Lewat Lagu, Cara Seniman Singapura Dukung Dunia Melawan Pandemi

Hobi dan Hiburan

Lewat Lagu, Cara Seniman Singapura Dukung Dunia Melawan Pandemi

Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia berimbas pada keberlangsungan hidup masyarakat. Pasalnya selain mengancam kesehatan, penyakit yang disebabkan oleh Virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona baru ini berdampak pula pada kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat.

Hal ini yang melatarbelakangi Singapore International Foundation (SIF) untuk membuat proyek bersama musisi lokal di Singapura. Melalui proyek Gift a Song, SIF bersama para musisi lokal di Singapura mempersembahkan lagu kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, termasuk mereka yang membutuhkan dukungan selama masa karantina.

Proyek ini sekaligus menjadi cara SIF untuk memberi dukungan kepada komunitas seni lokal di Singapura di masa pandemi COVID-19. Menurut Executive Director SIF, Jean Tan, musik dapat menghangatkan hati dan memulihkan jiwa seseorang.

Lewat Lagu, Cara Seniman Singapura Dukung Dunia Melawan Pandemi

“Kita dapat menyebarkan pesan positif dan solidaritas, bahkan di saat kita sedang memerangi pandemi. Sungguh menggembirakan melihat orang Singapura dan komunitas dunia bersatu untuk saling memberi semangat melalui Gift A Song Project. Proyek ini juga memungkinkan SIF untuk mendukung komunitas seni lokal kami di masa-masa sulit ini,” kata Jean Tan, dalam siaran pers yang diterima PingPoint (2/6/2020).

Senada dengan Jean, seniman Singapura Clement Chow mengatakan, musik dapat menjadi jalan keluar bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri. Melalui musik pula masyarakat dapat terhubung kembali dengan orang-orang yang dicintai, terutama di tengah penerapan social distancing.

[Baca Juga: Kini Seniman Berkreasi & Bercerita via Daring, Catat Jadwal Gelarannya!]

"Saya berbesar hati dengan dedikasi yang telah datang dan tanggapan positif yang dikumpulkan secara online untuk mendukung proyek ini dan Masyarakat,” katanya.

Salah satu seniman Indonesia di Singapura, Lisa Haryono turut berpartisipasi dalam proyek ini. Dengan menyanyikan lagu “Ku Bahagia”, Lisa berbagi keceriaan kepada teman-teman di Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari inisiatif Gift A Song yang bermakna dan menyatukan para musisi di Singapura. Saya berharap lagu-lagu ini akan menghangatkan hati orang yang lelah dan mengumpulkan semua orang untuk bersatu dan memerangi virus,” ungkapnya.

Lewat Lagu, Cara Seniman Singapura Dukung Dunia Melawan Pandemi

Diketahui, dokter perawatan paliatif, Dr Venita Eng, dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) telah meminta lagu “Ku Bahagia”. Lagu ini didedikasikan untuk teman-teman dan rekan sekelasnya dari sekolah kedokteran, yang kini tengah berada di garis depan untuk melawan pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Saya berterima kasih atas kesempatan berharga dari para musisi di Singapura yang mengirimkan ucapan selamat kepada teman-teman saya, terutama ketika saya sulit untuk bertemu dengan mereka secara pribadi. Saya harap lagu yang yang dinyanyikan dengan indah di proyek ini berhasil menghibur mereka di masa yang penuh tantangan ini,” ucapnya.

[Baca Juga: Seniman Semarang Tampil Daring Lewat Panggung Kahanan]

Sebagai informasi, proyek ini Dipimpin oleh veteran musik lokal di Singapura dan Citizen Ambassador SIF Clement Chow. Proyek ini telah mengumpulkan 15 musisi lokal di Singapura untuk bernyanyi dan merekam lagu-lagu yang diinginkan oleh masyarakat dari rumah mereka.

Para artis yang ikut berpartisipasi diantaranya yaitu Alemay Fernandez, Alexandra Hsieh, Benjamin Chow, Beverly Morata Graffon, Christiane Mikaela, Izat Ibrahim, Jordin Tan, Kexin Tay, Lisa Haryono, Mathilda D'Silva, Michelle Poh, Ribka Sangeetha Dorai, Syah Riszuan dan Wayne Sandosham.

Pada fase kedua proyek ini, setiap anggota masyarakat didorong untuk mengirimkan lagu dedikasi mereka melalui laman resminya. Periode ini berlangsung mulai dari tanggal 26 Mei 2020. Masyarakat bisa mengirim kepada seseorang yang mereka kenal, baik di Singapura maupun di luar negeri.

Proyek ini pun diharapkan dapat membangkitkan keterlibatan masyarakat dengan memanfaatkan kekuatan seni untuk perubahan sosial yang positif. Utamanya untuk membantu ekonomi dan mendorong masyarakat yang inklusif.

Read More

Artikel Lainnya

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Pendidikan

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

09 July 2020, 11:45

Anak berkebutuhan khusus akan sangat membutuhkan bimbingan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Bimbingan ini juga berbeda dengan yang biasa dilakukan sebelum virus corona menyebar.

Terus Berusaha Ingatkan Warga Gunakan Masker, Wali Kota Risma Blusukan.jpg

Berita Kawasan

Terus Berusaha Ingatkan Warga Gunakan Masker, Wali Kota Risma Blusukan

09 July 2020, 11:00

Wali Kota Risma pada pekan ini blusukan di salah satu area Kota Surabaya dengan penyebaran COVID-19 tinggi demi ingatkan warga mengenai penggunaan masker.

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slots online aja. Bisa cari atau search di google QQHARIAN. Yang dimana menyediakan Berbagai Hadiah yg Wow guys. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHarian serta ambil bonusnya sekarang juga.