Libur Lebaran, Wisatawan Lokal Hingga Mancanegara Padati Kawasan Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Libur Lebaran, Wisatawan Padati Kepulauan Seribu

Kunjungan wisatawan di Kepulauan Seribu terus bertambah setiap harinya selama libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah. Para wisatawan datang dari empat pelabuhan, yaitu Pelabuhan Kali Adem dan Marina Ancol di Jakarta Utara, serta Pelabuhan Tanjung Pasir dan Rawa Saban di Tangerang.

Melansir pulauseribu.jakarta.go.id (7/6/2019), jumlah wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu sebanyak 27.724 orang tercatat dari tanggal 31 Mei-6 Juni 2019. Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Kepulauan Seribu Cucu Ahmad Kurnia mengungkapkan, dari jumlah tersebut, 596 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. 

Libur Lebaran Wisatawan Lokal Hingga Mancanegara Padati Kawasan Kepulauan Seribu

Dari empat pelabuhan yang ditempuh wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu, Pelabuhan Kali Adem diketahui mengangkut pengunjung terbanyak, yakni mencapai 13.399 orang. Kebanyakan tujuannya ke Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan seperti diutarakan Cucu pada Jumat (7/6/2019).

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Mengutip beritajakarta.id (8/6/2019), Pulau Tidung sendiri mencatat pada tanggal 7 Juni 2019 kunjungan wisatawan mencapai 1.300 orang. Hal itu seperti dikatakan Lurah Pulau Tidung Cecep Suryadi. Dia juga menjelaskan, para wisatawan tersebut datang dengan menggunakan delapan kapal cepat dan kapal tradisional.

Akibat lonjakan pengunjung ke Pulau Seribu selama libur Lebaran 2019, seluruh penginapan dan home stay yang berjumlah sekitar 1.000 unit terisi penuh. Padatnya pengunjung yang datang ke Pulau Seribu diharapkan turut menjaga kebersihan dan mematuhi kaidah keselamatan, baik di kapal maupun saat berwisata di perairan seperti disampaikan Kepala Sudin Parbud Kepulauan Seribu.

[Baca Juga: Disparbud DKI Menata Jalur Di Kota Tua untuk Tingkatkan Wisatawan]

Selain itu, Satpol PP dan petugas PPSU di lokasi-lokasi wisata juga dikerahkan untuk mengawasi dan menghimbau wisatawan agar tak membuang sampah sembarang. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi keamanan dan keselamatan para wisatawan, salah satunya di kawasan Pulau Tidung.

Sementara, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan, nantinya akan dilakukan pembenahan secara bertahap untuk mendukung kepariwisataan. Hal itu dilakukan dengan harapan Pulau Seribu akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit internasional sepanjang tahun. "Persiapan termasuk bagi warga sehingga mereka juga bisa menjadi tuan rumah yang baik dan menarik wisatawan kembali berkunjung," tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.