KEBON-JERUK_GARAGE-SALE_5-TIPS-UNTUK-ANDA-YANG-AKAN-BERBELANJA-DI-GARAGE-SALE_KIKI_REVISI-01.jpg

Garage Sale

5 Tips Untuk Anda yang Akan Berbelanja Di Garage Sale

Membeli barang bekas merupakan salah satu kiat untuk Anda yang ingin mendapatkan barang berkualitas namun dengan harga murah. Investor legendaris Waren Buffet saja mengatakan kalau ia lebih memilih membeli mobil bekas dari pada mobil baru. Anda juga salah satu peminat barang bekas? Bukan Anda satu-satunya, banyak juga orang yang menggemari barang bekas. Buktinya, kini di Indonesia keberadaan penjual yang menjual barang-barang bekas jumlahnya banyak.

Jika Anda ingin memburu barang bekas di garage sale, Anda harus memiliki kemampuan menawar. Jika Anda berbelanja di garage sale, untuk mendapatkan barang dengan harga super terjangkau, Anda harus menguasai teknik ini. Dikutip dari consumerreports.org, berikut tips berbelanja di garage sale dengan harga murah:

  • Waktu Berkunjung Harus Tepat

Untuk mendapatkan barang terbaik, ada dua pilihan waktu yang tepat untuk Anda melakukan proses tawar menawar. Jika Anda membeli barang yang nantinya Anda jual kembali, datanglah saat lapak penjual baru dibuka paling lama 30 menit setelah dibuka. Biasanya sebagai penglaris, Anda akan diberikan harga dan diskon khusus. Terlebih lagi jika Anda membeli dalam jumlah yang banyak. Datang pagi juga mempunyai benefit lain, Anda bisa melihat barang-barang yang masih lengkap, sehingga Anda memiliki banyak pilihan.

Namun, jika Anda membeli hanya untuk Anda sendiri dan tidak dijual kembali. Anda bisa datang ke lapak pada 1 jam atau 30 menit sebelum lapak dibersihkan. Biasanya menjelang waktu tutup penjual akan memberikan banyak potongan harga karena ingin lekas pulang dan ingin barangnya segera terjual. Hal tersebut juga diperkuat oleh pernyataan Aaron LaPedis, Penulis ‘The Garage Sale Milionaire’ “Ketika Anda datang mendekati waktu tutup, penjual akan dengan mudah terlena dengan tawaran Anda,” ujarnya.

  • Bawa Kantung Belanja Sendiri

Untuk mempersiapkan jumlah belanjaan yang terlalu banyak, ada baiknya Anda membawa kantung belanja, kotak, tas, tali atau koran untuk mengemas barang. Jika tujuan Anda datang ke garage sale memang untuk belanja dalam jumlah yang banyak, persiapkan kendaraan untuk membawa barang Anda. Pastikan kendaraan Anda cukup untuk membawa barang belanjaan Anda.

  • Sebelum Menawar, Periksa Barang dengan Teliti

Bawa baterai untuk menguji alat elektronik yang akan Anda beli, sedangkan yang menggunakan listrik, pastikan alat tersebut bekerja dengan baik sebelum dibeli. Anda harus memastikan sendiri kalau barang tersebut masih berfungsi dengan baik.

Jika Anda ingin membeli pakaian, pastikan setiap detilnya. Perhatikan kancing, jahitan, dan kebersihan di kainnya. Sedangkan jika Anda membeli peralatan dapur yang terbuat dari keramik periksa satu persatu. Apakah ada yang retak dan kondisinya sudah tidak bagus. Jangan ragu untuk bertanya pada penjual berapa umur barang yang ia jual. Hal ini harus Anda ketahui untuk menawar harga yang pantas.

  • Bandingkan Barang Di Situs Online

Untuk mencari perbandingan harga, Anda bisa cek situs online yang menjual barang-barang bekas, misalnya OLX atau Carousell. Cari barang yang serupa dengan barang yang akan Anda beli. Langkah ini akan memberikan Anda referensi seberapa pantas Anda harus menawar harga. Jika harga di garage sale lebih murah dibanding barang yang ada di situs online, artinya Anda beruntung. Namun jika harga di garage sale lebih tinggi, Anda bisa memulai proses tawar menawar.

  • Tawar

Serunya berbelanja barang di garage sale ketika ada proses tawar menawar. Jangan menawar dengan harga tinggi jika Anda hanya membeli satu barang. Namun jika Anda membeli dalam jumlah banyak dan menawar tinggi kemungkinan pedagang akan senang bahkan pedagang akan memberikan diskon yang lebih besar.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

Berita Kawasan

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

04 April 2020, 17:00

Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi jika ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemkab Bogor ajak warga Bogor untuk siaga penuh bersama pemerintah.

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

Berita Kawasan

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

04 April 2020, 16:00

Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Tak mau ambil risiko, Pemprov hentikan sementara penataan kawasan empat stasiun di Jakarta.

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

04 April 2020, 15:00

Untuk menjalankan physical distancing, Disnaker Kota Depok memberlakukan sistem pembuatan kartu kuning secara online.


Comments


Please Login to leave a comment.