LH Jakbar Luncurkan Barcode Sedekah Masjid

Berita Kawasan

LH Jakbar Luncurkan Barcode Sedekah Masjid

Di era digital, semuanya serba mudah dan cepat. Bahkan untuk beramal saja tak repot seperti dulu. Bahkan sekarang sudah abnyak tersedia beberapa pilihan atau lembaga yang menyediakan amal digital. Tak mau kalah, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat mengikuti era digital dengan meluncurkan program barcode sedekah Masjid.

Sudin LH Jakbar (14/5/2019) baru saja meluncurkan barcode sedekah untuk Masjid Ashirotul Haq, di Jalan Perdana No. 2 Kelurahan Wijayakusuma Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Peluncuran ini diadakan bersamaan dengan acara buka puasa bersama karyawan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat.

Acara ini dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Jakarta Barat Fredy Setiawan, jajaran Bank DKI cabang Jakbar, Satuan Pelaksana (Satpel) LH dari delapan kecamatan, dan aparat wilayah setempat. Program barcode sedekah masjid ini merupakan hasil kerjasama dengan Bank DKI.

[Baca Juga: Sudin LH Jakarta Selatan Resmikan Program Sedekah Minyak Jelantah]

Kasudis LH Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, dipilihnya Masjid Ashirotul Haq dikarenakan masjid ini dibangun pada tahun 2009 bersamaan dengan pembangunan gedung kantor Sudis LH Jakbar. Di acara peluncuran ini, Edy langsung menyalurkan infaqnya dengan barkode sedekah sebesar Rp500.000.

Ia mengajak seluruh PNS LH, PJLP (Penyedia Jasa Lainnya Orang perorangan )dan masyarakat umum bisa menyalurkan dananya melalui barcode sedekah Masjid Ashirotul Haq. Siapa pun yang telah mengunduh atau memiliki aplikasi JakOne bisa langsung beramal melalui barcode sedakah Masjid Ashirotul Haq. “Jadi, jamaah, karyawan, dan masyarakat yang ingin menyalurkan infaq atau sedekah bisa langsung dengan barcode ini,” katanya.

Menurut Edy, program barcode sedekah masjid yang merupakan hasil kerjasama dengan Bank DKI di wilayah/lingkungan SKPD-UKPD Jakarta Barat ini sudah ada di tiga lokasi, yakni Masjid Assahara yang terletak di komplek Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan, Masjid Kantor Sudin LH, Jalan Perdana no 2, dan Masjid Al Hurriyah Kembangan.

[Baca Juga: Pemerintah Kota Jakarta Barat Adakan Bazar Ramadan]

Melansir dari barat.jakarta.id (16/5/2019) atas nama Pemkot Jakbar Asisten Ekbang Fredy Setiawan, menyampaikan apresiasi atas peluncuran barcode sedekah Masjid Ashirotul Haq. “Inovasi ini sangat positif, karena bisa memudahkan para donatur yang ingin beramal. Semoga, manfaatnya sang donatur jadi lebih ikhlas dibanding menggunakan kotak amal, karena uang fisiknya tak terlihat” katanya.

Masjid Ashirotul Haq merupakan masjid yang sengaja dibentuk dan dijaga dengan menerapkan konsep ramah lingkungan. Berdasarkan pernyataan yang dituturkan Edy, air bekas wudhu di masjid tak dibuang, melainkan ditampung dan dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele. Lalu, Sudin LH juga terus mengembangkan berbagai inovasi untuk pengembangan dan pemeliharaan masjid, di antaranya program menabung dan sedekah dari hasil pengelolaan sampah.

“Ikan lele dari pemanfaatan air wudhu masjid sudah tiga kali panen. Kami juga memanfaatkan lahan yang ada di areal kantor Sudin LH untuk taman dan toga (tanaman obat keluarga),” katanya. 

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.