Ciptakan Lingkungan yang Ramah untuk Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Aktivitas Berkebun.jpg

Pendidikan

Lingkungan yang Ramah Anak Berkebutuhan Khusus dalam Berkebun

Universitas Pendidikan Indonesia melalui Tim Program Kreativitas Mahasiswa terus mengadakan sebuah program yang melatih masyarakat serta memberikan manfaat yang baik bagi lingkungan sekitarnya. Salah satu program yang dilakukan adalah dengan menciptakan lingkungan yang ramah untuk Anak Berkebutuhan Khusus melalui aktivitas berkebun.

Tim ini diketuai oleh Nur Aminah (Pendidikan Khusus, 2018) bersama anggota lainnya, yaitu Jihan Fatin (Pendidikan Khusus, 2018), Fina Rahma Fauziah (Pendidikan Biologi, 2018), Sri Garcinia Lathifah (Biologi, 2018) dan Wildan Madani (Psikologi, 2019) dipandu dengan dosen pembimbing Dr. Oom Sitti Homdijah, M.Pd., berhasil lolos pendanaan PKM dari Dirjen Dikti Kemendikbud RI 2021.

Melansir dari berita.upi.edu (13/9/2021), judul penelitian yang diajukan tim tersebut berbunyi “Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Aktivitas Berkebun Sebagai Upaya Menciptakan Lingkungan yang Inklusif” menjadi fokus utama kegiatan mereka. Penelitian ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenal serta menerima keberadaan anak berkebutuhan khusus dan tidak menganggap anak berkebutuhan khusus itu sebagai orang dengan gangguan jiwa yang membahayakan.

Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat yang berada di Desa Kawali, Ciamis. Karena Desa Kawali sendiri memiliki banyak potensi, utamanya dalam bidang perkebunan, memiliki tanah yang subur dan suhu udara yang tidak terlalu panas, sehingga aktivitas berkebun ini sangat memungkinkan untuk dilaksanakan.

Ciptakan Lingkungan yang Ramah untuk Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Aktivitas Berkebun 2.jpg

Program berkebun ini melibatkan berbagai kalangan mulai dari usia dini hingga lanjut usia, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat membuka pikiran pada masyarakat untuk harmonis terhadap ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

Awal dicetus ide tersebut yaitu berawal dari gagasan Nur Aminah sebagai ketua yang melihat kondisi di Daerah Kawali, Ciamis yang masih minim pengetahuan mengenai Anak Berkebutuhan Khusus. Hal itu menggerakkan dirinya untuk melakukan perubahan pandangan masyarakat mengenai Anak Berkebutuhan Khusus, bahwa ABK pun dapat melakukan seperti yang dapat dilakukan oleh khalayak umum, salah satunya dengan berkebun, dimulai dari hal sederhana seperti menanam tanaman sendiri oleh ABK yang bersangkutan hingga dapat berkebun dengan masyarakat.

“Mereka gatau gimana rasanya membesarkan anak seperti Salman, betapa besar rasa sayang nenek ke Salman sampe takut kalau Salman keluar rumah, takut ada yang mengganggu atau mengolok-ngolok. Karena pernah suatu kejadian Salman mau-mau aja ikut ke orang yang ga dikenal hanya karena di iming-imingi permen. Banyak juga anak-anak seumuran Salman yang sering mengolok-olokan Salman karena perbedaannya.” Ucap Nenek Salman, saat home visit ke salah satu Anak Berkebutuhan Khusus di sekitar Kawali, Ciamis

Dengan adanya kegiatan berkebun Bersama Anak Berkebutuhan Khusus ini, akan mendobrak persepsi-persepsi buruk masyarakat mengenai ABK, dan nantinya ABK tidak akan dipandang sebelah mata. Mereka tidaklah berbeda, mereka memiliki kelebihan yang disebut juga Anugrah dari Yang Maha Kuasa. Mari kita ciptakan lingkungan yang ramah terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Aktivitas Berkebun!


Read More

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Negeri

+62222013163
None

Artikel Lainnya

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

Bisnis

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

22 September 2021, 10:07

Beragam cara dilakukan agar bisnis salon tetap bertahan, seperti menerima layanan via online. Pelanggan secara virtual dapat berkonsultasi mengenai perawatan kecantikan dan rambut.

tamplate foto pingpoint.jpg

Bisnis

Titipku, Aplikasi Pesan Antar Kebutuhan Sehari-hari dari Pasar

22 September 2021, 09:05

Kini, jasa pesan antar juga banyak sudah tersedia untuk berbagai jenis kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan sehati-hari yang biasa Pointers dapatkan di pasar tradisional.

Jembatan Cisadane 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Cisadane Walk, Ikon Menarik Kota Tangerang yang Wajib Dikunjungi

22 September 2021, 08:05

Meniru kota-kota di Eropa, Cisadane Walk kini dikenal sebagai land mark ikon kota yang ramai dikunjungi masyarakat menghabiskan waktu untuk bersantai, berkumpul, berburu spot foto, sampai kuliner.

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.


Comments


Please Login to leave a comment.