromosikan budaya Betawi agar tidak tergerus zaman. Salah satu caranya adalah dengan menggelar festival atau acara khusus. Hal inilah yang dipilih Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara dalam proses melestarikan makanan oblok bebek sekaligus untuk mengenalkannya lagi kepada publik melalui Festival Kuliner Betawi 2019.

Acara kuliner tersebut digelar pada 28 Juli 2019 di Jakarta Islamic Center, Jalan Kramat Jaya Raya, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) menyatakan, ini merupakan festival tahunan yang bertujuan memasyarakatkan, memperkenalkan, mengembangkan sekaligus melestarikan kuliner Betawi yang menjadi khas Jakarta Utara.

Lestarikan Oblok Bebek, Pemkot Jakarta Utara Gelar Festival Kuliner

Menariknya untuk Festival Kuliner Betawi tahun ini, Pemkot Jakarta Utara memilih oblok bebek sebagai makanan yang menjadi sorotan utama dan dijadikan sebagai lomba pada event ini. Sebagaimana dilansir dari utara.jakarta.go.id (29/7/2019), Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara Rus Suharto menyebutkan, pemilihan oblok bebek telah melalui diskusi dengan Badan Masyawarah (Bamus) Betawi.

“Intinya lomba masak oblok bebek yang diikuti anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), dan sanggar binaan Bamus Betawi Jakarta Utara,” jelas Rus Suharto. Para peserta lomba akan dibagi menjadi 18 grup yang masing-masing beranggotakan tiga orang dan akan dinilai oleh tim dewan juri yang berisi tokoh Betawi hingga koki profesional.

[Baca Juga: Merawat Budaya Kuliner Betawi dengan Berjualan Bir Pletok]

Hadiah dari lomba ini juga terbilang menarik, yaitu mendapatkan uang untuk pembinaan serta pengembangan usaha kuliner. Sebagaimana dikutip dari wartakota.tribunnews.com (29/7/2019), salah satu peserta lomba yang berasal dari PKK Kecamatan Penjaringan mengaku, membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengolah oblok bebek. Ia memanfaatkan panci masak presto untuk membuat daging bebek terasa lebih empuk.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Bamus Betawi Jakarta Utara M. Ichwan Ridwan menjelaskan, festival ini merupakan kali pertamanya diadakan dengan tema oblok bebek. Ia memberikan respons positif atas Festival Kuliner Betawi 2019, mengingat oblok bebek merupakan warisan kuliner Betawi yang memang perlu dilestarikan.

[Baca Juga: Kenali Lebih Jauh Makanan Khas Betawi Tape Uli]

M. Ichwan menyampaikan harapannya agar dengan acara ini muncul keuntungan ekonomi untuk warga Jakarta Utara. Dengan Festival Kuliner Betawi 2019, ia memandang ada potensi pengembangan ekonomi dalam penjualan oblok bebek yang dijajakan warga setempat.

Read More

Artikel Lainnya

Penuhi Gizi Seimbang, Rocyo Luncurkan Program Nutrimenu

Bisnis

Penuhi Gizi Seimbang, Rocyo Luncurkan Program Nutrimenu

28 January 2020, 18:00

Kehadiran program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ diharapkan dapat membantu dan menginspirasi para Ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang.

Strategi Bisnis Avrist Assurance 2020 Fokus pada Milenial dan Gen Z

Bisnis

Strategi Bisnis Avrist Assurance 2020 Fokus pada Milenial dan Gen Z

28 January 2020, 17:00

Memasuki Januari 2020, perusahaan Avrist Assurance memaparkan strategi bisnisnya untuk tahun 2020 yang akan fokus pada generasi milenial dan gen Z.

Mothern Luncurkan Single Cascade, Hasil Kolaborasi Impian

Berita Kawasan

Mothern Luncurkan Single Cascade, Hasil Kolaborasi Impian

28 January 2020, 16:00

Cascade merupakan sebuah lagu yang bercerita tentang kesehatan mental seseorang dalam peperangan melawan dirinya sendiri.

Film Perempuan Tanah Jahanam Tayang di Sundance Film Festival 2020

Berita Kawasan

Sambutan Meriah Perempuan Tanah Jahanam di Sundance Film Festival 2020

28 January 2020, 15:00

Dalam artikel berjudul Our 8 Most Anticipated Movies At Sundance 2020, film Perempuan Tanah Jahanam pun direkomendasikan sebagai film wajib tonton dalam ajang festival film bergengsi itu.


Comments


Please Login to leave a comment.