Libatkan 10 Ribu Peserta, PNBK Sukses Digelar di Kota Bekasi.jpg

Berita Kawasan

Libatkan 10 Ribu Peserta, PNBK Sukses Digelar di Kota Bekasi

Pada 10 September 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menggelar kegiatan seni budaya besar-besaran dalam event bentajuk Pesona Nusantara Bekasi Keren atau PNBK. Acara yang digelar sejak pukul 06.00 WIB ini sukses melibatkan hingga 10 ribu peserta yang tampil dalam gelaran tersebut dan tak lupa sebelum PNBK dimulai, ada juga agenda kirab bendera merah putih berukuran raksasa, yakni 10x100 meter. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga turut dilibatkan dalam kegiatan seni budaya di Kota Bekasi ini, bahkan turut bergoyang bersama ribuan penari ronggeng.

PNBK dimulai pada Sabtu kemarin dengan pasukan TNI-Polri serta anggota Paskibraka Kota Bekasi berkumpul di kantor Pemkot Bekasi sembari membawa bendera merah putih raksasa dan bergerak ke arah Stadion Patriot Chandrabaga. Di stadion Kota Patriot inilah yang jadi venue utama dari gelaran Pesona Nusantara Bekasi Keren. Di sinilah ditampilkan beragam kesenian dari berbagai wilayah Tanah Air.

Libatkan 10 Ribu Peserta, PNBK Sukses Digelar di Kota Bekas i.jpg

Acara di Stadion Patriot Chandrabaga diawali dengan Senam Sicita yang melibatkan 5.000 peserta, kemudian dilanjutkan dengan aksi tarian ronggeng beken yang terdiri dari 3.000 penari dari SMP serta SMA di Kota Bekasi. Menariknya, orang nomor satu di Jawa Barat alias Kang Emil yang terlihat menggunakan pakaian khas Betawi, yaitu pangsi merah, ikut bergoyang dengan ribuan penari ronggeng beken tersebut dengan lentur sembari mengikuti iringan musik gamelan.

Kang Emil mendukung kegiatan ini dengan sangat antusias. Ia menyebut, PNBK luar biasa dan masyarakat sudah rindu dengan acara berkonsep seperti ini. Apalagi Pesona Nusantara Bekasi Keren berhasil menjadi wadah kenusantaraan yang menggabungkan penampilan seni budaya dari keanekaragaman etnik di Indonesia. Hebatnya lagi, dengan melibatkan 10.000 orang peserta, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencetak PNBK sebagai gelaran seni dengan penampil terbanyak di Indonesia.

[Baca Juga: Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022]

“Pesan Ke tiga dari Bung Karno adalah suatu wilayah harus memiliki budaya yang berkepribadian, kepribadian Nusantara, dan saya melihat Kota Bekasi menjadi wadah kebudayaan Nusantara,” ujar Kang Emil, sebagaimana dikutip dari Bekasikota.go.id (10/9/2022).

Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh para seniman serta budayawan, termasuk Ketua Umum Yayasan Bung Karno Gurun Soekarno Putra. Bahkan para seniman serta budayawan Kota Patriot juga tak lupa menganugerahkan gelar Bapak Pembinda Budaya kepada Ridwan Kamil, karena kepedulian Gubernur Jawa Barat itu terhadap pelestarian Seni Budaya.

Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menjelaskan, PNBK merupakan wadaha seniman serta budayawan untuk berekspresi sekaligus mendorong branding Kota Patriot untuk membantuk kebangkitan ekonomi melalui pariwisata. Bahkan rencanan acara ini akan masuk ke dalam agenda tahunan di Kota Bekasi serta masuk juga ke kalender event tingkat provinsi hingga nasional.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.