Lestarikan Tradisi Palang Pintu, Pemkot Jaksel Adakan Lomba Pantun

Pendidikan

Lestarikan Tradisi Palang Pintu, Dinkes Jakarta Adakan Lomba Pantun

Palang pintu itu sendiri memiliki arti sebagai tradisi untuk membuka penghalang yang diwakili seseorang atau lebih agar dapat masuk ke suatu daerah. Tradisi ini biasanya dipakai pada acara pernikahan atau acara biasa untuk menyambut tamu khusus. Tradisi Palang Pintu merupakan bagian dari kesenian Betawi yang disisipi pantun.

Agar tradisi palang pintu ini tidak dilupakan masyarakat terutama anak-anak yang belum sepenuhnya sadar tradisi ini adalah bagian dari kesenian Betawi. Maka, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Lomba Pantun Palang Pintu di La Piazza Gandaria City Mall, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada 25 Juli 2019.

[Baca Juga: Kesenian Betawi Meriahkan Liburan di Setu Babakan]

Lomba pantun ini merupakan rangkaian dari kemeriahan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2019 lalu. Sebelumnya, sudah ada ragam kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak, seperti seminar ilmiah, lomba foto serta penilaian puskesmas ramah anak. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti berharap melalui HAN ini dapat meningkatkan deteksi dan penatalaksanaan terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia 0-18 tahun secara rutin dan benar.

Sementara itu melansir laman selatan.jakarta.go.id (26/07/2019), Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memberikan apresiasi terhadap Lomba Pantun Palang Pintu. Hal itu disampaikan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, usai memberikan sambutan dalam kegiatan yang diikuti 10 peserta lomba pantun dari seluruh wilayah se-Provinsi DKI Jakarta.

[Baca Juga: Sanggar Betawi Nagasari Bukti Kesenian Betawi Masih Ada]

Menurut Munjirin, lomba tersebut sangat baik untuk menumbuhkembangkan kreatifitas anak. Pasalnya, dalam lomba pantun tersebut akan disisipkan pesan-pesan khusus terkait dengan kesehatan anak. "Lomba pantun itu kan disisipin dengan pesan-pesan khusus untuk perkembangan anak. Sosialisasinya lewat pantun itu, karena pantun itu kan merupakan kesenian Betawi jadi lewat itu lebih kena (pesan bidang kesehatan)," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.